liburan lebaran 2017

Lebaran adalah momen yang ditunggu oleh masyarakat di Indonesia. Biasanya saat momen tersebut bisa mengumpulkan seluruh keluarga, teman, dan juga banyak rekan yang biasanya sulit untuk berkumpul bersama. Sehingga memang dapat dikatakan selain acara reuni resmi, lebaran merupakan waktu yang pas untuk reuni tidak kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Saat lebaran tersebut, tentu saja merupakan hari libur nasional karena merupakan hari besar yang dirayakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang beragama Islam. Adapun liburan lebaran 2017 tahun ini jatuh pada tanggal 25-26 Juni 2017.

Sebelum merayakan lebaran, ada bulan ramadhan yang merupakan bulan dimana semua masyarakat yang beragama Islam diwajibkan untuk berpuasa. Hal tersebut dilakukan selama satu bulan tepat dan diakhiri dengan lebaran yang merupakan tanda merayakan selesainya lebaran dan juga terlahir bersih kembali karena berpuasa dan bulan ramadhan dipercaya sebagai bulan yang tepat untuk meminta ampun pada dosa yang telah diperbuat dan bulan untuk menimba pahala. Puasa sendiri adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan dengan tidak makan dan minum apapun dari subuh hingga adzan maghrib berkumandang. Dan hal tersebut dapat dilakukan selama 1 bulan tepat hingga munculnya hilal yang menandai datangnya lebaran.

Liburan lebaran 2017 jatuh pada 25 hingga 26 Juni, sehingga kemungkinan besar untuk puasa akan mulai pada akhir Mei. Saat bulan ramadhan ini, ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dan merupakan sebuah tradisi yang telah berlangsung lama. Beberapa hal yang dilakukan saat ramadhan dan akan terasa beda karena situasi yang mendukung sehingga akan sangat dirindukan adalah:

  1. Sahur

Sahur adalah sarapan lebih awal yang dilakukan antara jam 3 hingga jam 4. Dimana waktu ini akan banyak tayangan puasa yang menemani sahur seperti acara kuis ataupun sinetron religi. Saat sahur biasanya akan banyak anak-anak yang berkeliling membangunkan sahur masyarakat. Sehingga akan terasa suasana sahur tersebut. Walaupun pada awal puasa akan terasa berat karena bangun di jam yang seharusnya masih tidur, tetapi hal tersebut akan menjadi terbiasa hingga akhir bulan puasa. Sahur ini juga dilakukan agar dapat mengisi tenaga karena seharian orang yang puasa tidak boleh untuk makan ataupun minum apapun. Sehingga bisa menjadi persediaan sampai saatnya buka puasa.

  1. Ngabuburit

Hal ini adalah tradisi yang ada di Indonesia yaitu menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan sebelum saatnya buka puasa. Hal ini dilakukan selama satu bulan penuh hingga saatnya lebaran yaitu pada liburan lebaran 2017. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit ini seperti misalnya:

  • Sebagian besar akan menghabiskan waktu untuk tadarus ketika menunggu waktunya buka puasa. Hal ini merupakan salah satu hal paling baik dan juga akan mendatangkan banyak pahala terutama saat bulan ramadhan dimana pahalanya akan dilipat gandakan.
  • Jalan-jalan sore dengan menghadiri berbagai undangan buka puasa bareng dengan teman-teman atau rekan kerja.
  • Olahraga untuk menghabiskan waktu dan merupakan masa yang tepat agar tidak terlalu capek dan akan boleh minum ketika saatnya buka puasa.
  • Masak bersama dengan keluarga menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga.
  1. Buka puasa

Merupakan sesuatu yang dilakukan ketika maghrib tiba dengan makan makanan atau minum terlebih dahulu. Untuk jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika buka puasa dan tips buka puasa yang benar adalah:

  • Minum minuman manis atau juga kurma untuk mengembalikan energi.
  • Minum atau makanan pembuka dan memberikan jeda untuk sholat magrib.
  • Makan besar setelah sholat maghrib.
  1. Tarawih

Kegiatan terakhir yang ada hanya saat bulan puasa dan akan terasa beda karena sebagian besar masyarakat berpuasa adalah sholat tarawih. Sholat ini dilakukan di mushola atau masjid terdekat yang didahului dengan sholat isya terlebih dahulu. Terdapat beberapa perbedaan rakaat untuk sholat tarawih, ada yang hanya 8 rakaat, 10 rakaat, atau juga 20 rakaat sholat tarawih yang akan dilanjutkan dengan sholat tarawih sebanyak 3 rakaat.

Setelah sebulan mengalami hal tersebut yaitu sahur, ngabuburit, sholat tarawih, dan juga buka puasa bersama. Biasanya sebelum hari raya, malam sebelumnya ada acara rutin yaitu takbiran. Ada banyak cara menyambut takbiran tersebut, biasanya untuk hari terakhir tidak akan sholat tarawih tetapi akan diganti dengan takbir bersama. Selain itu juga saat takbiran ada zakat fitrah yang harus dilakukan oleh muslim yang telah baligh. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan beras sebanyak 2,5 kg atau uang yang bernilai sama dengan beras tersebut dan kemudian memberikannya kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Sedangkan untuk menyambut lebaran besoknya, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Hal pertama yang dilakukan jauh sebelum hari lebaran yaitu ketika masyarakat sudah mengetahui liburan lebaran 2017 biasanya orang yang berada di luar kota akan mencari tiket untuk mudik. Dimana mudik merupakan salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh orang ketika lebaran tiba. Ada banyak cara untuk mudik lebaran ini seperti:

  • Naik kendaraan pribadi yaitu kendaraan motor atau mobil baik yang jarak dekat ataupun yang jauh.
  • Naik kendaraan umum seperti bis, pesawat, dan juga kapal laut.
  • Naik kendaraan umum yang gratis yang disediakan oleh banyak perusahaan sehingga tidak mengeluarkan biaya saat mudik dilakukan.

Setelah menyiapkan keperluan untuk perjalanan mudik, hal yang perlu dipersiapkan adalah hal untuk menyambut lebaran tersebut. Walaupun bukan keharusan tetapi umumnya lebaran di Indonesia akan disambut dengan menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Menyiapkan baju baru yang akan dipakai saat hari lebaran seperti setelan, sarung, mukena, dan juga bahkan sepatu baru.
  • Menyiapkan jajajan yang akan disajikan untuk tamu yang berkunjung kerumah. Dari kue kering lebaran seperti nastar, kue salju, dan masih banyak jenis kue lainnya yang bisa untuk disajikan.
  • Menyiapkan makanan yang enak ketika lebaran seperti ketupat dengan opor.
  • Menyiapkan uang kecil untuk diberikan kepada sanak saudara yang datang ke rumah.

Dan walaupun bukan keharusan tetapi hal tersebut memang menjadi salah satu tradisi yang ada di masyarakat Indonesia. Akan tetapi walaupun hal tersebut tetapi dilakukan, tetap saja masyarakat tidak boleh lupa untuk inti dari lebaran bukanlah barang yang baru tetapi melainkan hati yang baru karena telah berusaha menghapus dosa selama satu bulan penuh saat bulan ramadhan.

Setelah menikmati liburan lebaran 2017 beberapa hari, masyarakat biasanya harus kembali lagi kepada rutinitas biasanya yaitu bekerja, kuliah atau juga sekolah. Oleh karena itulah harus memanfaatkan libur saat lebaran dengan efektif. Karena libur lebaran tersebut bukan hanya dua hari lebaran saja tetapi biasanya ada cuti lebaran sebelum dan sesudah lebaran. Sehingga ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat saat cuti lebaran tersebut. Misalnya untuk liburan bersama keluarga dan agenda lainnya untuk dapat menghabiskan liburan bersama keluarga.

liburan lebaran dengan kendaraan