Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

Mengetahui Fungsi Kartu Kredit dengan Bijak

Mengetahui Fungsi Kartu Kredit dengan Bijak

Zaman sekarang sudah banyak sekali masyarakat menggunakan kartu kredit sebagai transaksi paling mudah dalam berbelanja apapun. Cukup dengan sekali gesek saja, kalian bisa mendapatkan barang-barang yang kalian inginkan. Akan tetapi, tidak semua kartu kredit dapat digunakan orang banyak dengan bijak. Alhasil, banyak sekali orang yang tidak menggunakan fungsi kartu kredit dengan bijak dan mengakibatkan hutang di mana-mana. Tentu kalian tidak ingin mengalami hal tersebut. Supaya kalian tahu betul bagaimana mengetahui fungsi kartu kredit dan tidak mengalami ketergantungan dalam bertransaksi, berikut tips-tips yang bisa membantu kalian.

Tips Agar Tidak Mengalami Ketergantungan Setelah Mengetahui Fungsi Kartu Kredit

fungsi kartu kredit

1. Buat Rencana Keuangan

Pemakaian kartu kredit secara sembrono berefek buruk pula dengan rencana keuangan kalian yang sudah dibuat pada waktu sebelumnya. Akibatnya, kalian harus mengganti semua tagihan kartu kredit tersebut dengan tabungan yang sudah dicicil bahkan keuangan kalian menjadi berantakan. Maka dari itu, kurangi penggunaan kartu kredit kalian sambil mengingat rencana keuangan yang sudah kalian inginkan dari dulu. Jika tidak, semua rencana tersebut hanya mimpi belaka.

2. Membawa Uang Tunai Adalah Suatu Keharusan

Jika kalian memang memiliki niat untuk berbelanja di suatu tempat, jangan sekali-kali untuk membawa kartu kredit untuk bertransaksi. Uang tunai adalah alternatif terbaik untuk kalian yang ingin sekali mengurangi fungsi kartu kredit sebagai alat pembayaran sehari-hari. Selain lebih hemat, pemakaian uang tunai dalam berbelanja juga membantu kalian untuk terhindar dari utang piutang.

3. Hindari Promo Kartu Kredit

Hal yang membuat kita tergiur dengan kartu kredit adalah promo-promo yang menarik baik di toko mode, kuliner, bahkan elektronik. Memang fungsi kartu kredit adalah menawarkan promo yang menarik dalam berbelanja, akan tetapi tidak semua promo yang ditawarkan harus kita ikuti setiap saat. Bahkan belum tentu pula promo tersebut bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, hindarilah iklan promo kartu kredit dan pahami baik dan buruk dari penawaran tersebut.

4. Satu Kartu Sudah Cukup

Kartu kredit bukanlah kebutuhan pokok untuk memenuhi semua keperluan kalian. Jika memungkinkan, pilihlah kartu kredit yang aman bagi kalian untuk bertransaksi. Setiap bank memiliki penawaran yang berbeda-beda dalam menjual produk kartu kredit. Sebelum kalian memilih jenis kartu kredit apa yang cocok untuk digunakan, kenali terlebih dahulu fungsi kartu kredit bagi kebutuhan kalian. Jika memang dirasa perlu, cukup pilih satu kartu kredit yang kalian percaya. Jika tidak dirasa penting, sebaiknya pikirkan matang-matang untuk memakai kartu kredit dengan segala konsekuensinya.

5. Kebutuhan VS Lapar Mata

Coba kalian pikir ulang. Selama kalian berbelanja, apakah yang dibeli selama ini memang sesuai kebutuhan atau hanya sekedar tergiur dari kaca etalase semata? Kemudian setelah kalian tergiur, kartu kredit pun dikeluarkan dan menggesek kartu tersebut untuk berbelanja. Jika hal tersebut sering dialami oleh kalian, kurangi kebiasaan lapar mata yang hanya merugikan diri sendiri. Kebiasaan yang terus berlanjut akan selalu memberikan dampak yang tidak bermanfaat seperti pemborosan bahkan barang-barang yang sudah dibeli dianggap sia-sia saja. Maka dari itu, biasakan untuk membedakan barang-barang atau aktivitas yang memang menjadi kebutuhan atau hanya sekedar ingin saja.

Itulah lima tips yang bisa diberikan kepada kalian sebagai acuan untuk mengetahui fungsi kartu kredit yang baik dan benar. Pemakaian yang terlalu berlebihan tentunya memberikan dampak negatif bagi masa depan kalian.

Please follow and like us:
20

Berita Terkait