investasi emas

Emas menjadi bentuk investasi yang sejak dulu tidak pernah sepi peminat, terutama di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari tingginya jumlah transaksi dalam bentuk emas ini. Selain itu, faktor stabilnya harga emas juga menjadi alasan mengapa banyak sekali yang memilih investasi emas dibanding jenis investasi lainnya. Meskipun harga emas terkadang juga tidak stabil karena beragam faktor yang mendasarinya, tetap tidak membuat peminatnya sepi dan justru semakin bertambah.

Umumnya, kondisi ekonomi adalah alasan yang paling logis yang bisa menjadikan ketidakstabilan pada harga emas. Tentunya hal ini sangat beresiko bagi para investor, apalagi jika emas mengalami penurunan harga dengan presentase yang tinggi dibanding harga sebelumnya. Tidak dapat dipungkiri jika investasi emas juga tetap memiliki resiko yang tinggi di dalamnya sehingga membutuhkan tindakan antisipasi dari investor itu sendiri. Pada dasarnya, harga emas ditentukan dalam Dollar sehingga nilainya menjadi sangat fluktuatif.

Investasi dalam bentuk emas ini bisa dilakukan dalam ragam bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis emas yang bisa dijadikan sebagai investasi:

Jenis investasi berbentuk perhiasan sudah dikenal sejak jaman dulu dimana banyak masyarakat yang mengandalkan kenaikan harga setiap tahun dari emas ini. Namun perlu diketahui bahwa menginvestasikan uang dalam bentuk emas perhiasan cukup beresiko lantaran adanya biaya pembuatan yang perlu dibayarkan. Setiap emas perhiasan melalui beragam proses pembuatan sehingga bisa menjadi perhiasan yang cantik dipakai, dari sinilah mengapa pelanggan harus membayar biaya membentuknya. Semakin berat emas tersebut, maka semakin besar pula biaya pembuatan perhiasan yang perlu dibayarkan. Tak sampai disitu saja, nantinya biaya pembuatan ini tidak akan dihitung jika Anda melakukan penjualan emas perhiasan tersebut dan hanya dihitung berdasar kadar emas dan beratnya saja.

Investasi dalam bentuk emas batangan belakangan ramai dibicarakan oleh masyarakat. Hal ini sungguh beralasan lantaran nilai investasi dari emas batangan lebih tinggi dibanding dengan emas berbentuk perhiasan. Emas batangan juga bisa memberikan rasa aman bagi investor karena dengan emas batangan beserta sertifikat, bisa dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman. Di Indonesia sendiri emas batangan dari pemerintah adalah dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang Tbk.

Koin emas menjadi pilihan investasi lainnya yang juga tak sepi peminat. Bahkan investasi dalam bentuk koin emas sudah dikenal sejak jaman dahulu sehingga tak heran jika kini banyak koin emas antik yang diburu oleh para kolektor dan investor mengingat harganya yang semakin naik. Harga koin emas antik akan jauh lebih tinggi dibanding koin emas biasa dan naik dari tahun ke tahun sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi. Jika Anda berminat untuk investasi ini, usahakan melakukan transaksi dengan agen, atau orang yang memang bisa dipercaya demi menghindari penipuan yang kerap terjadi.

Itulah 3 Jenis Pilihan Untuk Investasi Emas Sesuai Kebutuhan

Itulah beberapa jenis emas yang bisa dijadikan untuk investasi. Harga emas memang cenderung naik dibandingkan turun sehingga tak heran jika kini banyak yang berminat investasi emas demi masa depan. Investasi ini juga bisa sebagai bekal simpanan untuk masa depan mengingat harga emas yang cenderung stabil. Hindari menerima tawaran investasi dimana Anda harus menyerahkan uang terlebih dahulu tanpa transaksi yang jelas karena bisa jadi hal tersebut adalah investasi bodong yang bisa merugikan.