test online bpjs ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan merupakan badan penyelenggara jaminan sosial untuk tenaga kerja yang memiliki sistem kerja bertaraf internasional. BPJS ketenagakerjaan telah melayani pesertanya yang berjumlah puluhan juta dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui kerjasama dengan perusahaan tempat peserta bekerja. Dalam melakukan pelayanan di banyak kota dan wilayah Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan pastinya akan membutuhkan banyak pegawai yang bekerja untuk memberikan pelayanan maksimal pada peserta BPJS. Untuk itu di tahun ini BPJS ketenagakerjaan membuka rekruitmen yang dilakukan secara online melalui pengumuman di website resminya. Bukan hanya pendaftaran saja namun penyeleksian juga dilakukan secara online dengan adanya test online BPJS Ketenagakerjaan seperti yang dilakukan pada tahun lalu.

Dari bulan Februari lalu pastinya Anda sudah mendapatkan informasi baik dari teman, kerabat maupun media internet mengenai rekruitmen yang dilakukan oleh BPJS ketenagakerjaan. Untuk dapat mengikutinya Anda harus mempersiapkan sebuah email yang nantinya digunakan untuk login dan mendapatkan informasi secara langsung untuk menghindari penipuan. Pendaftaran dilakukan secara online di website resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan melengkapi syarat administrasi yang dibutuhkan. Selain tes administrasi, akan ada tes-tes lainnya seperti yang dilakukan di tahun lalu yaitu:

  • Tes online.
  • Konfirmasi tes atau pengumuman awal.
  • Interview awal.
  • Psikotes awal.
  • Verifikasi dokumen.
  • Wawancara psikologi dan FGD.
  • Tes kesehatan.
  • Wawancara user.

Pengumuman syarat administrasi telah diberikan sehingga bagi Anda yang mengikuti pendaftaran dapat melihat apakah Anda lolos di sesi administrasi. Setelah itu nantinya akan diberitahukan mengenai tes online yang segera dilakukan untuk melanjutkan proses rekruitmen. Tes online adalah tes yang digunakan untuk melihat kemampuan, kepribadian dan daya pikir serta keahlian menggunakan komputer bagi peserta yang akan dilakukan secara serempak untuk semua peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

Karena dilakukan secara online, maka setelah muncul jadwal test online bpjs ketenagakerjaan tersebut, Anda sebaiknya segera mempersiapkan sebuah koneksi internet yang cepat dan handal. Selain koneksi internet yang Anda butuhkan lainnya adalah pasokan sumber listrik, jangan sampai saat mengikuti tes online, tiba-tiba PLN memutuskan aliran listrik sehingga tes akan terhenti dan Anda bisa kehilangan waktu untuk menjawabnya. Ada baiknya Anda pergi ke hotspot area dengan membawa laptop yang telah tercharge penuh untuk menghindari kejadian tersebut.

Jenis Test Online BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti test online BPJS ini, mungkin akan merasa grogi atau takut. Hal ini tidak boleh dibiarkan lama-lama karena justru dapat berakibat negatif pada performa tes Anda. Ada baiknya melakukan survey terlebih dahulu atau sekedar berbagi pengalaman dengan mereka yang pernah mengikuti tes sebelumnya. Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa jenis tes yang tahun lalu diberikan sebagai bahan soal tes online calon pegawai:

  • Psikotes.

Berisi 50 soal yang meliputi matematika dasar, penalaran, bangun ruang, sinonim dan antonim, soal cerita dan sebagainya. Gunanya adalah untuk mengetahui tingkat nalar dan pemikiran Anda lebih detail. Agar Anda lebih siap, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu dari berbagai buku panduan ataupun internet mengenai soal psikotes. Jangan lupa untuk menyediakan kertas kosong untuk membantu Anda menghitung.

  • Psikotes kepribadian.

Ada sekitar 100an lebih soal yang harus Anda jawab dengan memilih opsi jawaban yang disediakan yaitu “sangat setuju”, “setuju”, “agak setuju”, “tidak setuju”, “agak tidak setuju”, “sangat tidak setuju”. Anda bisa menggunakan pemikiran Anda sendiri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebaiknya jangan terlalu lama dalam memilih jawaban karena akan menghabiskan waktu yang disediakan oleh panitia.

Setelah melakukan test online BPJS Ketenagakerjaan, yang harus Anda lakukan adalah menunggu pemberitahuan ataupun pengumuman kelulusannya yang akan diberitahukan secara online baik melalui website maupun email. Untuk itu bagi Anda yang tidak menggunakan android yang terhubung langsung dengan email ada baiknya untuk rutin mengecek inbox email Anda agar tidak ketinggalan informasi karena bisa jadi email yang diberikan atau pengumuman yang ditampilkan akan memuat jadwal sesi seleksi berikutnya yaitu interview awal.

Dalam tes online yang dilakukan tahun lalu, soal yang diberikan dapat dikatakan tidak terlalu sulit jika dibandingkan soal kelulusan ataupun ulangan kelas saat sekolah. Namun persoalannya adalah waktu yang diberikan sangatlah singkat sehingga dibutuhkan kecepatan pengerjaan pada tiap soalnya. Misalnya pada soal matematika, terdapat 30 soal yang harus dikerjakan selama 6 menit sehingga untuk satu soal, akan membutuhkan waktu kira-kira 12 detik. Kunci yang dibutuhkan adalah ketenangan diri saat menjawabnya sehingga Anda dapat berfikir jernih dan menentukan jawaban dengan cepat. Untuk itu sebelum melakukan tes online, sebaiknya Anda menenangkan diri sehingga rasa gugup yang sering timbul menjelang saat-saat penting dapat hilang dengan sendirinya.

Setelah test online BPJS Ketenagakerjaan Anda selesai dan dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya, maka sebaiknya Anda tetap belajar lagi bagaimana cara menyelesaikan tes psikologi dengan lebih cepat. Hal ini perlu dilakukan sebab tahapan selanjutnya yaitu tatap muka langsung dengan panitia rekruitmen akan mengharuskan Anda untuk menjawab soal yang hampir sama ketika melakukan tes online. Disaat inilah ketika Anda memutuskan untuk menggunakan orang pengganti atau joki di sesi tes online bisa terbongkar. Jawaban atau hasil jawaban untuk 2 sesi pertanyaan psikologi ini diharapkan tidak jauh berbeda atau justru lebih baik dari sebelumnya karena ada waktu yang lebih lama untuk belajar kembali.

Yang perlu Anda ingat ketika melakukan pertemuan langsung adalah mengenakan pakaian yang sopan dan resmi agar Anda terlihat profesional dan menghormati panitia penyelenggara seleksi. Ketepatan waktu juga sangat diperlukan baik ketika tes online yaitu saat melakukan login ataupun saat tahapan wawancara langsung agar memberikan kesan yang positif bagi Anda. Selain dari pada itu, dengan ontime di sesi tes online yang memberikan banyak pertanyaan, Anda akan mendapatkan waktu yang penuh tanpa ada potongan seperti ketika Anda melakukan keterlambatan login. Dengan waktu yang penuh maka persiapan akan lebih mudah, serta pengerjaan soal juga bisa menjadi lebih tenang dan nyaman tidak seperti ketika Anda terlambat.

Test online BPJS Ketenagakerjaan tahun ini membuka 9 posisi yang dapat diisi oleh siapa saja yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi yang dibutuhkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penggunaan sistem online untuk proses pendaftaran hingga seleksi akan memungkinkan calon tenaga kerja dari pelosok tanah air untuk ikut serta dalam proses rekruitmen ini. Dengan begitu kesempatan kerja yang didapatkan anak negeri menjadi sama rata dengan proses yang lebih cepat serta nyaman. Selain itu dengan adanya sistem online yang dilakukan, akan dapat menghemat berbagai pengeluaran yang pastinya bisa membengkak ketika rekruitmen di lakukan hanya di beberapa kota besar saja yang berakibat akan diperlukan biaya transportasi, makan dan bahkan akomodasi bagi mereka yang berminat dan berasal dari wilayah lainnya.