Raport Online

Dengan masuknya tahun ajaran baru, banyak sekolah mulai membuat inovasi baru terutama untuk memperbaiki sistem dan kurikulum yang sudah berjalan nah beberapa sekolah di kota surabaya ini sudah mulai melakukan implementasi untuk mempermudah para guru dalam memberikan hasil penilaian kepada para siswanya. Pemerintah kota Surabaya  sudah membuat sebuah sistem yang dapat membantu proses input nilai raport siswa secara online. Ya betul nama sistem tersebut adalah Raport Online dan telah diterapkan dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Tentunya dengan sistem yang telah diterapkan dibeberapa sekolah di kota Surabaya ini patut diapresiasi dan bisa dijadikan contoh untuk daerah lain dalam memberikan layanan yang berkualitas bagi pendidikan di negeri ini. Melalui sistem ini, banyak kelebihan yang bisa di dapatkan untuk orang tua ataupun untuk guru antara lain:

Transparansi Dalam Mengevaluasi

proses seperti ini dapat lebih mudah diterapkan karena membuat proses pengisian nilai pada rapor pun berjalan semakin cepat. Selain itu juga, orang tua lebih tahu perkembangan anak dari waktu ke waktu. karena, Raport ini juga akan diberikan full akses kepada orang tua untuk melihat hasil anaknya selama di sekolah.

Cepat dan Mudah

Seperti yang sudah disebutkan di atas untuk guru sistem ini akan semakin mempermudah dalam memberikan informasi hasil belajar siswa. Tentunya di akhir tahun ataupun akhir semester para guru biasanya akan sangat kerepotan dalam membuat atau mengisi raport para siswanya nah dengan sistem ini setiap selesai kegiatan belajar mengajar para guru tinggal menginput nilai dan melaporkan kegiatannya, rekayasa yang kadang biasa dilakukan beberapa siswa juga bisa dicegah.

Meminimalisir Kesalahan Data

Dengan memiliki suatu server yang terpusat adanya pemalsuan data ataupun pemalsuan ijazah yang sering terjadi bisa diminimalisir. Karena, mudah untuk mencari seseorang merupakan alumni atau bukan dengan hanya melihat dan menginput Nomor Induk Siswa Nasional dengan itu juga kita dapat mengetahui latar belakang pendidikannya. Tapi tidak mudah untuk langsung mengimplementasikan teknologi ini karena diperlukan sebuah pelatihan khusus agar mereka dapat mengerti teknologi tersebut dan terbiasa menggunakan gadget. Kekurangan lainnya juga raport online ini juga akan adanya ancaman dari hacker. Tapi tenangpastinya mereka juga memiliki tindakan preventive dan juga proteksi yang kuat untuk menyimpan data data tersebut.

Untuk itu pemerintah setempat juga harus mendukung sekaligus mengembangkan sistem ini kedepannya agar pendidikan pendidikan di daerah semakin berkembang. Tetapi, Tentunya dengan kehadiran sistem raport online seperti ini akan sangat membantu juga beban para guru akan berkurang dalam melakukan tugas tugas administratif dengan itu fokus dari para guru adalah mendidik mereka agar menjadi orang yang berilmu dan berakhlak baik. so semoga bisa diterapkan secepatnya disemua daerah ya.

"everything will get easier when you make an effort"