Almamater adalah satu hal penting yang dipertimbangkan oleh perusahaan bergengsi sebelum pelamar dinyatakan layak atau tidak bergabung menjadi karyawan baru. Proses seleksi tentunya tidak luput dari seleksi administratif dimana berkas yang dikumpulkan berupa transkrip ijazah, transkrip nilai dan juga curriculum vitae. Semakin bergengsi almamater pelamar, semakin besar kemungkinan untuk lolos seleksi administratif dan menyingkirkan pesaing-pesaing lain. Biasanya, standar bagus tidaknya sebuah lembaga pendidikan di tentukan oleh status universitas terkait.

Indonesia adalah negara yang lebih mengakui kredibilitas universitas negeri dibandingkan dengan universitas swasta. Jika ada kesempatan untuk berkuliah di universitas negeri dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, kenapa tidak? Beberapa universitas negeri terbaik di Indonesia berada di ibu kota Jakarta. Apa saja universitas negeri di Jakarta yang menjadi favorit masyarakat Indonesia? Yuk, simak ulasan selengkapnya:

1. Universitas Indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan pamor Universitas Indonesia? Pada tahun 2015, UI menempati urutan kedua perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat 660 internasional. Berlokasi di Salemba Raya, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat. Para alumnus UI mendominasi perusahaan-perusahaan besar, instansi pemerintahan dan juga perusahaan atau lembaga berskala internasional. Pelayanan Universitas Indonesia memiliki banyak keunggulan antara lain komprehensif, modern, terbuka, multi budaya dan dinamis. Hal tersebut merupakan bukti kesiapan UI dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

2. Universitas Negeri Jakarta
Dahulu kampus ini bernama IKIP Jakarta. Terkenal sebagai lokasi para pendidik handal di ibu kota dan seluruh Indonesia. IKIP Jakarta berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan Keppres 093 tahun 1999 yang dirilis tepatnya pada tanggal 4 Agustus 1999. Berlokasi di Jalan Rawamangun Muka, Rawamangun, Jakarta Timur, UNJ terbukti mampu memberikan sumbangsih positif bagi para pendidik di ibu kota dan juga berkontribusi maksimal pada kepentingan masyarakat sekitar. UNJ memiliki cukup banyak jurusan dalam bidang alam, sosial dan juga kesenian dimana para alumnus memiliki kapasitas mendidik yang total dan siap terjun di tengah-tengah masyarakat.

3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Lebih dikenal dengan sebutan UIN Syarif Hidayatullah. Merupakan kampus negeri yang berlokasi di Jalan Haji Juanda, Ciputat, Jakarta. Kampus ini selain menjadi lembaga pendidikan yang kompeten juga merupakan media dakwah yang melahirkan bibit unggul berakhlaqul karimah, intelek dan up to date. Dengan begitu UIN Syarif Hidayatullah berkontribusi dalam menciptakan anak bangsa yang sempurna secara akhlak, sempurna secara intelektual, dan sempurna dalam menanggapi perkembangan zaman dengan cara yang positif.

4. Politeknik Negeri Jakarta
Berlokasi di Jalan Prof. Dr. G.A Siwabessy Jakarta. Politeknik Negeri Jakarta adalah satu-satunya kampus negeri di Jakarta yang fokus pada bidang teknik dan juga manufaktur yang tujuannya adalah untuk mengembangkan industri dan manufaktur yang ada di Indonesia. Politeknik Negeri Jakarta berperan aktif dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang mahir dalam bidang teknik dan juga manufaktur industri dengan tujuan kedepannya perindustrian di Indonesia akan semakin berkembang.

5. Universitas Pertahanan Indonesia
Terletak di Jalan Salemba Raya no.14 Jakarta Pusat dan merupakan universitas negeri di Jakarta yang berada di bawah naungan Departemen Pertahanan dan Keamanan secara langsung. Jika ingin mendalami seluk beluk ilmu pengetahuan mengenai pertahanan dan keamanan nasional, Universitas Pertahanan Nasional adalah pilihan paling tepat. Seleksi yang ketat dilakukan untuk menjaring masyarakat yang ingin memperdalam keahlian itu. Hanya mereka yang benar-benar kompeten yang akan menempati jumlah kursi yang terbatas di Universitas Pertahanan Indonesia.

Jakarta sebagai ibukota negara dan pusat pendidikan tentunya memiliki banyak universitas baik negeri maupun swasta. Uraian singkat di atas terntang 5 universitas negeri terbaik di Jakarta adalah hanya sejumlah kecil lembaga setingkat perguruan tinggi yang ada Jakarta. Mudah-mudahan uraian singkat di atas bermanfaat untuk Anda.