cara membuat kartu kredit

Kecanggihan teknologi terus mengalami perkembangan yang menjalar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi ini adalah sistem pembayaran pada transaksi jual beli. Jika dahulu manusia mengenal barter dan uang untuk mendapatkan dan membeli kebutuhannya maka saat ini ada alat pembayaran lain yang sudah mulai banyak digunakan yaitu kartu kredit. Kartu kredit merupakan sebuah fasilitas dari bank yang diberikan pada nasabah terpilihnya untuk menggunakan sejumlah dana talangan untuk membayar transaksi pembelian barang. Namun untuk mendapatkan kartu tersebut ada tata cara yang harus dilakukan oleh nasabah baik karyawan maupun wirausahawan. Berikut ini adalah cara membuat kartu kredit bagi mereka yang memiliki usaha sendiri.

Bagi para wirausahawan, penghasilan bulanan bisa jadi tidak dapat dipastikan karena didapat tidak melalui sebuah slip gaji. Anda yang seorang wirausahawan bahkan bisa mendapatkan penghasilan setiap harinya tanpa ada pembukuan atau tanpa melalui rekening jika usaha yang dilakukan banyak menggunakan sistem bayar secara cash. Terkadang itulah yang menjadikan para wirausahawan enggan membuat kartu kredit yang cara pengajuannya menyertakan bukti penghasilan. Namun sebenarnya ada cara yang tetap bisa dilakukan oleh para wirausahawan jika menginginkan untuk memiliki kartu kredit untuk mempermudah berbagai pembayaran yang akan dilakukan.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa mengakses kartu kredit:

  1. Surat ijin usaha berupa akte pendirian usaha / SIUP / TDP.
  2. Foto kopi buku tabungan atau rekening koran atas nama usaha jika ada.
  3. Salinan NPWP.
  4. SPT tahunan.

Sedangkan untuk Anda sebagai pemohon kartu kredit wajib memberikan persyaratan sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi buku tabungan atau rekening koran atas nama pribadi.

Lalu cara membuat kartu kredit yang harus Anda lakukan adalah:

  • Hubungi sales kartu kredit yang telah Anda kenal atau telah Anda ketahui kontaknya.

Pilihlah sales yang berasal dari bank yang Anda percayai melalui survey baik dari pelayanan, keamanan, hingga bunga dan program-program yang dimilikinya.

  • Pilih jenis kartu kredit yang disediakan oleh bank tersebut.

Mintalah sales kartu kredit untuk menerangkan berbagai pilihan kartu kredit kemudian tanyakan kelebihannya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan Anda.

  • Isilah formulir permohonan dengan data yang benar.

Isilah formulir yang diberikan oleh sales kartu kredit dengan data yang sebenar-benarnya. Jangan melebihkan atau mengurangkan nominal pendapatan agar Anda mendapatkan jenis kartu kredit yang sesuai.

  • Serahkan persyaratan yang diminta.
  • Tunggu proses survey dilakukan oleh pihak bank.

Selama proses survey, pastikan nomor yang Anda berikan dalam keadaan aktif agar pihak bank dapat menghubungi Anda sewaktu waktu. Kegagalan komunikasi bisa menyebabkan pengajuan kartu kredit Anda tidak disetujui.

  • Aktifkan kartu kredit.

Jika pengajuan disetujui maka Anda akan menerima kartu kredit yang dikirimkan secara langsung oleh bank tersebut. Aktifkan kartu sebelum Anda menggunakannya.

Itulah tata cara membuat kartu kredit bagi Anda yang merupakan wirausahawan. Bagi sebagian orang menganggap membuat kartu kredit lebih mudah jika menggunakan slip gaji sebagai pegawai namun hal tersebut tak sepenuhnya benar karena jika Anda berprofesi sebagai pemilik suatu usaha yang telah memenuhi syarat dalam permohonannya pastinya juga bisa mengajukan aplikasi kartu kredit. Jangan lupa untuk menggunakan kartu kredit secara bijak agar Anda tidak terlibat pada hutang yang tidak perlu.

Sesuaikan Kebutuhan Anda Sebelum Tau Cara Membuat Kartu Kredit

Bingung dengan cara membuat kartu kredit? Jika iya, maka jangan ragu bertanya pada teman yang paham atau berkunjung langsung ke bank penerbit. Anda bisa mencari informasi seputar kartu kredit melalui internet yang tentu saja bisa dengan mudah memberikan gambaran tata cara pengajuannya. Bagi yang pertama kali membuat kartu kredit memang akan sempat merasa bingung dan khawatir melakukan kesalahan. Sebab banyak kasus kurang sedap yang berkaitan dengan pemakaian kartu elektronik satu ini.

Namun, kartu kredit juga menguntungkan karena sebagai produk perbankan yang laris manis terutama di kalangan berduit tebal. Tentu banyak manfaat diberikan sehingga menjadi teguran bagi semua penggunanya untuk lebih bijak dalam memakainya. Pemakaian kartu kredit dengan bijak kemudian memilih kartu yang tepat pula bisa membawa banyak dampak positif selama pemakainya. Nah, pastikan Anda paham seluk beluk kartu kredit baru kemudian mengajukan permohonan ke bank penerbit terpercaya.

Kenali Karakter yang Tepat

Kartu kredit memungkinkan penggunanya untuk menikmati transaksi tanpa adanya batasan limit uang tunai di dompet atau rekening bank. Sehingga belanja apa saja dan makan enak di berbagai restoran sampai kafe menjadi hal yang sangat mudah dilakukan kapan saja. Baiknya menjadi pribadi yang siap atas kepemilikan kartu pembayaran ini supaya tidak asal pakai dan gagap saat melihat tagihan di akhir bulan. Maka pilih kartu kredit dengan cermat agar manfaatnya tepat.

Karakter kartu kredit yang cocok ada banyak dan baiknya dipahami supaya bisa segera belajar cara membuat kartu kredit tersebut, dan berikut adalah beberapa karakter yang dimaksud:

  1. Promo yang sesuai gaya hidup,

Kartu kredit tanpa promo tentu minim peminat sebab beberapa penggunanya memutuskan memilikinya karena ingin menikmati promo di dalamnya. Memang tidak salah, dan akan semakin benar jika memilih kartu kredit yang promonya sesuai gaya hidup. Promo restoran, supermarket, hotel, dan sebagainya supaya gaya hidup apapun tetap hemat.

  1. Limit transaksi sesuai kemampuan finansial,

Semua kartu kredit oleh bank yang menerbitkannya dibuat dengan limit maksimal dan nilainya sudah ditetapkan. Jika merasa sudah over limit maka penggunaannya perlu lebih diperhatikan dan dikontrol secara efisien. Pastikan limit kartu kredit sesuai kemampuan finansial dan akan lebih baik memilih limit terbatas. Supaya aman dan lebih bijak memakai kartu ini selama dipegang, sebab limit tinggi kadang membuat pengguna terlalu santai dan kalap baru kemudian menyesal.

  1. Bisa dipakai di negara yang sering didatangi,

Suka berkunjung ke beberapa negara? Tentunya akanmemerlukan kartu kredit untuk mempermudah transaksi berskala internasional. Kartu kredit memungkinkan Anda tetap bisa belanja tanpa perlu menukar uang asing sehingga lebih praktis. Namun pastikan tetap hemat karena biaya transaksi luar negeri juga tidak murah. Intinya, supaya tidak merasa salah memilih kartu kredit pastikan kartu tersebut bisa dipakai di negara yang kerap ditandangi.

  1. Biaya-biaya yang tidak memberatkan kapasitas kantong,

Memilih kartu kredit tentu perlu yang terjangkau maka penting memperhatikan biaya-biaya yang menyertainya. Akan lebih aman memilih kartu kredit yang dikenal punya suku bunga ringan supaya tagihan per bulan tidak membuat kantong menangis. Anda pun bisa bernafas lega, terlebih jika memang punya kartu kredit yang bersahabat sekaligus Anda bijak dalam memakainya. Pahami cara membuat kartu kredit lalu pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan agar tidak merasa terbebani selama memilikinya.

cara membuat kartu kredit sesuai kebutuhan