Syarat dan Jenis KTA Bank BNI

KTA BNI (Bank Negara Indonesia) merupakan kredit pinjaman tanpa agunan atau jaminan yang disediakan dan diberikan oleh pihak BNI bagai nasabahnya. Dana tersebut dapat digunakan oleh nasabah yang bersangkutan untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan. Ada 2 jenis KTA Bank BNI ini, yakni BNI Fleksi dan BNI Cerdas. BNI Fleksi adalah salah satu program fasilitas kredit tanpa agunan yang digulirkan BNI untuk mengatasi berbagai macam kebutuhan hidup. Sedangkan, BNI Cerdas merupakan salah satu produk KTA Bank BNI yang menawarkan kredit tanpa agunan kepada peminjam yang dikhususkan untuk pinjaman biaya pendidikan mulai dari pre-school (pendidikan sebelum pendidikan formal) hingga memasuki jenjang pendidikan sarjana untuk pendidikan dalam negeri yang telah terakreditasi oleh Departemen Pendidikan Nasional dan setidaknya pendidikan negeri tersebut telah beroperasi minimal selama 3 tahun.

Pertama-tama, akan membahas KTA BNI Fleksi. Program BNI Fleksi dipastikan jadi pinjaman paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Beragam keuntungan dan manfaat ditawarkan oleh Bank BNI melalui produk unggulan, BNI Fleksi. Pinjaman dimulai dari 5 juta sampai 100 juta, Anda bisa gunakan dana tersebut untuk dana pernikahan, renovasi rumah, pendidikan, liburan dan biaya kesehatan.

Persyaratan Untuk Pengajuan KTA BNI

kta bni cerdas

Suku bunga diterapkan cukup terjangkau 0,88% per bulan akan meringankan angsuran kredit Anda setiap bulan. Pilihan tenor fleksibel tentu akan membuat Anda semakin leluasa mengatur keuangan meski punya pengeluaran ekstra sekalipun. Persyaratan yang harus dipenuhi sebagai pemohon pinjaman adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon berstatus sebagai pegawai aktif antara lain Pegawai Negeri, Pegawai BUMN/BUMD, Pengawas Perusahaan Swasra dalam Negeri maupun Asing dan Pegawai Multinational Company.
  2. Usia pemohon pegawai aktif minimal 21 tahun (usia 55 tahun kredit harus lunas). Untuk pegawai negeri yang masa pensiun di atas 55 tahun (guru besar, dosen, peneliti) maka jangka waktu BNI Fleksi dapat disesuaikan dengan masa pensiun.
  3. Memiliki masa kerja sebagai pegawai tetap aktif minimal 2 tahun.
  4. Memiliki penghasilan tetap sebesar 2.500.000 rupiah.
  5. Besarnya angsuran (pokok+bunga) per bulan maksimal ditetapkan berdasarkan tiering total penghasilan debitur maksimal 60% dari penghasilan. (bulan sebelumnya 50%).

Persyaratan Administrasi yang Harus dipenuhi agar KTA BNI Anda diterima

  1. Mengisi aplikasi/formulir permohonan.
  2. Fotocopy KTP suami/isteri, kartu keluarga, surat nikah, foto suami dan istri.
  3. Asli slip gaji pemohon 3 bulan terakhir.
  4. Rekening koran/tabungan payroll 3 bulan terakhir.
  5. Fotocopy surat keterangan masa kerja dari atasan.
  6. Fotocopy SK pengangkatan pegawai terakhir
  7. Ijazah terakhir.
  8. Surat pernyataan tidak memindahkan gaji payroll BNI sampai kredit lunas.
  9. Fotocopy NPWP

Yang kedua adalah KTA BNI Cerdas, dimana melalui produk tersebut Bank BNI memberikan kemudahan kepada nasabah untuk bisa meminjam uang tanpa jaminan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan baik untuk pendidikan sekolah maupun pendidikan pascasarjana. Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 200 juta, dengan jangka waktu pembayaran maksimal 3 tahun.

Suku bunga pinjaman BNI Cerdas mulai dari 0.96% dengan masa pembayaran pinjaman selama 1 tahun, bunga 1% untuk pinjaman 15-24 bulan, dan 1,04% untuk pinjaman di atasnya hingga 3 tahun (dengan bunga flat setiap bulannya). Proses pengajuan hingga pinjaman cair selama 14 hari, dan nasabah akan dikenakan biaya administrasi Rp 100.000

Sedangkan, untuk biaya provisi dari KTA BNI adalah sebesar 1% dari jumlah pinjaman yang disetujui. Anda dapat meminjam uang sesuai dengan kebutuhan, dan digunakan untuk kebutuhan biaya pendidikan.

Tidak semua orang dapat mengajukan pinjaman pendidikan BNI Cerdas, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yang paling utama adalah memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. Kemudian, dilengkapi dengan persyaratan dokumen lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP (Suami dan Istri)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Surat Nikah
  4. Pas Foto 4×6 (Pemohon: Suami/Istri)
  5. Fotokopi Rekening 3 Bulan Terakhir
  6. Fotokopi NPWP Pribadi / SPT PPh 21 (untuk plafon kredit Rp50 juta)
  7. Surat Keterangan Kerja dan Slip Gaji
  8. SK Pengangkatan Pegawai terakhir atau Asli Kartu Taspen (bagi pegawai negeri) atau asli ijazah terakhir.

Hal lain yang harus diperhatikan, karena pinjaman ini diperuntukan bagi nasabah yang memiliki masalah mengenai keuangan untuk biaya pendidikan, maka syarat lain yang wajib dilengkapi adalah Tanda bukti penerimaan sekolah dan besarnya biaya pendidikan yang harus dibayar (dengan surat rekomendasi resmi lembaga pendidikan) yang membuktikan tanda kelulusan masuk dan besarnya biaya yang wajib dilunasi untuk dapat mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan tersebut.

Ternyata, mengajukan KTA Bank BNI tidak serumit yang dibayangkan, bukan? Dengan mengetahui persayaratan dan jenis produk pinjaman dari BNI, maka anda pun siap meminjam melalui cabang BNI terdekat di kota anda.