Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai BPKB Mobil

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai BPKB Mobil

Memiliki mobil selain untuk keperluan transportasi Anda dan keluarga juga dapat digunakan sebagai penghasil uang. Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh masyarakat dengan cara menggunakan mobil sebagai tempat berjualan, alat bekerja hingga menggadaikan BPKB nya. Cara yang terakhir tentu saja memiliki konsekuensi lain yaitu membayar cicilannya setiap bulan. Nilai beli mobil yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah membuat gadai BPKB mobil juga memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan jika Anda menggadaikan BPKB motor.

Saat ini banyak orang memiliki mobil untuk berbagai keperluan misalnya:

  • Bekerja.
  • Mengantar anak atau keluarga beraktivitas.
  • Berjualan.
  • Digunakan untuk persewaan atau rental.
  • Koleksi.
  • Dsb.

Berbagai fungsi mobil tersebut tentu masih bisa digunakan seperti biasa ketika Anda memutuskan untuk menggadaikan BPKB mobil karena alasan tertentu. Nilai gadai BPKB roda 4 jauh lebih tinggi dari pada nilai gadai kendaraan roda 2 atau motor. Karenanya jika Anda memerlukan pinjaman dana untuk usaha maupun keperluan lainnya yang cukup besar, BPKB mobil dapat menjadi andalan. Namun tentu saja besar kecil nominalnya tergantung dari seri, tahun dan merk mobil yang Anda miliki.

Meski pada umumnya menggadaikan BPKB mobil memiliki nilai tinggi, namun tak lantas Anda menggadaikannya di sembarang tempat tanpa melihat atau meneliti kredibilitas dan proses pembayaran kredit nantinya. Masih banyak faktor yang harus Anda perhatikan selain dari nilai gadai BPKB mobil Anda yaitu:

  • Besaran bunga

Besarnya nilai bunga yang dikenakan akan menjadi penentu besarnya angsuran yang harus Anda kembalikan setiap bulannya. Meski nilai gadai BPKB dihargai lebih tinggi namun apabila perusahaan pembiayaan atau bank tempat gadai tersebut mengenakan bunga yang jauh lebih tinggi maka sebaiknya Anda memikirkannya kembali. Sesuaikan besar angsuran bulanan dengan tingkat kemampuan Anda membayar agar Anda tidak terlalu terbebani.

  • Keamanan

Meminjam uang menggunakan BPKB mobil biasanya dilakukan jika nominal pinjaman yang diperlukan cukup tinggi. Hal tersebut biasanya mengakibatkan masa pinjaman juga semakin lama sehingga diperlukan tempat gadai yang aman, terpercaya dan sudah memiliki kredibilitas sehingga apabila sesuatu terjadi misalnya bencana alam sehingga mengakibatkan rusaknya BPKB mobil Anda maka pihak penyimpan BPKB dapat mempertanggungjawabkan nya.

  • Kemudahan akses pembayaran

Jika Anda ditawari untuk menggadaikan BPKB mobil Anda di luar kota dengan alasan bunga lebih rendah, ataupun nilai gadai lebih tinggi namun cara pembayaran tiap bulannya sulit karena jauh, maka sebaiknya Anda juga menolaknya. Meskipun kini pembayaran dapat dilakukan via transfer namun keamanannya kurang terjamin. Sehingga jika Anda melewatkan pembayaran sehari karena faktor jarak Anda akan dikenakan bunga atau denda yang jumlahnya bisa memperberat angsuran.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai BPKB Mobil

Memiliki mobil memang memberikan kelebihan dalam hal proses pinjaman uang karena nilai BPKB nya tinggi. Namun apabila Anda memang hanya memerlukan dana dengan jumlah sedikit maka sebaiknya mengambil besar pinjaman sesuai kebutuhan Anda tersebut dan tidak langsung mengambil sesuai dengan besar nilai gadai. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan dapat terhindar dari hutang yang tidak perlu yang nantinya akan memperberat kerja Anda. Selain itu gadai BPKB mobil dapat lebih mudah dilakukan karena seperti motor, mobil masih dapat digunakan untuk usaha atau bekerja yang hasilnya dapat digunakan untuk membayar angsuran tersebut sehingga Anda tidak merasa kehilangan benda yang bermanfaat untuk keperluan sehari-hari.

Please follow and like us:
20

Berita Terkait