Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri menjadi salah satu plihan yang banyak diambil oleh mereka yang baru lulus SMA. Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, calon mahasiswa baru ini juga dapat menempuh Jalur Mandri dengan melakukan Pendaftaran Jalur Mandiri di PTN yang diinginkan. Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah ini, sehingga tidak bisa memanfaatkan program tersebut. Jadi, apa sebenarnya pendaftaran jalur mandiri dan apa saja prosedur yang harus dilalui? Berikut uraiannya untuk Anda:

Apa Itu Pendaftaran Jalur Mandiri?

Jalur Mandiri merupakan jalur yang diselenggarakan oleh panitia PTN penyelenggara, untuk keperluan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur khusus ini bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa ditempuh para calon mahasiswa yang gagal pada seleksi masuk Peguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Masing-masing PTN yang menyelenggarakan Jalur Mandiri ini memiliki nama yang tidak sama, sebagai contoh Jalur Mandiri UI bernama SIMAK UI sementara Jalur Mandiri UNSRI bernama USM UNSRI. Selain nama yang berbeda, waktu penyelenggaraan Jalur Mandiri setiap Penguruan Tinggi Negeri juga berbeda, ada yang sebelum pengumuman SBMPTN tetapi ada juga PTN yang menyelenggarakan Jalur Mandiri setelah pengumuman SBMPTN.

Oleh karena, Anda yang tertarik untuk mengikuti jalur khusus ini disarankan untuk selalu meng-update waktu pelaksanaan Jalur Mandiri untuk setiap PTN penyelenggara, khususnya PTN yang menjadi incaran Anda. Jangan sampai ketinggalan informasi hingga membuat Anda tidak bisa mengikuti seleksi karena waktu penerimaan mahasisiwa baru sudah ditutup.

Baca juga: Solusi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan untuk Mahasiswa

Prosedur Pendaftaran Jalur Mandiri

Setiap PTN yang ada diseluruh Indonesia memiliki prosedur yang berbeda dalam menerima mahasiswa baru di lingkungan akademiknya. Namun secara umum, proses pendaftaran dilakukan secara online dimana untuk selanjutnya Anda diharuskan untuk mengikuti serangkaian tes.Sebenarnya Jalur Mandiri tidak jauh berbeda dengan SBMPTN, selain proses pendaftarannya yang dilakukan secara online, prosedur ujian yang dilaksanakan juga didukung dengan sistem Computer Based Test atau CBT. Berikut ini adalah beberapa alamat situs resmi PTN di Indonesia yang menyelenggarakan Penerimaan Mahasisiwa Baru melalui Jalur Mandiri:

  • ITB :itb.ac.id
  • ITS :its.ac.id
  • IPB :ipb.ac.id
  • UI   : ui.ac.id/
  • UNPAD: unpad.ac.id
  • UGM : ugm.ac.id/
  • UNHAS :unhas.ac.id
  • UNAND :unand.ac.id
  • UNAIR: unair.ac.id

Kemudian, pilihlah Jalur Mandiri PTN penyelenggara yang Anda inginkan dengan cara mengaksesn situs resmi yang sudah disediakan PTN tersebut untuk melakukan Pendaftaran Jalur Mandiri. Pada halaman utama informasi mahasiswa baru pilih menu Formulir Pendaftaran yang biasanya terletak dibagian atas, dalam hal ini sebaiknya sediakan beberapa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk keperluan registrasi seperti KTP atau SIM, data sekolah berupa nama dan nomor NPSN sekolah serta jurusan yang diambil (IPA atau IPS) dan lain sebagainya. Biasanya beberapa PTN juga mengharuskan pendaftar mencantumkan alamat email aktif yang nantinya digunakan untuk mengirimkan PIN pendaftaran. Tata cara pendaftaran ini harus Anda pahami karena setiap PTN memiliki prosedur yang berbeda-beda.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di Penguruan Tinggi Negeri melalu Jalur Mandiri adalah persyaratan pendaftaran lainnya, mekanisme pembayaran biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan ujian seleksi dan mekanismenya serta pengumuman hasil seleksi.

Demikianlah informasi singkat mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri di perguruan tinggi negeri. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang hendak mendaftar di PTN melalui jalur mandiri.