Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

Prinsip Etos Kerja, Tujuan dan Cara Menumbuhkannya

Prinsip Etos Kerja, Tujuan dan Cara Menumbuhkannya

Indonesia masuk termasuk dalam jajaran negara berkembang, karena dibandingkan dengan masyarakat dengan tingkatan ekonomi tinggi, masih lebih banyak diantaranya adalah masyarakat dengan tingkatan ekonomi rendah, namun tak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa tahun ke depan bisa disejajarkan dengan negara0nefara maju di Asia seperti diantaranya adalah Singapura maupun Jepang. Salah satu faktor yang membuat sebuah negara bisa dikatakan maju atau tidak ternyata adalah etos kerja sumberdaya manusianya. Prinsip etos kerja ini ternyata menjadi salah satu faktor yang menunjang keberhasilan sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Seperti yang kita tau sendiri, bahwa etos kerja inilah yang selama ini masih kurang jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. di Amerika saja misalnya pegawai pastinya akan selalu datang tepat waktu dengan disiplin, namun di Indonesia perbandingannya sangat jauh lagi, bukan hanya soal disiplinitas saja, melainkan juga jam kerja dan kebiasaan ketika bekerja. Tak heran jika seandainya banyak diantara perusahaan-perusahaan maju yang berdiri di dalam negeri justru tidak mau mengambil karyawan yang berasal dari Indonesia sendiri, melainkan mengambil dari luar.

Jika hal-hal semacam ini dapat diperbaiki mulai dari dalam, yaitu oleh sumberdaya manusianya sendiri, tentunya akan sangat menguntungkan juga bagi perusahaan. Imbasnya lapangan kerja yang tersedia akan lebih banyak diprioritaskan untuk masyarakat dari dalam negeri, dibandingkan dengan luar negeri. Prinsip etos kerja ini sendiri sebenarnya sudah harus ditentukan sedari awal perusahaan tersebut akan dibuat, setidaknya dengan adanya etos kerja memiliki banyak sekali hubungan penting, diantaranya adalah dalam hal:

  1. rientasi di masa yang akan datang, dengan adanya etos kerja ini ternyata memberikan sebuah peluang bagi perusahaan untuk bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan, di masa yang akan datang. Tentunya agar kondisinya bisa jauh lebih baik dibandingkan dengan yang sudah lalu.
  2. Dengan adanya etos kerja, maka nantinya sumberdaya manusia bisa lebih menghargai waktu, menjadi pribadi yang disiplin, karena waktu ini juga sangat mempengaruhi produktivitas kerja, bayangkan saja jika seandainya dalam 1 menit bisa mencetak 5 barang, namun ternyata SDM terlambat hingga 1 jam, berapa kerugian yang diterima oleh perusahaan tersebut. Tentunya sangat tinggi, hal ini jugalah yang membuat banyak perusahaan asal luar negeri ketat dalam mempekerjakan karyawan mereka.
  3. Tanggung jawab, asumsi yang harus dipegang dengan kuat oleh seorang pekerja ketika ikut dengan orang lain adalah tanggung jawab atas sebuah pekerjaan, berani keluar atau mengundurkan diri jika asa kesalahan yang disebabkan oleh mereka sendiri.
  4. Hemat dan sederhana, sangat berhubungan dengan prinsip kesuksesan usaha, dimana sekecil apapun barang yang digunakan, namun bisa menghasilkan uang yang besar, sehingga meskipun jumlahnya sedikit, maka jangan dibuang begitu saja.
  5. Harus memacu persaingan yang sehat, dengan adanya etos kerja ini juga diharapkan persaingan antar sumber daya manusia bisa dilakukan dengan sehat, bukan malah merugikan perusahaan tempat mereka bernaung.

Sebenarnya prinsip etos kerja ini tidak hanya dikonsepkan secara luas saja patut untuk Anda ketahui, ternyata Islam sendiri juga menempatkannya di dalam Al-Quran juga hadits jika ingin usaha yang dilakukan tersebut bisa sukses, diantara prinsip-prinsip yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Kerja berhubungan dengan aktivitas dan juga aman. Bagi siapapun seorang muslim yang melakukan pekerjaan dengan serius dan juga kerja keras, maka hasil akhirnya bukan hanya uang saja, melainkan juga akan diberikan dengan amal perbuatan, namun dengan catatan bahwa pekerjaan yang dilakukan tersebut juga harus jenis pekerjaan yang baik, membawa faedah bagi banyak orang. Bukan pekerjaan yang justru menyesatkan. Bekerja harus dilakukan dengan prinsip halal.
  2. Ada orientasi pencapaiannya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahkan dengan adanya etos kerja ini menghasilkan sebuah tujuan, yaitu pencapaian di masa yang akan datang. Anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan tentunya tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup saja bukan, melainkan juga ada harapan yang lainnya, seperti target 3 tahun kedepan harus memiliki posisi tertentu, atau mungkin dengan gaji yang naik. Jika ada target yang akan dicapai, maka pekerjaan Anda menjadi lebih terstruktur, apakah sesuai dengan target yang diinginkan atau tidak.
  3. Berkarakter kuat dan dapat dipercaya, banyak orang yang untuk bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan maka berlaku curang dalam menjalankan usahanya. Bukan hanya seorang wirausaha saja, melainkan karyawan terkadang juga berlaku demikian. Seperti dengan mengubah uang anggaran yang didapatkan perusahaan, sebagian diantaranya nanti akan dimasukkan ke rekening sendiri. Prinsip yang satu ini tidak disukai oleh Islam, karena akan menjerumuskan seorang muslim ke neraka terendah. Seorang SDM yang baik harus memiliki karakter kuat dan amanah, dapat dipercaya dalam menjalankan tugasnya.
  4. Kerja keras, prinsip etos kerja yang lainnya adalah kerja keras, untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat tak bisa dengan santai-santai, apalagi bagi Anda yang benar-benar memulainya dari bawah, berbeda jika memang menjadi anak seorang bos. Kedepannya maka bisa saja mewarisi usaha yang sudah dimiliki tersebut. Sehingga pastikan dalam menjalankan pekerjaan apapun Anda melakukannya hingga batas yang paling maksimal. Ingat bahwa dengan kerja keras nantinya juga tak akan membohongi hasil akhir.
  5. Kerja cerdas, apa yang dimaksudkan sebagai kerja cerdas? Ini sangat berhubungan dengan passion yang dimiliki, hendaknya bekerjalah sesuai dengan keahlian atau skill Anda. Jangan memaksakan diri untuk meraih posisi yang lebih padahal tak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, hal ini justru akan merugikan pihak dari perusahaan tersebut. Dengan bekerja sesuai dengan passion maka nantinya Anda juga bisa merasakan bahwa bekerja tak terasa berat dan lebih menyenangkan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menumbuhkan etos kerja yang baik tersebut, bisa dimulai dari kebiasaan, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Memiliki motivasi yang kuat dalam menjalankan sebuah pekerjaan
  2. Senantiasa berpikiran positif, bahwa apa yang sudah Anda kerjakan dengan susah payah maka nantinya hasil akhir juga tak akan membohongi.
  3. Jadilah diri sendiri, tentukan tujuan yang jelas dan cobalah berusaha sekuat tenaga untuk meraih impian yang sudah dibuat tersebut.
  4. Jangan banyak membuang waktu dengan angan-angan yang kosong
  5. Jadilah orang yang disiplin, baik itu disiplin waktu dalam bekerja atau melakukan setiap hal sehari-hari, dengan demikian Anda akan lebih menghargai waktu yang dimiliki.
  6. Bekerja dengan konsentrasi
  7. Jangan cepat merasa puas terhadap hasil yang baru di dapatkan
  8. Jika terjadi kegagalan maka jangan patah semangat terlebih dahulu, Anda bisa mencoba lebih keras agar kedepannya menjadi lebih sukses.

Pegang kuat-kuat prinsip etos kerja yang sudah Anda miliki untuk menjadikan hidup lebih baik kedepannya, kontribusinya juga sangat penting dalam pembangunan sebuah negara.

etos kerja karyawan

Please follow and like us:
20

Berita Terkait