Koperasi Alfamart

Apa yang kamu ketahui tentang Koperasi Karyawan atau yang sering disebut juga dengan Kopkar? Koperasi ini merupakan salah satu jenis dari koperasi dari sekian banyaknya koperasi di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan oleh koperasi ini pun yang memiliki hubungan dan tujuan yang sama dengan bidang ekonomi. Tujuan dari koperasi karyawan ini adalah mensejahterakan khususnya pada anggotanya dan umunya pada masyarakat. Dan koperasi alfamart ini merupakan salah satunya bentuk dari koperasi karyawan.

Seperti koperasi yang kita ketahui pada umumnya, bahwa setiap koperasi memiliki kegiatan utama yaitu mensejahterakan anggotanya. Hal yang didapatkan dengan menjadi anggota koperasi karyawan tidak hanya tentang keuntungan laba yang didapat, namun pengalaman dan manfaat lain yang didapatkan dengan menjadi anggota dari koperasi karyawan. Pengambaran umum dari koperasi karawan alfamart yakni :

  • Koperasi karyawan alfamart ini adalah koperasi yang memberikan pelayanan pada kebutuhan anggotanya.
  • Unit simpan pinjam merupakan salah satu kegiatan dari koperasinya yang terdiri dari berbagai macam bentuk usaha.
  • Anggotanya menjadi sumber dana dalam simpan pinjam.

Setiap koperasi juga mempunya simpanan oleh masing-masing anggotanya. Simpanan yang dimiliki oleh anggota koperasi alfamart terdiri atas :

  • Simpanan pokok yang merupakan dana dengan nilai tertentu yang dikumpulkan dari anggota dan hanya dibayar satu kali selama masa keanggotaannya masih berlaku.
  • Simpanan wajib yang merupakan dana wajib dibayar yang dikumpulkan dari anggotanya dan setiap bulannya dibayar sesuai dengan jumlah nilai yang ditentukan oleh koperasi.
  • Simpanan sukarela yang merupakan pengumpulan dana secara sukarela dari anggota.

Selain itu juga, apabila kita sedang kepepet atau sangat membutuhkan pinjaman, koperasi ini juga dapat memberikan pinjaman. Berikut ini adalah tata cara dalam melakukan peminjaman uang di koperasi, yaitu :

  1. Anggota dapat melakukan peminjaman yang seperti,
  2. Secara terus menerus minimal masa keanggotaannya 6 (enam) bulan.
  3. Sebelumnya tidak mempunyai hutang di koperasi tersebut.
  4. Mendapatkan persetujuan yang sesuai dengan ketentuan dari pejabat yang sudah ditentukan.
  5. Besarnya nilai yang dipinjamkan adalah 3 (tiga) kali dari total peminjaman.
  6. Maksimal jangka waktu untuk melakukan pembayaran pinjaman selama 24 bulan.
  7. Besarnya bunga dari pinjaman lebih rendah jika dibandingkan dengan di bank dan diatur dengan ketentuan yang terpisah.
  8. Proses dalam pencairan pinjaman pun sesuai dengan struktur yang sudah ditentukan oleh koperasi tersebut.
  9. Besar nilai angsurannya tidak boleh lebih dari 30% penghasilan/gaji yang didapatkan oleh anggota koperasi alfamart.
  10. Pinjaman dicairkan melalui transfer ke rekening bank yang melakukan pinjaman.
  11. Pejabat koperasi tersebut memiliki hak dalam menyetujui maupun menolak sebagian ataupun seluruh nilai yang dipinjamkan.
  12. Pembayaran dari angsuran pinjaman tersebut dilakukan dengan mekanisme pemotongan dari penghasilan/gaji melalui payroll.
  13. Apabila anggota yang masih mempunyai pinjaman akan tetapi keluar dari koperasi, maka pinjamannya yang belum lunas wajib dilunasi seluruhnya.
  14. Anggota tidak diperbolehkan mengambil simpanannya dan mengajukan kembali pinjaman selama pinjaman yang sebelumnya belum lunas.

Di dalam koperasi, setiap anggotanya sudah pasti mendapatkan keuntungan tersendiri. Begitu juga dengan anggota koperasi ini. Dengan tujuan untuk seoptimal mungkin memberikan manfaat bagi anggotanya, banyak pula manfaat didapatkan dengan menjadi anggota koperasi karyawan. Inilah mafaat yang bias didapatkan apabila menjadi anggota dari koperasi karyawan.

  1. Dapat melatih dalam belajar, berbisnis, berdemokrasi dan juga dapat melatih berdekokrasi.
  2. Memiliki peranan dalam membantu anggota lain secara tidak langsung. Karena koperasi ini merupakan tempat dalam menyimpan maupun meminjam uang, maka bagi yang menyimpan dapat membantu bagi yang meminjam.
  3. Keuntungan menjadi salah satu anggota koperasi alfamart ini yaitu mendapatkan keuntungan yang berbentuk materi dan non materi.

Koperasi alfamart juga melakukan kerja sama dengan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dimana memiliki tujuan untuk penyaluran pada pembiayaan rumah ke karyawan. BSM juga memberikan harga yang kompetitif untuk anggota koperasi dengan skema pada angsuran yang dibayar oleh nasabah tidak mengalami perubahan selama masih dalam periode pembiayaan. Fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh BSM yang diberikan kepada karyawan bermacam-macam, seperti kepemilikan pada rumah baru, renovasi rumah, rumah second, apartemen baru dan second, kavling yang siap bangun serta take over. Jangka waktu yang diberikan untuk pembiayaan pun sekitar 1 tahun sampai dengan 15 tahun. Komposisi pembiayaan pada rumah pun ditambahkan sehingga sudah terisi sekitar 30% dari pembiayaan pada segmen konsumer di BSM. Dengan adanya penyaluran pada pembiayaan perumahan ini akan dapat membuka peluang dalam meningkatkan dana pihak ketiga (DPK), khsusunya dana yang murah dimana pembukaan rekeningnya dilakukan melalui tabungan karyawan Alfamart itu sendiri.

"everything will get easier when you make an effort"