Saat ini motor telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Ini adalah media transportasi yang akan membawa Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan dari satu lokasi kantor ke lokasi kantor yang lain. Bisa Anda bayangkan jika seseorang sedang butuh motor untuk mencari pekerjaan tetapi dia tidak memilikinya? Pastinya yang bersangkutan akan kesal karena harus pergi kesana-kemari untuk mencari pinjaman kendaraan atau naik angkutan umum yang belum tentu bisa sampai di tempat tujuan tepat waktu. Mau beli motor tapi uang Anda minim? Caranya ajukan saja kredit motor Honda. Anda khawatir tidak akan diterima karena uang muka minim? Nggak perlu khawatir! Simak 6 cara pengajuan kredit motor Honda berikut ini:

Bebas blacklist leasing/Memiliki track record pembayaran yang baik

Sebelum mengajukan, pastikan Anda tidak memiliki track record negatif pada perusahaan atau instansi yang masuk dalam daftar leasing. Jika Anda memiliki track record kurang baik pada leasing tertentu, Anda tidak lagi dapat melakukan kredit di tempat yang sama meski Anda memiliki kemampuan untuk membayar. Sebelum melakukan transaksi, teliti terlebih dahulu leasing yang bersangkutan dan ketahui apakah Anda bermasalah atau tidak dengan leasing tersebut. Jika terbukti bermasalah maka pengajuan kredit tidak akan berjalan sesuai keinginan.

Lengkapi data yang diperlukan

Data administratif yang harus dilengkapi untuk kredit motor Honda tidak hanya KTP dan KK. Saat ini cukup banyak data administratif yang harus disiapkan seperti surat nikah, slip gaji, surat keterangan domisili, dan lain sebagainya untuk mendukung syarat administratif yang diberikan oleh pihak perusahaan. Semakin lengkap data Anda, semakin cepat data Anda akan segera diproses dan pengajuan kredit motor Honda akan diterima.

Mempunyai penghasilan tetap dan ada bukti

Pekerjaan dan penghasilan bulanan tetap adalah syarat mutlak pengajuan kredit untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan kredit bulanan. Ini bisa dibuktikan dengan slip gaji bulanan. Akan lebih baik jika Anda melakukan kredit setelah 3 bulan bekerja dimana penghasilan sudah memiliki nilai yang fix dan tidak ada perubahan. Meski begitu, diterima tidaknya pengajuan juga tergantung pada besar kecilnya penghasilan yang Anda dapatkan.

Uang muka lebih besar

Memberikan uang muka yang lebih besar akan lebih meyakinkan perusahaan. Berikan uang muka minimal 30% agar kredit segera disetujui. Jika total harga motor honda yang akan dibeli seharga 15.000.000 maka uang muka yang harus dibayarkan adalah senilai 4.500.000,00.  

Memiliki alamat domisili yang jelas

Alamat domisili yang jelas sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses survey oleh surveyor perusahaan terkait. Ini akan menjadi alamat tujuan survey untuk melihat kelayakan kondisi hunian dan juga melakukan penagihan jika kreditur bermasalah dengan tunggakan berkepanjangan. Jika Anda memberikan alamat domisili dengan jelas maka surveyor akan segera mengecek ke lokasi untuk melihat kelayakan dan juga meyakinkan pihak perusahaan agar pengajuan kredit motor Honda segera dikabulkan.

Usia saat pengajuan tidak kurang dari 21 dan tidak lebih dari 60 tahun.

Saat mengajukan kredit, batas usia minimal adalah 21 tahun. Jika belum sampai batas usia tersebut sedangkan Anda ingin melakukan kredit, bisa dengan cara memakai nama orang tua tetapi Anda yang membayarkan cicilan bulanannya. Batas maksimal kredit adalah usia 60 tahun dimana usia tersebut adalah usia pensiun dengan pendapatan yang tidak lagi seperti saat usia produktif.

Demikianlah informasi singkat tentang 6 cara agar pengajuan kredit motor Honda agar segera disetujui. Kiranya informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang hendak memiliki sepeda motor dengan proses pembelian secara kredit.