5 Pertimbangan Utama Masuk Universitas Swasta di Jakarta

Jakarta adalah Ibu Kota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Selain sebagai pusat pemerintahan, Jakarta adalah pusat pendidikan yang menghadirkan beragam fasilitas pendidikan mulai tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi bagi warganya. Letaknya yang sangat strategis membuat banyak sekali univesitas swasta yang berdiri, mulai dari Universitas Gunadarma, Univesitas Trisakti dan juga beberapa univesitas swasta lain

Jika Anda warga ibukota dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta, ada baiknya untuk memilih universitas yang tepat dengan menerapkan beberapa tips memilih universitas swasta di Jakarta berikut ini:

Ketahui asal usul kampus
Ini adalah salah satu langkah paling utama saat memilih kampus swasta di Jakarta. Akan jauh lebih baik jika Anda melihat bagaimana asal usul dari kampus yang akan menjadi pilihan Anda. Jangan pernah mudah tertipu dengan website yang mereka tampilkan. Karena ada beberapa kampus yang membuat website menarik dalam waktu yang sangat singkat dan memberikan informasi yang tidak benar. Untuk itu, ada baiknya untuk mengecek langsung kampusnya, lulusannya dan bagaimana akreditasinya

Jangan terjebak dengan potongan harga
Beberapa univesitas swasta di jakarta biasanya sering memberikan potongan harga dengan diskon yang murah untuk awal tahun ajaran yang baru. Anda jangan pernah terjebak dengan potongan harga ini, karena ini sangat menyesatkan.Akan jauh lebih baik jika Anda melakukan pengecekan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan apakah ada izin operasional dari univesitas ini, bagiaimana lulusan dari univestitas ini, apakah banyak dicari oleh perusahaan asing atau lokal. Anda juga harus mengetahui bagaimana fasilitas mulai dari gedungnya hingga ketersediaan dari tenaga dan dosen yang mengajar apakah mereka sudah masuk dalam kualifikasi atau tidak untuk mengajar.

Baca juga: Alternatif Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Amerika

Tanyakan pada orang terdekat
Jangan pernah malu untuk bertanya pada orang terdekat Anda, entah itu pada kakak, teman atau saudara Anda yang melanjutkan ke perguruan tinggi atau universitas. Karena semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, maka akan semakin mudah untuk menentukan arah dan pilihan univesitas swasta yang menjadi pilihan Anda. Tujuannya adalah agar Anda tidak salah dalam memilih univesitas yang menjadi keinginan anda.

Budget sesuai dengan kemampuan
Akan jauh lebih baik jika anda menentukan budget yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda dan keluarga. Dengan sudah menentukan budget yang dimiliki, maka akan jauh lebih mudah untuk Anda bisa memilih universitas swasta yang bisa disesuaikan dengan kondisi dari keungan orang tua Anda. Usahakan jangan menentukan pilihan univesitas swasta favorit Anda padahal kondisi keuangan keluarga tidak bisa mendukung karena ini akan membuat Anda menjadi kecewa nantinya.

Lokasi kampus
Jika Anda sudah memilih untuk mendaftar di salah satu universitas swasta di jakarta, usahakan untuk mencari kost atau tempat tinggal yang lokasinya cukup mudah dijangkau. Karena jika Anda memilih kampus yang mudah dijangkau dengan lokasi tempat tinggal, maka akan berpengaruh dengan biaya akomodasi dan juga transportasi yang Anda keluarkan. Jika diperlukan usahakan untuk memilih kampus yang jarak dengan rumah atau kost setidaknya 5 hingga 10 menit.

Itulah beberapa pertimbangan dan beberapa tips yang harus Anda ketahui saat akan memilih universitas swasta di jakarta. Kiranya tips-tips di atas bermanfaat agar nantinya Anda tidak salah pilih dan menyesal pada saat sudah diterima menjadi salah satu mahasiswa baru di universitas swasta pilihan Anda.