investasi emas antam

Membeli emas Antam batangan tidak dapat semberono. Anda perlu tau seluk beluknya, agar kegiatan investasi Anda dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, setelah pembelian, Anda perlu tahu cara mengecek keaslian emas, dan juga sertifikat emasnya agar tidak mendapatkan emas palsu dan atau sertifikat palsu.

Bagi Anda yang awam, tentunya memerlukan informasi dan atau panduan untuk melakukan ketiga tindakan yang telah disebutkan di atas. Artikel ini akan membahas panduan tentang ketiganya. Langsung saja, simak panduannya di bawah ini.

Cara Beli Emas Antam Batangan di PN Logam Mulia

cara beli emas antam batangan

Membeli emas Antam dapat langsung ke PN Logam Mulia atau disebut juga dengan UBPP Logam Mulia. Per tanggal 3 Februari 2017, jual beli emas Antam dipindah ke alamat Jl. Pemuda No.1 Pulogadung, Jakarta Timur. Nama gedungnya adalah Gedung Graha Dipta. Jam transaksi jual beli emas batangan di UBPP Logam Mulia dimulai dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Cukup mudah membeli emas Antam batangan di UBPP Logam Mulia. Datangi saja alamat UBPP Logam Mulia yang telah disebutkan di atas. Sesampainya di UBPP Logam Mulia, Anda akan mengantri bila bawa kendaraan karena petugas keamanan UBPP Logam Mulia akan memeriksa kendaraan pengunjung satu per satu.

Ketika pemeriksaan kendaraan dilakukan, bersamaan dengan itu, pengunjung akan ditanyai maksud dan tujuan datang ke UBPP Logam Mulia oleh petugas keamanan. Sebutkan saja keinginan Anda, yaitu beli emas batangan. Setelah diperiksa dan ditanyai, petugas akan meminta kartu identitas Anda. Kartu identitas bisa berupa KTP atau sim dan kartu tersebut harus ditinggalkan di pos keamanan. Tidak hanya itu saja, Anda akan diberi formulir. Jika sudah selesai prosedural di pos keamanan, baru lah Anda diperbolehkan masuk area parkir UBPP Logam Mulia.

Setelah parkir, masuk lah ke gedung Antam, dan cari resepsionis untuk mendapatkan nomor antrian. Lalu Anda akan menunggu panggilan dari petugas penjualan emas Antam. Saat nomor Anda telah dipanggil, segerakan menuju petugas penjualan. Sesampainya di lokasi, petugas penjualan akan bertanya kepada Anda mengenai jumlah pembelian emas batangan dan berat yang emas yang diinginkan.

Selesai memberitahu keinginan Anda, petugas penjualan akan memberikan faktur pembelian. Segera menuju kasir untuk membayar total emas Antam yang dibeli. Untuk pembayaran tunai, maksimal dibatasi sebesar Rp. 50.000.000. Opsi pembayaran lain dapat via ATM BCA atau Mandiri. Di UBPP Logam Mulia terdapat ATM Mandiri di dekat kasirnya. Jadi dapat langsung transfer antar rekening Mandiri.

Dapatkan bukti pelunasan pembayaran dari kasir setelah transfer jika Anda membayar via ATM. Bukti tersebut dibutuhkan untuk dokumen serah terima emas Antam batangan. Di UBPP Logam Mulia disediakan dua ruangan. Pembeli bebas masuk ke mana saja untuk menyerahkan bukti pelunasan pembayaran.

Jika Anda sudah ada di ruangan, maka yang Anda lakukan adalah cukup menyerahkan buktinya. Tindakan selanjutnya adalah Anda harus menunggu lagi untuk kemudian dipanggil. Ketika nama Anda telah dipanggil, maka Anda harus segera masuk ke dalam ruangan untuk mengambil emas batangan yang telah Anda bayarkan sebelumnya. Jangan lupa, Anda harus periksa kembali kesesuaian emas batangan yang diterima dengan yang telah dipesan sebelumnya. Jika kesesuaian sudah dipastikan, maka Anda dapat segera pulang.

Tips Menghindari Emas Antam Batangan yang Palsu

emas antam batangan palsu

Di dalam dunia jual beli emas batangan, terdapat kemungkinan adanya emas  batangan yang palsu. Namun, memalsukan emas batangan tidak lah semudah membalikkan telapak tangan, memalsukan uang kertas, dan tidak semudah memalsukan emas perhiasan.

Jadi adanya emas batangan palsu merupakan kejadian yang sangat jarang terjadi. Hanya saja, Anda tetap perlu berhati-hati dan harus tau cara menghindarinya. Ada beberapa cara untuk menghindarinya, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Cara pertama untuk menghindari emas Antam batangan yang palsu adalah dengan membelinya di tempat yang terpercaya. Contohnya di UBPP Logam Mulia yang merupakan unit produksi dari Antam selaku pemilik hak paten emas Antam batangan. Tempat terpercaya lainnya adalah pegadaian. Selain menjual emas pegadaian batangan, BUMN ini pun menjual emas Antam batangan juga.

Cara kedua agar tidak tertipu yang palsu ialah dengan mengecek keaslian dari sertifikat emasnya. Setelah mengeceknya, lakukan penimbangan emas. Penjelasan mendetil mengenai pengecekan keaslian sertifikat emas sudah disediakan dan ada dalam sub pembahasan tersendiri di bawah ini.

Cara ketiga supaya tak tertipu emas palsu, yakni dengan menggunakan pengukuran dimensi emas batangan. Cara ini kurang lazim digunakan untuk melihat keaslian emas yang Anda beli. Namun, tidak ada salahnya mencobanya.

Pengukuran dimensi digunakan agar volume emas diketahui. Kemudian setelahnya, dari volume tersebut dibandingkan dengan massa jenis emas di mana nantinya berat asli emas akan diketahui. Bila tidak berbeda jauh, maka emas itu asli.

Contohnya adalah emas Antam 25 gram mempunyai dimensi sebesar 33.3 x 20 x 2.07 mm. Dengan dimensi tersebut, maka diketahui volume emas tersebut adalah sebesar 1378.62 mm3. Jadikan ke cm3 untuk dibandingkan dengan massa jenis, sehingga menjadi 1.37862 cm3.

Massa jenis emas diketahui sebesar 19.3 gr / cm3. Jika ingin diketahui berat sebenarnya, maka massa jenis = berat / volume. Jadi 19,3 = m / 1.37862, yang dilanjutkan menjadi m = 19.3 x 1.37862. Hasil m = 26.607366 gram.

Berat yang tertera adalah 25 gram, sedangkan berat yang seharusnya adalah 26.607366 gram. Berbeda sedikit ukuran, tetapi tidak apa karena berat yang seharusnya adalah berat emas yang full padat. Sedangkan emas 25 gr yang diperjualbelikan tidak padat, karena terdapat ukiran dan pola serta corak lainnya. Jadi wajar 25 gram yang tertera, meski berat seharusnya 26.607366 gram.

Cara Cek Keaslian Sertifikat Emas Antam

sertifikat emas antam

Keaslian emas dapat diketahui melalui keaslian sertifikat emasnya. Jadi, para investor emas perlu mengetahui cara mengecek keaslian sertifikat emas Antam batangan.

Sekilas, sertifikat emas batangan dari Antam terlihat seperti kertas biasa. Namun, tidak lah demikian karena sertifikat ini dibuat seperti uang kertas rupiah. Sertifikat ini punya karakteristik yang ditempelkan untuk menunjukkan keasliannya. Karakteristik tersebut dapat dilihat dengan cara diterawang.

Penerawangan paling baik dengan menggunakan sinar lampu UV dan atau matahari yang terang. Ketika diterawang menggunakan sinar lampu UV, pada sertifikat akan terlihat logo C bolak balik yang nampak terkait. Namun, sebenarnya itu merupakan bentuk logo S. Logo ini sendiri merupakan simbol dari Swadharma selaku pembuat sertifikat.

Selain logo S, terdapat benang pendar, dan blok berpendar yang harus terlihat ketika diterawang dengan sinar UV. Jika ketiganya ada, maka sertifikat sudah dapat dikatakan asli. Langkah terakhir untuk mempertegas keaslian sertifikat adalah mencocokkan nomor seri yang ditulis pada sertifikat dengan yang tertera pada emas Antam batangan.