Donna Arifin adalah seorang wanita hebat yang sedang berada pada puncak karirnya sebagai Director of Marketing and Communications di UangTeman. Menjadi wanita karir yang sukses dengan jadwal yang super sibuk setiap harinya tidak menghalangi Donna untuk memiliki kebersamaan dengan sang buah hati. Bagaimana Donna membagi waktunya dan apa saja yang dilakukan untuk menyeimbangkan antara karir dan anak?

Berikut bincang-bincang UangTeman dengan Donna pada kesempatan yang sangat spesial:

Sebagai wanita karir, bagaimana Donna membagi waktu untuk dapat memiliki kebersamaan dengan anak?

Quality time dengan si kecil sangatlah penting bagi keseimbangan hidup saya. Diantara kesibukan kami berdua, yaitu bekerja dan sekolah, Sabtu dan Minggu adalah hari dimana kami melakukan hobi bersama. Selain itu, sebelum waktu tidur adalah momen khusus dimana kami akan bertukar cerita sebelum akhirnya si kecil berisitirahat melepas lelah.

Untuk mewujudkan kasih sayang kepada anak, hal apa yang biasanya dilakukan? Apakah ada semacam pemberian hadiah khusus dalam momen tertentu misalnya?

Cara saya mewujudkan kasih sayang kepada si kecil dengan cara yang paling dasar, yaitu dengan sentuhan dan ucapan. Sering kali juga berbentuk canda tawa di mana saya ajak dia bersenda gurau kemudian kami tertawa bersama.  Hadiah umumnya hanya saya berikan apabila si kecil berprestasi atau setelah dia menunjukkan upaya untuk meraih sesuatu yang merupakan ‘reward’ atas kerja kerasnya.

Menyambut hari valentine, apakah ada tradisi untuk menunjukkan kasih sayang ke anak?

Tidak ada tradisi khusus di hari valentine bagi saya dan si kecil. Akan tetapi dikarenakan hari valentine dekat sekali dengan hari ulang tahun saya. Biasanya si kecil memberi hadiah untuk saya yang merupakan buatannya sendiri. Tahun lalu si kecil memberi hadiah kliping kumpulan foto-foto kami berdua dan tahun sebelumnya si kecil membuatkan tulisan nama saya yang terbuat dari Lego. Si kecil mengerti  bahwa Ibunya lebih senang dengan hadiah yang dia buat sendiri dibandingkan sesuatu yang dibelikan.

Apa arti anak bagi seorang Donna?

Anak bagi saya adalah kebanggaan, masa depan, teman, murid, refleksi diri saya dan hal yang tidak bisa dideskripsikan dengan kata. Si kecil adalah pribadi yang akan meneruskan cerita dan mimpi kepada keturunan saya. Saya berharap ketika si kecil dewasa dan mempunyai keluarga sendiri di saat saya sudah tidak ada maka dia bisa bercerita banyak tentang saya kepada anaknya sebagai pribadi yang dibanggakannya.

Adakah tips khusus yang dapat dibagikan untuk mendidik buah hati?

Saya sendiri sebagai ibu juga masih dalam proses pembelajaran setiap hari.  Mungkin ini hanya sekedar catatan untuk diri saya sendiri. Saya selalu berusaha menuntun si kecil untuk ‘be his own unique self’.  Di umur yang sedang beranjak dewasa, si kecil kerap menghadapi situasi sosial di sekolah. Saya kerap mengingatkannya untuk teguh pada pendirian dimana ‘being assertive doesn’t mean that he is a bad person’. Ketika keadaan tidak memihak kepadanya, pilihannya dalam menangani situasi tersebut adalah tanggung jawabnya