promo kartu kredit

Di Indonesia, kartu kredit selalu menjadi momok penting untuk bertransaksi dalam berbelanja bagi mereka yang mampu. Sekali gesek pun barang yang kalian idamkan langsung sampai di genggaman kalian. Bagi kalian yang masih awam dalam menggunakan kartu kredit, tahukah kalian bahwa setiap bank memiliki promo kartu kredit yang bermacam-macam? Ada sebagian pembelian suatu barang pasti memiliki promo khusus yang ditawarkan dari setiap bank supaya menarik banyak pelanggan. Akan tetapi, tidak semua promo yang menggiurkan memberikan efek positif bagi kalian, apalagi pada segi keuangan.

Hingga saat ini kartu kredit dibagi menjadi dua macam, yaitu Visa dan MasterCard. Kedua jenis tersebut berasal dari dua perusahaan yang berbeda, yaitu Bank of America dan InterBank Card Association. Akses yang dapat kalian gunakan sudah tersebar lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Tak heran jika kalian akan menjumpai kedua lambang tersebut di berbagai toko. Setiap jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Untuk mengetahui apa saja promo kartu kredit yang seringkali ditawarkan oleh bank, berikut jenis-jenis yang biasa didengar banyak orang apalagi orang awam.

Jenis-Jenis Promo Kartu Kredit

jenis promo kartu kredit

1. Cicilan Bunga 0%

Kalian kerap menjumpai jenis promo dari kartu kredit ini di koran atau di iklan manapun yang menjual barang-barang berat seperti barang elektronik atau kendaraan pribadi. Keuntungan dari promo tersebut adalah kalian tidak akan mendapatkan bunga selama kalian sedang mencicil barang yang sudah kalian beli. Tentu hal tersebut tidak akan menguras gaji bulanan kalian sehingga cicilan ini sangat menguntungkan. Syarat untuk mendapatkan promo kartu kredit ini adalah hanya menemukan toko-toko yang bekerja sama dengan bank tertentu, terutama yang menerima tawaran cicilan bunga 0%. Selain itu, kalian harus membayar cicilan barang tersebut tepat waktu. Jika tidak, kalian akan membayar cicilan tersebut dengan bunga yang sudah ditentukan oleh bank.

2. Transaksi Cashback

Seringkali kita mendengar istilah promo kartu kredit cashback dengan nominal harga tertentu. Jenis promo ini berfungsi untuk memberikan uang tunai setelah melakukan transaksi dalam nominal tertentu, mulai dari Rp 100.000 hingga di atas Rp 2 juta. Biasanya promo tersebut berupa persentase, dengan rata-rata cashback sebesar 10 % dari barang yang sudah dibeli kemudian dikumpulkan berupa poin. Kalian akan mendapatkan promo serupa di pom bensin, supermarket, dan outlet-outlet ternama yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasil dari cashback tersebut dapat kalian manfaatkan berbagai hal seperti deposito, investasi, dan sebagainya. Namun kalian tidak dapat menggunakan tabungan dari cashback tersebut untuk membayar tagihan kartu kredit kalian karena setiap kartu memiliki rekening khusus.

3. Diskon Kartu Kredit

Siapa yang tidak menyukai diskon? Promo ini selalu menarik perhatian para konsumen bagi siapapun yang sedang berbelanja. Diskon yang ditawarkan pun bermacam-macam, salah satunya diskon dengan kartu kredit. Beda dari diskon biasanya, jenis promo kartu kredit ini memiliki limit khusus dalam berbelanja. Contohnya adalah pembelian baju diskon 50% dengan minimum pembelian Rp 1 juta. Sebelum kalian memutuskan untuk bertransaksi dengan kartu kredit kalian, perhatikan syarat dan ketentuan yang ditawarkan setiap bank.

Itulah sekilas info mengenai jenis promo kartu kredit yang sering diketahui banyak orang. Cermatilah penawaran yang ditawarkan sebelum bertransaksi dengan kartu kredit kalian. Selamat berbelanja!