ajak anak untuk sahur dan membaca niat sahur

Sebagai umat muslim, tentu hadirnya bulan suci ramadhan adalah hari yang sangat di nanti-nanti, dimana pada saat bulan suci tersebut tiba. Kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dengan hukum yang wajib. Tentu dalam ajaran Islam, puasa tidak hanya untuk menahan rasa haus dan lapar, akan tetapi pada saat melakukan ibadah puasa, umat muslim diwajibkan untuk menjaga lisan nya serta pandangannya, menambah ibadah nya, menambah kesabaran dan menahan amarah yang dapat mengurangi ibadah puasa. Menjalankan puasa ramadhan pun juga tidak mudah. Membutuhkan niat yang ikhlas dari hati. Sehingga niat sahur untuk dapat dilancarkan dalam berpuasa selama satu bulan sangatlah dianjurkan agar kita bisa terbangun dan melakukan sahur sebelum adzan subuh berkumandang.

Bagi Anda yang belum terbiasa menjalankan ibadah puasa, tentu Anda tidak terbiasa bangun sahur, dimana sahur dilakukan jam-jam sebelum adzan subuh berkumandang. Tentu pada saat bukan bulan ramadhan, Anda masih tertidur pulas dengan selimut yang hangat. Akan tetapi ketika Anda menjalankan puasa sebulan penuh, sahur sangatlah di perlukan, sehingga, niat sahur sangatlah perlu. Akan tetapi banyak juga yang mengalami kesulitan untuk hal satu ini. Hal yang bisa Anda lakukan adalah memasang alarm yang tepat. Sebelum Anda menyetel alarm, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui adzan subuh akan berkumandang, sehingga tidak akan tergesa-gesa sahur Anda.

Niat sahur di mantapkan dalam hati ketika akan beranjak tidur, sehingga ketika alarm Anda sudah berbunyi, tentu Anda akan tidak bermalas-malas untuk bangun, serta menunda jam sahur, tentu yang ada Anda akan keenakan tidur dan tidak jadi sahur, alhasil setelah bangun tidur, niat berpuasa pun berkurang karena perut Anda belum terisi sama sekali, dan di situ lah niat Anda sedang diuji.

Tahukah Anda jika hadirnya bulan suci ramadhan ini juga bermanfaat bagi Anda untuk lebih berhemat. Dibalik niat Anda untuk menjalankan ibadah puasa yang hukumnya wajib itu, tentu juga tersimpan banyak pahala yang sudah dijanjikan oleh Allah kepada para umatnya yang telah menjalankan perintahnya dengan baik. Sisi lain, Anda juga akan bisa berhemat, misalnya, biasanya setiap siang Anda membeli makan siang, nah jika Anda sedang berpuasa, tentu tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli makan siang, tentu Anda sudah bisa membayangkan berapa banyak uang makan siang yang dapat disimpan selama sebulan berpuasa. Sehingga uang makan tersebut bisa Anda tabung atau digunakan untuk keperluan lain yang tentu lebih bermanfaat. Karena sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang boros.

Saat berpuasa, yang Anda dapat tidak hanya menahan lapar dan haus saja, akan tetapi berpuasa dapat meringankan tugas organ pada pencernaan, tentu hal ini baik untuk tubuh Anda. Saat tidak berpuasa maka akan selalu makan segala sesuatu sebagai pengisi perut, baik itu hanya snack maupun makanan berat seperti nasi, justru pada saat kita berpuasa, maka organ pencernaan yang terus-menerus juga membutuhkan waktu istirahat sejenak agar kinerjanya bisa selalu optimal.

Bagi Anda yang sudah biasa menjalankan puasa, tak hanya puasa wajib di bulan ramadhan, tetapi Anda juga melakukan puasa sunnah tentu sudah mengerti manfaat puasa untuk kesehatan manusia, tentu manfaat yang terkandung sangatlah luar biasa. Yaitu sebagai berikut ini:

  • Ketika kita berpuasa, maka neutotropik yang diturunkan dari otak mengalami peningkatan. Sehingga tubuh manusia akan memproduksi sel otak yang lebih banyak dari biasanya, alhasil kinerja otak akan dapat meningkat, dan mengurangi stres yang sedang dialami manusia tersebut.
  • Ketika berpuasa, kadar kolesterol dalam tubuh pun juga akan mengalami penurunan, sehingga akan mengurangi resiko terhadap penyakit stroke maupun jantung. Bagi Anda yang sedang menginginkan tubuh langsing, bisa melakukan diet dengan berpuasa, sehingga akan ada dua manfaat yang di dapat serta dua niat sekaligus.
  • Pada saat berpuasa pun kesehatan akan menetralkan segala racun yang ada di tubuh dengan melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari pencernaan. Sehingga cadangan lemak bekerja membakar racun jahat yang ada di dalam tubuh.

Bagi Anda yang sudah niat sahur, akan tetapi tidak bisa bangun karena tidur lebih melelapkan daripada harus bangun sahur. Tentu hal ini sering terjadi karena sahur hukumnya tidak lah wajib, sehingga diantara manusia yang lainnya banyak juga yang mengabaikan hal ini. Tentu diantara kalian juga ada yang tidak bisa menahan lapar karena tidak sahur. Tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa tips agar tetap kuat puasa meskipun tidak sahur, yaitu sebagai berikut:

  • Bulatkan niat Anda untuk tetap berpuasa hingga berbuka nanti. Hal utama yang sangat berpengaruh adalah niat. Jika puasa diniati dengan hati yang kuat, maka Anda menjalani puasa pun juga terasa sangatlah ringan, seakan-akan tidak ada beban dalam berpuasa. Meskipun tidak sahur, jangan jadikan sebagai alasan untuk tidak melakukan puasa yang hukumnya wajib. Jika niat dalam hati sudah kuat, cobaan apa pun tidak akan menjadi suatu halangan.
  • Menyibukkan diri adalah salah satu cara untuk mempercepat waktu, dimana Anda tidak hanya duduk berdiam menanti waktu nya tiba untuk berbuka. Alangkah baiknya jika melakukan hal-hal positif dengan menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat, sehingga tidak terasa jam akan berlalu dengan cepat, dan tanpa disadari buka puasa sudah tiba.
  • Ketika puasa, Anda tidak dibenarkan untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan yang berat-berat, akan tetapi bukan berarti Anda bekerja dengan bertele-tele, hal itu sangatlah tidak benar. Lakukan pekerjaan sesuai kemampuan Anda, karena Anda tidak melakukan sahur, sehingga simpan sedikit tenaga, agar fikiran Anda bisa tetap fokus pada puasa, dan tidak terfokus pada es yang menyegarkan kerongkongan.
  • Puasa pun juga melatih diri untuk dapat disiplin waktu. Disiplin untuk bisa bangun pagi untuk sahur, beribadah tepat waktu, disiplin mengenai jam tidur siang untuk istirahat, jam untuk berbuka dengan tepat waktu serta disiplin lainnya.
  • Saat menjalankan ibadah puasa, siapa pun di haruskan untuk menjaga lisan, pendengaran, serta penglihatan yang dapat mengurangi puasa, tentu siapa pun tidak ingin hanya mendapatkan haus dan lapar tanpa dapat pahala saat puasa. Sehingga, jagalah ketiga indra tersebut. Jangan mudah marah, berburuk sangka, dan mulailah melapangkan dada dengan cara sabar atas perbuatan orang lain terhadap kita. Misalkan ada orang yang memfitnah, menggunjingkan kita, menghina dan sebaiknya, maka kita harus bisa menahan emosi, karena Anda sedang dalam puasa.

Meskipun makan sahur bukanlah hal yang wajib. Akan tetapi makan sahur juga aktifitas yang harus dilakukan untuk dapat mengawali puasa, sebab asupan makanan yang dikonsumsi pada saat sahur akan berubah menjadi bekal energi dalam tubuh kita selama berpuasa. Sehingga niat sahur sangat lah penting untuk memotivasi diri sendiri agar dapat menjalankan sahur dengan tepat waktu.

Tips Memperkuat Niat Sahur di Puasa Ramadhan

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.