Cara Memilih Mitra Finance untuk Penasehat Keuangan

Mengatur sebuah keuangan seperti keuangan rumah tangga bukan hal yang mudah karena jika salah dalam pengaturan finance dapat membuat kondisi keuangan menjadi tidak sehat. Tidak heran jika beberapa masyarakat mencari mitra finance untuk dapat menasehati dalam perencana keuangan. Penasehat dan perencanaan keuangan merupakan 2 pekerjaan yang berbeda walaupun sama-sama bekerja di bidang keuangan.

 

Perbedaannya adalah:

 

  • Penasehat keuangan memiliki tugas untuk membantu untuk mengatur keuangan, misalnya mengelola investasi. Penasehat keuangan memiliki pengetahuan luas di bidang layanan keuangan dan untuk memperoleh spesialisasi, penasehat keuangan yang profesional harus punya sertifikat tambahan.
  • Perencana keuangan memiliki tugas untuk merencanakan keuangan dengan menarik keuangan seluruhnya lalu memecahkan masalah keuangan dan kemudian membuat rencana untuk dapat mencapai tujuan finansial.

 

Mudahnya, perencana keuangan termasuk penasehat keuangan namun lebih spesifik untuk merencanakan keuangan. Dalam memilih penasehat keuangan atau financial advisor butuh ketelitian sehingga perencanaan dapat berjalan dengan lebih maksimal. Ada penasehat keuangan yang berdiri sendiri atau independent yang cenderung lebih terbuka dan tidak mengarahkan ke investasi tertentu namun ada juga yang tergabung dalam perusahaan manajemen investasi yang lebih khusus untuk mengatur investasi yang diinginkan dan perusahaan tersebut harus memiliki izin operasi dari OJK terlebih dahulu.

 

Mudahnya, financial advisor yang akan menjadi mitra finance hanya dapat membantu untuk mewujudkan keinginan klien ketika mengelola dan mengalokasikan dana yang dipunyai ke investasi yang cocok serta produktif agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi klien. Saat memilih penasehat keuangan, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah ketahui terlebih dahulu tujuan dari pengelolaan keuangan Anda apakah untuk pengelolaan keuangan secara keseluruhan, investasi atau untuk perencanaan hari tua.

 

Kedua adalah mencari informasi mengenai penasehat keuangan. Anda dapat mencari informasi lewat orang terdekat ataupun lewat internet. Saat Anda mencari informasi tersebut, jangan hanya melihat berapa tarif penggunaan jasanya namun apakah penasehat keuangan tersebut cukup baik untuk membantu memberikan saran mengenai pengelolaan keuangan yang tepat atau tidak. Saran dari teman atau keluarga Anda dapat membantu untuk menentukan apakah penasehat keuangan tersebut tepat atau tidak.

 

Ketiga adalah perhatikan mengenai kualifikasi dari penasehat keuangan. Mitra finance untuk membantu mengatur dan merencanakan keuangan ini biasanya memiliki sertifikat yang berlisensi untuk spesialisasi yang diambil. Terdapat beberapa lisensi dari penasehat keuangan yaitu:

 

  • Perencana keuangan bersertifikat (CFPs).
  • Spesialis keuangan pribadi (PFs).
  • Konsultan keuangan chartered (ChFCs).
  • Analis chartered financial (CFAS).
  • Analis bersertifikat manajemen investasi (CIMAs).

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Mudah!

Keempat adalah independent atau tidak. Biasanya, penasehat keuangan yang independen lebih terbuka dan memberikan keleluasaan untuk Anda ketika membuat keputusan yang tepat tanpa ada intervensi dari pihak manapun untuk mengarahkan dan mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk investasi apapun. Namun, jika Anda menggunakan jasa penasehat keuangan yang independent, Anda sebaiknya memiliki kemampuan untuk dapat menentukan suatu kebutuhan investasi mana yang memberikan keuntungan sesuai dengan yang Anda inginkan atau butuhkan.

 

Kelima adalah tanya. Sebagian besar orang ragu untuk bertanya kepada pihak penasehat keuangan mengenai hal yang kurang atau bahkan tidak dimengerti karena alasan malu atau tidak ingin terlihat bodoh. Namun, dengan bertanya ke pihak penasehat keuangan tersebut sebelum Anda menggunakan jasanya, dapat membantu Anda untuk menambah pengetahuan atau informasi serta mengecek apakah penasehat keuangan tersebut benar-benar kompeten atau tidak. Jangan lupa untuk menanyakan berapa fee yang harus dibayarkan dan kapan pembayarannya terutama jika Anda sudah pasti akan menggunakan jasa penasehat keuangan tersebut sebagai mitra finance Anda.

 

Sedangkan jika Anda menggunakan MI atau management investasi yang mengelola dana investasi Anda secara khusus untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

 

  • Memiliki izin dari OJK dan sudah terdaftar di BEI.
  • Cek evaluasi fund fact sheet misalnya untuk 5 tahun terakhir.
  • Cek apakah pernah mengalami masalah di pasar modal atau tidak karena jika iya, akan mempersulit proses investasi yang dilakukan.
  • Sebaiknya memilih yang memiliki website agar Anda dapat memantau informasi terbaru dan jangan lupa untuk mengunduh fund fact sheet.

 

Akan tetapi, terdapat berbagai macam kesalahan yang masih dilakukan saat memilih penasehat finansial. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah hanya menemukan 1 jasa penasehat keuangan sehingga Anda tidak dapat membandingkannya dengan yang lain dan apa yang dikemukakan oleh penasehat keuangan tersebut terdengar benar sehingga Anda akan langsung menggunakan jasa financial advisor tersebut.

 

Selain itu, kesalahan yang hanya memiliki rencana untuk jangka pendek juga sering dilakukan. Walaupun penggunaan jasa pendek ataupun panjang menjadi hak Anda sepenuhnya akan tetapi jika hanya untuk jangka pendek maka Anda tidak memiliki rencana jangka panjang yang akan bermanfaat bagi Anda secara finansial untuk jangka panjang. Namun, pastikan jika penasehat keuangan tersebut merupakan financial advisor yang terpercaya dan jangan langsung menyalahkan penasehat keuangan jika investasi keuangan ternyata mengalami kerugian karena mungkin saja hal tersebut akan menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang atau karena kondisi pasar yang memang kurang baik atau tidak stabil.

 

Selain itu, hindari untuk menyerahkan kewenangan mengelola dana Anda 100% pada penasehat keuangan. Walaupun penasehat keuangan memang memiliki tugas untuk membantu memberikan masukan dan merencanakan dana dari keuangan yang Anda miliki, namun Anda harus mengingat jika Andalah yang menjadi pemilik dana sehingga Anda perlu ambil andil dalam perencanaan tersebut. keikutsertaan Anda dalam mengatur keuangan tersebut tidak hanya akan membuat Anda mengetahui cara yang benar mengenai pengelolaan keuangan namun juga menghindari kecurangan yang dilakukan oleh penasehat keuangan dan menurunkan resiko kesalahpahaman atau konflik yang terjadi nantinya seperti Anda yang kecewa karena masukan dari penasehat keuangan ternyata tidak memberikan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan.

 

Pada akhirnya, akan menggunakan jasa penasehat keuangan untuk mitra finance tergantung dari Anda sendiri dengan berbagai pertimbangan selain karena apakah Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar penasehat keuangan tersebut atau tidak. Pertimbangan untuk penggunaan jasa penasehat keuangan yaitu:

 

  • Kemampuan diri sendiri untuk mengatur keuangan tidak hanya untuk jangka pendek, misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun untuk membayar sekolah anak, namun juga untuk jangka panjang misalnya untuk investasi.
  • Apakah Anda memiliki investasi atau tidak. Hal tersebut disebabkan dengan adanya penasehat keuangan ketika Anda melakukan investasi dan kondisi pasar saat itu sedang tidak menguntungkan yang membuat saham Anda menurun, tidak hanya dapat membantu memberikan saran mengenai langkah atau strategi yang tepat namun juga bisa ikut andil untuk menurunkan emosi Anda sehingga dapat terhindar dari kerugian yang lebih besar.
  • Apakah Anda nyaman dengan kondisi keuangan Anda atau tidak dan mampu mengoreksi atau mengevaluasi keadaan keuangan Anda sendiri.
  • Terjadi perubahan kondisi keuangan yang besar misalnya tiba-tiba Anda mendapatkan warisan atau kerugian yang banyak.

 

mitra finance solusi terbaik kredit

SEO enthusiast since 2009 | Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.