uangteman vs tunaikita

Tak perlu dipungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki permasalahan finansial dengan skala yang beragam. Nah, belakangan marak sekali munculnya layanan jasa pinjaman mikro sebagai alternatif yang cukup segar bagi siapapun yang membutuhkan.

Kehadiran layanan jasa pinjaman mikro seperti ini tentu menjadi salah satu solusi yang tepat untuk membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Dua di antara sekian banyaknya layanan jasa pinjaman mikro adalah TunaiKita dan UangTeman. Keduanya sama-sama menawarkan pinjaman uang mikro yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ingin tahu lebih dalam? Simak dulu ulasan di bawah ini!

Penjelasan Tentang Tunai Kita

Dalam dunia Fintech Indonesia, TunaiKita bisa dibilang cukup muda karena baru berdiri sejak Januari 2017 ini. Dipayungi oleh PT. Digital Tunai Kita yang merupakan perusahaan gabungan dari WeCash Southeast Asia, JAS Kapital dan Kresna Usaha Kreatif. TunaiKita juga merupakan salah satu di antara sekian banyak perusahaan Financial Technology yang menyediakan pinjaman online mikro dengan pencairan yang cukup cepat. Di Indonesia sendiri, tunai kita memiliki visi untuk membantu memperluas inklusi finansial dan memperbaiki kehidupan konsumen Indonesia melalui kredit yang baik dan berkualitas. Meski baru di Indonesia, TunaiKita yang juga dikenal awalnya sebagai WeCash telah memiliki cabang yang tersebar di beberapa negara maju dan berkembang, di antaranya adalah China, Amerika Serikat, Brazil, Singapore dan Indonesia.

Dalam hal layanan, tunai kita dapat memberikan pinjaman dengan batasan sesuai dengan kemampuan nasabahnya. Batasan yang dapat dipinjam oleh nasabah ini dapat ditingkatkan dengan cara yang mudah di antaranya adalah dengan menghubungkan akun sosial media, e-commerce atau online travel agent yang kalian miliki. Semakin banyak akses data yang bisa dihubungkan dengan TunaiKita maka semakin banyak pula batasan nominal pinjaman yang bisa diajukan. Dalam hal tenor pinjaman, tunai kita menyediakan tenor pinjaman yang cukup fleksibel yaitu mulai dari 1 bulan hingga maksimal 6 bulan. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peminjam.

Penjelasan Tentang UangTeman

Dalam industri Financial Technology di Indonesia, UangTeman memang lebih senior dibandingkan dengan TunaiKita. Sebab UangTeman telah hadir melayani masyarakat Indonesia sejak bulan April 2015. UangTeman sendiri telah mengantongi izin dan telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan POJK/77 tentang peer-to-peer lending.

Sudah banyak sekali masyarakat yang mempercayakan layanan pinjaman online dari UangTeman. Salah satunya karena kecepatan pencairan dan kemudahan proses serta persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman ini. Secara garis besar, UangTeman setidaknya memiliki visi yang hampir serupa dengan Tunai Kita yaitu untuk mendukung masyarakat Indonesia untuk mencapai kehidupan perekonomian yang lebih baik dengan memberikan pinjaman bagi mereka yang bertanggung jawab.

Hal ini bisa dibuktikan dengan rendahnya tingkat non-performing loan yang dimiliki setelah 2 tahun beroperasi di Indonesia, yang hanya mencapai di angka 3% saja. Untuk mereka yang baru pertama kali meminjam di UangTeman, plafon pinjaman maksimal yang bisa didapatkan yaitu hingga Rp 3 juta. Plafon tersebut akan bertambah sesuai dengan performa kredit yang mereka miliki selama memiliki pinjaman aktif di UangTeman. Karena produk UangTeman hingga saat ini hanya tersedia dana talangan maka tenor maksimal pinjaman yang bisa diambil maksimal adalah selama 30 hari.

Kekurangan dan Kelebihan TunaiKita & UangTeman

No. Perbandingan TunaiKita UangTeman
1. Area Operasional Jabodetabek Jabodetabek, Bandung, Solo, Magelang, Klaten, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Lampung, Palembang, Jambi
2. Biaya Jasa/Biaya Layanan 13,5% / bulan 1% / hari
3. Tenor & Plafon Rp 1 – 4 juta / 3 – 6 bulan Rp 1 – 3 juta / 10 – 30 hari
4. Mobile App Ada Ada
5. Web App Tidak Ada
6. Persyaratan NPWP, Slip Gaji, KTP, Rekening Koran, ID Pegawai Selfie terbaru, KTP, Slip gaji
7. Pencairan dana 3 hari kerja 15 menit dengan jalur cepat / 2 hari kerja jalur reguler
8. Terdaftar & Diawasi oleh OJK Tidak Iya
9. Penurunan Biaya Jasa/ Biaya Layanan Tidak Iya (sesuai dengan berapa kali jumlah repeat pinjaman)

Dari tabel di atas, kita bisa melihat apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing platform pinjaman online tersebut. Dari segi persyaratan, UangTeman memberikan persyaratan yang jauh lebih mudah dan sederhana ketimbang tunaikita. Sementara dari segi pencairan dana, UangTeman dapat mencairkan dana pinjaman lebih cepat dari Tunai Kita. Selain itu, UangTeman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan membuat kita yakin bahwa layanan ini memang patuh dan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia. Lalu, UangTeman juga memiliki komitmen untuk memberikan penurunan biaya layanan bagi nasabahnya yang telah beberapa kali melakukan pinjaman, sesuai dengan jumlah repeat ke-berapakah aplikasi kalian saat ini.

Di samping itu, meski tunaikita membebankan biaya layanan yang lebih murah jika dibandingkan dengan UangTeman, namun area operasionalnya untuk saat ini hanya ada di Jabodetabek saja. Sementara UangTeman hampir ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Dalam mengambil keputusan finansial, kalian juga harus berhati-hati. Bayangkan jika di tengah jalan ada musibah yang menimpa sementara kalian harus memikirkan biaya cicilan bulanan dari pinjaman yang diajukan, apakah hal ini bukannya malah menambah beban finansial di masa depan? Berpikir jernihlah ketika hendak mengambil keputusan finansial. Meski UangTeman memiliki biaya layanan yang sekilas terlihat besar, namun sebagai peminjam yang bertanggung jawab kita harus bisa memprediksikan lajur keuangan kita paling tidak sebulan ke depan. Itulah kenapa UangTeman lebih menonjolkan produk dana talangannya ketimbang produk-produk lainnya. Gimana nih menurut kalian, mana yang lebih baik?