Sumber: www.carmudi.co.id

Saat-saat membahagiakan pun akan segera tiba, manakala pasangan anda hendak membelikan sebuah mobil baru. Akan tetapi, di saat melihat DP (down payment) mobil yang begitu besar saat ini, mungkin anda bisa saja mengurungkan niat anda untuk membeli mobil baru tersebut. Iya benar, sejak tahun 2012 lalu, Bank Indonesia mulai ketat membatasi uang muka untuk pengajuan kredit kendaraan baik itu untuk mobil maupun motor.

Calon pembeli harus menyediakan DP minimal 30 persen dari harga total mobil, karena bank hanya bisa menanggung 70 persen dari total harga mobil. Namun, informasi tersebut jangan sampai membuat mimpi Anda untuk membeli sebuah mobil telah sirna. Bagi anda yang kebetulan hanya pegawai atau pekerja swasta yang mempunyai keinginan membeli mobil sendiri, berikut Uangteman ulas bagaimana kiat memiliki kendaraan impian dengan kredit mobil murah.

Memilih mobil

Sebelum Anda memikirkan DP dan kredit mobil murah, sebaiknya mulai memilih mobil jenis apa yang akan anda beli dan berapa uang yang dapat anda alokasikan untuk menyicil mobil tersebut. Hal ini sangat penting untuk di lakukan, mengingat jenis mobil yang anda pilih nantinya akan mempengaruhi pengelolaan keuangan Anda. Misalnya saja, jika anda membeli sebuah mobil jenis Range Rover keluaran terbaru, namun kondisi keuangan anda tidak memadai untuk membayar angsuran mobil tersebut, sebaiknya jangan diambil. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli mobil dengan harga tinggi, jika memang anda belum sanggup untuk membayarnya. Selain harganya yang mahal, biaya perawatannya pun juga akan menguras kocek anda nantinya.

Pelajari dan pahami penyedia sarana kredit

Saat ini tersedia dua lembaga yang menyediakan program kredit mobil baru murah. Pertama adalah institusi perbankan. Sektor perbankan lebih berhati-hati dalam mengucurkan dana untuk kredit kepemilikan mobil bagi individu, Walaupun beberapa waktu belakangan ini, beberapa Bank mulai menawarkan kredit kepemilikan kendaraan roda empat bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil impiannya.

Kedua adalah lembaga pembiayaan atau Payment Agent. Lembaga pembiayaan biasanya memiliki hubungan erat dengan perusahaan yang bergerak di industri otomotif, baik sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) atau juga dealer resmi.

Meminta diskon

Langkah awal dalam membeli mobil baru atau bekas adalah dengan bertanya, apakah mobil yang di tawarkan sudah mendapatkan diskon atau belum. Hal ini tentu sangat penting, mengingat harga mobil nantinya akan berkurang, yang berpengaruh jumlah DP yang harus anda bayarkan. Diskon mobil memang tak begitu besar, akan tetapi angka tersebut sangat berharga untuk mengurangi jumlah kredit keseluruhan yang harus dibayarkan dengan signifikan.

Kredit mobil. Sumber: batam.tribunnews.com

Kredit mobil. Sumber: batam.tribunnews.com

Memperhitungkan uang muka dan angsuran

Sebelum akad kredit, anda harus menentukan terlebih dahulu, berapa besarnya uang muka yang sanggup anda bayarkan. Bagi pihak leasing atau bank, uang muka menunjukkan keseriusan anda mengajukan kredit. Artinya, jika anda serius menyerahkan uang muka, anda juga dinilai serius menyanggupi cicilan tiap bulannya.

Besarnya kesanggupan untuk mengangsur tiap bulan dapat dihitung berdasarkan debt ratio anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar debt ratio anda jangan melampaui 30 persen. Maka dari itu, dari pendapatan bersih tiap bulannya, maksimal 30 persen dari penghasilan tersebut dapat anda sisihkan untuk digunakan sebagai angsuran kredit mobil tersebut. Untuk mempermudah proses tersebut, anda dapat menggunakan fasilitas Credit Simulation yang tesedia pada situs ACC untuk memperhitungkan pembiayaan kredit mobil pilihan Anda.

Menjalin kepercayaan

Menjalin hubungan yang baik dengan sales akan membantu anda dalam menyiasati besaran pembayaran DP, sehingga kredit mobil murah dapat anda peroleh dengan mudah. Selain itu, sales atau penjual juga akan memilihkan mobil yang bagus dan cocok untuk Anda. Dengan hubungan saling percaya tersebut, tentu saja anda akan menjangkau DP yang sebelumnya sangat tinggi.

Teliti dalam pengajuan kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya. Ciri-ciri dalam hal ini adalah prosedur yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi atau iklan, dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam.

Jadi, pastikan anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis. Menariknya, semakin sebuah perusahaan teliti dalam menyaring calon debiturnya, biasanya semakin baik hak-hak mereka akan dilindungi dalam perjanjian kredit. Jangan menjadi ragu hanya karena proses yang dilalui sepertinya panjang atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi banyak. Jangan lupa untuk membaca semuanya dengan baik dan pahami apa yang disebutkan kepada Anda. Bertanyalah apabila ada yang tidak jelas.

Setelah mengetahui beberapa kiat di atas, mengajukan kredit mobil murah, bukan lagi angan-angan belaka. Dengan tekun menabung dan mengalokasikan uang untuk cicilan bulanan, mobil impian pun siap anda bawa pulang.

Please follow and like us:
20