tiket kereta api lebaran

Jelang datangnya bulan ramadhan dan juga lebaran, persiapan sudah mulai dilakukan oleh masyarakat yang nantinya akan mudik. Diantaranya adalah dengan membeli berbagai kebutuhan untuk pulang kampung, seperti kereta. Tentunya sudah menjadi hal yang sangat biasa bagi Anda, bahwa jika nantinya lebaran tiba, akan semakin banyak permintaan untuk tiket kereta api ini, mengingat kendaraan tersebut tawarkan berbagai nilai lebih dibandingkan dengan naik bus ataupun Anda yang ingin bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Jaminan lebih aman selama dalam perjalanan. PT KAI sendiri sudah jauh-jauh hari menyediakan tiket kereta api lebaran ini.

Bahkan tak tanggung-tanggung dari yang dulunya hanya kurang dari 50 gerbong setiap hari, maka sekarang yang sudah dipersiapkan lebih dari 60 gerbong untuk kereta hariannya, guna bisa mengangkut semua masyarakat musik ke kampung halaman. Dalam beberapa berita yang Anda lihat mungkin sudah banyak sekali pembukaan pembelian yang digunakan, bahkan hanya berkisar beberapa jam n saja tiket yang dijual tersebut langsung ludes di tangan konsumen.

Namun jangan khawatir, meskipun sudah banyak yang ludes, namun pemerintah masih akan terus menyediakan tiket kereta api lebaran tersebut, hingga nantinya jelang H-30 lebaran. Memang lebih dianjurkan bagi Anda untuk membeli jauh-jauh hari, karena sekarang ini sistem pembelian tiket, memang dilakukan secara online untuk kemudahan konsumen sendiri, bisa lakukan pemesanan kapan saja dan juga dari mana saja, tak perlu mengantri di loket pembelian tiket ini.

Sistem pembelian secara online agaknya juga dapat digunakan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dalam pembelian. Anda bisa tau berapa harga tiket tersebut aslinya, jadwal keberangkatan dan sebagainya, tanpa harus membeli dengan harga mahal dari calo. Lalu bagaimana dengan langkah pemesanannya? Maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda pakai ketika ingin membeli, diantaranya adalah:

  1. Kunjungi laman dari PT KAI secara langsung, ada laman khusus dimana Anda bisa mendapatkan tiket secara aman, yaitu KAI ini. Hanya saja terkadang di masa-masa tertentu tingkat aksesnya terbilang cukup tinggi, sehingga menjadi lemot dan agak error. Maka Anda dapat juga mengandalkan laman penjualan yang lainnya toh dari segi harga dan juga cara pemesanan nantinya juga sama saja. bahkan bisa jadi jauh lebih lancar dengan lakukan pemesanan disana, karena tak terlalu banyak yang mengakses.
  2. Setelah masuk ke bagian laman tersebut, maka bisa memilih menu untuk reservasi tiket. Disana nantinya tertera beberapa kolom yang harus Anda isi untuk melihat jadwal keberangkatan kereta. Diantaranya adalah tanggal tujuan Anda akan berangkat, kemudian stasiun keberangkatan, yang ada di daerah tersebut tentunya, stasiun tujuan hingga jumlah yang akan memesannya, tentukan juga jika Anda membawa anak kecil atau bayi.
  3. Setelah diklik nantinya akan muncul beberapa pilihan kereta, kelas dan juga tarif. Jika di bagian samping sudah ada tulisan penuh, maka artinya stock untuk kereta tersebut sudah benar-benar full. Namun jangan khawatir, beberapa pilihan kereta yang masih bisa diklik ini menunjukkan bahwa masih ada kursi yang tersedia, berdasarkan tawaran harga, maka bisa pertimbangkan jika ingin memilihnya.
  4. Setelah sudah dipilih, kemudian centang bagian persetujuan dan klik pada menu lanjutkan. Menu lanjutkan ini berisi beberapa pertanyaan yang menjadi form Anda ketika akan menggunakan kereta tersebut. Isi semuanya mulai dari nama penumpang, kemudian juga nomor KTP. Pastikan bahwa data yang masuk tersebut sama dengan tanda pengenal Anda. Karena jika tidak maka ketika sudah membeli, nantinya tetap tak akan bisa naik sarana transportasi tersebut, setelah dilihat KTP tidak cocok.
  5. Khusus bagi yang ingin bepergian dengan buah hati, apalagi yang belum memiliki KTP, maka jangan khawatir, karena Anda dapat memanfaatkan nomor yang terdapat dalam kartu keluarga yang dimiliki.
  6. Nantinya Anda akan diberikan informasi mengenai pengunjung yang naik dengan kereta tersebut disertai dengan pengaturan tempat duduk, bagi yang membeli jauh-jauh hari dalam kondisi tempat duduk masih longgar maka bukan masalah, jika nantinya ingin memilih nomor kursi dimana, sedangkan yang terima sisa, maka sudah ditentukan oleh pihak KAI.
  7. Anda harus lakukan pembayaran, proses pembayarannya ini sangat mudah, karena bisa dengan mengandalkan sistem transfer online baik memakai kartu kredit atau dengan ke ATM terdekat. Dari pembayaran inilah nantinya Anda bisa mendapatkan kode khusus untuk proses konfirmasinya.
  8. Segera setelah dilakukan konfirmasi, maka nantinya tiket tersebut bisa di print out untuk kemudian ditukarkan jika nantinya Anda akan melakukan keberangkatan disana.

Mudah bukan pesan tiket kereta api lebaran ini. Hanya saja satu catatan, Anda bisa mendapatkan tempat jika memang memesan jauh-jauh hari, luangkan waktu di malam hari, dimana tak banyak memang yang lakukan pemesanan. Biasanya pada jam 00:00. Sedangkan bagi Anda yang kurang bisa melakukan pemesanan secara online ini, maka juga tak perlu khawatir, masih ada sistem pemesanan langsung dengan datang ke loket pembelian di stasiun.

Berikut ini langkah pemesanan tiket kereta api lebaran jika lewat stasiun langsung, diantaranya adalah:

  1. Pemesanan secara langsung hanya bisa dilakukan H-90 atau bahkan H-7, namun untuk tiket lebaran, agaknya kurang tepat jika Anda memesan dekat-dekat hari, karena pastinya stock juga akan habis. Untuk itu lakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya, datanglah ke loket pembelian dengan membawa data diri dan juga uang.
  2. Jika dilakukan pembatalan sebenarnya bukan masalah, Anda tetap bisa mendapatkan uang tersebut kembali, namun tetap ada denda yang diberikan, diantaranya adalah dengan nilai 25% dari total biaya yang sudah Anda keluarkan untuk membeli tiket tersebut.
  3. Catatan lainnya adalah nama dari tiket pemesan juga harus sesuai dengan nama yang tertera pada tiket tersebut, jika tidak nantinya konsekuensi dimana Anda tak akan bis a berangkat dengan menggunakan sarana transportasi tersebut.
  4. Sama halnya ketika Anda lakukan pembelian via online nantinya juga akan dihadapkan pada pilihan-pilihan tujuan keberangkatan dan juga tanggal akan berangkat tersebut, hanya saja ada kemudahan yang didapatkan dimana proses pemesanan tiket nantinya akan dibantu oleh pihak dari stasiun ini. Sehingga bagi yang masih awam lebih mudah dilakukan.
  5. Anda cukup menunjukkan data diri atau KTP tersebut ketika dimintai oleh pihaknya, mereka akan mengisikannya dengan cepat, namun antri terlebih dahulu hingga giliran Anda tiba.
  6. Bayar sesuai dengan harga yang sudah ditentukan tersebut, setelah proses pengisian datanya selesai, maka konsumen cukup membayar langsung sesuai dengan harga tiket tersebut, nantinya tiket akan langsung diberikan, simpan jangan sampai hilang.

Mudah bukan, berbagai sistem pembelian ini dimaksudkan untuk kenyamanan konsumen sendiri. Tiket kereta api lebaran untuk gelombang 1 dan 2 yang dibuka memang sudah ludes, namun Anda bisa menunggu gelombang lainnya.

pesan tiket kereta api secara online