LSP Koperasi Nusantara

Di era globalisasi dimana kompetensi individu menjadi faktor terpenting dalam meningkatkan daya saing bangsa, pemerintah dituntut terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Semua bidang kementrian berupaya untuk melakukan inovasi, dan salah satunya Kementrian Koperasi dan UKM. Salah satu program Kementrian Koperasi RI adalah mengadakan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Koperasi Nusantara. Mungkin lembaga ini masih asing bagi Anda karena tidak semua orang sering mencari informasi mengenai Koperasi. Kali ini, kita akan membahas lebih jauh apa yang disebut dengan LSP Koperasi Nusantara, fungsinya dan perannya dalam masyarakat.

Visi dan Misi LSP Koperasi Nusantara

Pertama-tama, kita akan membahas latar belakang berdirinya LSP Koperasi Nusantara. Atas dasar menjadi lembaga otoritas sertifikasi profesi yang independen dan terpercaya dalam hal jaminan kompetensi tenaga kerja baik untuk dalam negeri maupun luar negeri, LSP ini didirika. Tujuannya adalah mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi profesi yang terpercaya dan juga meningkatkan rekognisi dan daya saing sumber daya manusia di dunia kerja internasional maupun lokal serta membangun kerja sama dengan negara lain.

Mengacu kepada visi di atas, adapun misi dari LSP Koperasi Nusantara adalah:

  • Menjadi pelopor “Lembaga Sertifikasi Profesi yang terpercaya
  • Membawa para profesional ke dunia karir yang kompeten sehingga mereka dapat membuktikan diri, mempertahankan serta mengembangkan kualitasna di berbagai bidang pekerjaan yang terkait dengan koperasi nusantara
  • Mengikuti dan menerapkan standar regulasi nasional dan internasional
  • Menggunakan tenaga ataupun sumber daya manusia yang teruji dan profesional
  • Berkomitmen mengembangkan para profesional dalam program yang berkelanjutan
  • Mengembangkan sumber daya alam dan terus mengikuti perkembangan teknologi yang muktahir.
  • Mengembangkan standar kompetensi secara terus menerus demi kebahagiaan dan kesejahteraan penggunan jasa, pelaku, serta industry terkait.

Kemudian sebagai langkah nyata dalam mengembangkan SDM Indonesia, bentuk kerja sama dengan Koperasi Nusantara adalah mengadakan sertifikasi yang ditujukan kepada semua SDM koperasi dan UKM. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan daya saing sehingga para profesional siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hal ini sangat penting mengingat akan ada banyak tenaga kerja asing ke Indonesia yang mengakibatkan persaingan kerja akan menjadi semakin ketat.

Untuk periode tahun 2017, Kementrian Koperasi menargetkan 5000 SDM Koperasi dan UMKM yang tersertifikasi kompetensinya. Hingga pertengahan tahun, sudah ada 1350 orang yang melakukan sertifikasi profesi. Lebih lanjut, Kementrian Koperasi juga tak henti terus mengadakan beragam program yakni dengan menargetkan setiap provinsi Indonesia memiliki LSP di bidang perkoperasian. Hal ini dilakukan lewat koordinasi dengan BNSP dan juga melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah serta pihak swasta.

Kendala yang dihadapi untuk merealisasikan hal tersebut adalah terbatasnya jumlah LSP perkoperasian di Indonesia. Hingga kini LSP tersebut hanya tersedia di Jawa Tengah, Jawa Timur, serta DKI Jakarta. Apalagi, standar peningkatan kualitas profesi kepda pelaku dan pengurus koperasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena itulah, pemerintah didorong terus mendukung kegiatan koperasi tersebar di seluruh provinsi.

Demikian pengenalan tentang LSP Koperasi Nusantara, mulai dari latar belakang, visi dan misinya, serta berbagai langkah yang telah diwujudkan bersama kementrian Koperasi dan UKM meningkatkan kualitas profesional Indonesia. Koperasi adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga adalah tugas kita untuk terus mengawal perkembangan koperasi daerah. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda.