4 Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk Secara Efektif

Siapapun tentu tidak akan lepas dari yang namanya hutang, berhutang sejumlah uang adalah situasi wajar sebab bisa jadi keuangan tersendat. Asalkan dikelola dengan benar maka hutang tersebut bisa segera dibayarkan supaya tidak semakin menumpuk. Sayangnya tidak sedikit orang melakukan kesalahan dengan mengambil hutang tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Apa akibatnya? Hutang pun menumpuk dan dikejar-kejar penagih yang bisa saja mengancam kenyamanan hidup. Jika sudah begini solusinya adalah segera mencari cara mengatasi hutang yang menumpuk dengan cerdas.

 

Kenali Waktu Terbaik Mengambil Hutang

 

Dengan mengambil hutang memang akan segera membantu mengatasi masalah keuangan yang selama ini Anda keluhkan. Akan tetapi hutang sendiri merupakan awal masalah keuangan baru sebab Anda memiliki kewajiban untuk membayarnya kembali. Biasanya pemberi hutang akan memberikan jangka waktu, jika beruntung Anda tidak perlu menyerahkan jaminan namun jika tidak maka jaminan dalam posisi di ujung tanduk. Baiknya kenali kapan hutang tersebut diambil dan kapan baiknya mencari solusi lain untuk mengentaskan masalah finansial tersebut.

Idealnya hutang diambil sesuai dengan keperluan, yakin kan diri bahwa hutang tersebut memang menjadi satu-satunya solusi. Namun sebelumnya pastikan sudah memiliki kemampuan untuk membayar hutang tersebut sesuai waktu yang dijanjikan. Kemampuan ini ditunjukkan dengan adanya pekerjaan yang memberikan gaji di tanggal yang pasti, sehingga bisa menjanjikan pembayaran hutang di tanggal penerimaan gaji tersebut. Jika memang menyerahkan jaminan maka anggap saja jaminan tersebut sudah bukan milik Anda jika memang tidak memiliki persiapan membayar hutang tersebut.

 

Penyebab Hutang Bisa Menumpuk

 

Kesalahan dalam memprediksi kapan waktu yang tepat untuk mengambil hutang membuat Anda diburu waktu. Penumpukan hutang tidak bisa dihindari jika memang menjadikannya solusi untuk semua masalah keuangan. Penyebab dari masalah penumpukan hutang ini beragam, diantaranya adalah:

  1. Tidak belajar hidup hemat,

Adanya hutang membuat Anda memiliki beban pengeluaran yang lebih tinggi dari biasanya sebab gaji bulanan akan langsung terpotong untuk membayar hutang. Maka jika tidak belajar berhemat bisa dipastikan hutang tersebut tidak bisa dibayarkan, dan akhirnya menumpuk tanpa disadari.

  1. Menghindari tanggal pembayaran,

Salah satu cara mengatasi hutang yang menumpuk adalah membayar setiap hutang yang dimiliki sesuai dengan waktunya. Anda memiliki dua hutang di tempat berbeda, beruntung jika tanggal jatuh temponya berbeda maka bisa didahulukan yang mana dulu. Namun jika tanggal pembayaran Anda anggap tidak ada dan memilih menghilang dijamin hutang tersebut jauh dari kata selesai. Jangankan selesai bahkan bisa jadi hutang semakin menumpuk dan bebas keuangan yang Anda miliki akan ikut membengkak.

  1. Menyelesaikan hutang dengan hutang lainnya,

Kalau Anda sudah mengambil hutang maka selesaikan dengan uang milik Anda sendiri, dijamin masalah hutang tidak sampai menumpuk. Banyak orang menjadikan hutang di tempat lain sebagai sarana membayar hutang lain yang terlebih dulu dimiliki. Akibatnya tentu hutang tidak terselesaikan dan bisa jadi bebannya semakin tinggi jika semua tempat Anda mendapat hutang menetapkan bunga. Suku bunga yang tinggi membuat Anda semakin sulit membayar hutang tersebut, lama-lama banyak orang menagih hutang pada Anda.

  1. Mengajukan hutang ke beberapa tempat sekaligus,

Pengambilan hutang memang bisa dilakukan dimana saja mulai dari bank sampai saudara dan tetangga sebelah rumah. Cukup obral janji akan dikembalikan tanggal sekian maka jika mangkir ada yang hanya mengelus dada ada pula yang menyewa debt collector ganas. Baiknya atur waktu Anda mengambil hutang, jangan sampai mengambil di beberapa tempat di satu waktu. Dijamin hutang menumpuk dengan cepat, saat uang tunai di tangan memang tidak terasa namun jika sudah habis barulah merasa kiamat sudah dekat.

 

Pahami Solusi Terbaik Mengatasi Penumpukan Hutang

 

Meskipun hutang yang Anda miliki terlanjur menumpuk namun jangan mudah berkecil hati sebab selama ada niat maka masalah bisa terselesaikan. Anda bisa memperoleh informasi atau menemukan cara mengatasi hutang yang menumpuk tersebut satu per satu. Memang awalnya berat dan terasa membuat hidup Anda jauh dari kata nyaman namun jika hutang sudah lunas satu per satu. Barulah manfaat atau keuntungannya terasa, orang yang bersabar dan mau menyelesaikan masalah yang sudah dibuatnya tentu dijamin mendapatkan kemudahan.

Merasa memiliki masalah yang sudah diuraikan di atas, maka Anda perlu menenangkan diri dan mencari cara terbaik mengurai masalah tersebut. Sekedar sebagai referensi, berikut beberapa pilihan cara yang bisa dicoba:

  • Menjual aset berharga yang dimiliki,

Mengikhlaskan aset berharga yang dimiliki untuk mengurai tumpukan hutang menjadi berkurang bisa dijadikan pertimbangan. Meski berat mengingat masa membeli aset tersebut butuh perjuangan, namun akan membuat hidup lebih lega. Pasalnya Anda tidak lagi dikejar hutang jauh lebih baik tidak punya aset namun bahagian, bukan?

  • Mencari pekerjaan tambahan,

Penghasilan yang tergolong minim bisa membuat Anda tergiur untuk selalu mengambil hutang, padahal penumpukan hutang rawan terjadi. Apabila salah satu penyebab hutang yang Anda miliki berkeliaran di sejumlah tempat maka usahakan mencari pekerjaan tambahan. Pekerjaan part time bisa dijadikan solusi supaya bisa memiliki sumber uang untuk mengembalikan hutang yang telah diambil. Jika belum terbiasa memang berat namun perlahan kondisi keuangan membaik dan Anda pun aman dari incaran para penagih hutang.

  • Meminta perpanjangan waktu dari pemberi hutang,

Supaya lebih mudah memikirkan solusi dan memiliki pula waktu yang cukup mengumpulkan uang guna membayar hutang. Tidak ada rugi dan salahnya jika Anda memberanikan diri meminta dispensasi untuk kelonggaran masa jatuh tempo. Perpanjangan masa pengembalian hutang ini akan memberikan selang waktu lumayan cukup untuk mengumpulkan sejumlah uang yang sesuai kebutuhan. Anda pun akan lebih tenang dan bisa konsentrasi mencari cara mengatasi hutang yang menumpuk yang paling pas.

  • Hentikan aktifitas berhutang,

Hutang yang Anda miliki bisa jadi tidak hanya dalam bentuk pinjaman uang tunai, misalkan saja Anda aktif memakai kartu kredit. Masalah hutang tentu tidak akan segera selesai sementara Anda masih asyik memakai kartu kredit. Baiknya tutup aplikasi kartu kredit tersebut untuk memangkas beban hutang Anda, penghasilan akan lebih hemat. Sebab Anda sudah bebas dari tagihan kartu kredit bulanan sehingga bisa dialihkan untuk membayar hutang yang sempat menunggak. Cara ini akan sangat efektif mengatasi penumpukan hutang yang Anda lakukan, dan bahkan efeknya cepat terasa.

  • Hiduplah apa adanya,

Ingin nya orang tentu bisa hidup mewah meskipun kemewahan tersebut didapat dari kegiatan berhutang, apakah Anda juga demikian? Pastikan Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih realistis dan hemat untuk menghindari sekian jenis hutang yang tagihannya membuat kepala pecah. Akan lebih baik jika hidup sederhana, meski tidak bisa memamerkan barang mewah setidaknya Anda tenang tidak terbebani tagihan rutin. Hidup apa adanya juga menjadi solusi atau cara mengatasi hutang yang menumpuk dan bisa dikatakan sangat efektif.

 

hutang yang menumpuk

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.