4 Manfaat Tertib Membayar dan Cek Pajak Kendaraan

Rutin melakukan cek pajak kendaraan penting dilakukan oleh siapa saja yang merasa memiliki kendaraan, meski satu unit sepeda motor. Semua kendaraan memang memiliki biaya pajak dan sifatnya wajib dibayarkan sesuai tanggal yang sudah ditentukan saat membeli kendaraan tersebut. Pengecekan paling mudah dilakukan lewat STNK, namun jika bingung maka pengecekan bisa dilakukan secara online. Biaya pajak ini baiknya dibayar tepat waktu dan pastikan sudah menyiapkan dana yang dibutuhkan jauh-jauh hari.

Ada sekian jenis pajak yang diwajibkan pemerintah lewat Dirjen Pajak untuk semua Wajib Pajak, sehingga perlu dikenali. Beberapa jenis pajak hanya dibebankan kepada mereka yang memang menjadi Wajib Pajak dan dianggap mampu membayar pajak tersebut. Sementara beberapa lagi yang lainnya bersifat wajib secara serentak, dalam artian memang wajib dibayarkan apapun kondisi Wajib Pajak. Misalnya seperti pajak bumi dan bangunan dan juga pajak kendaraan.

Khusus untuk kendaraan, semua jenis kendaraan di Indonesia baik sepeda motor sampai mobil semua memiliki pajak wajib. Otomatis ketika membeli kendaraan Anda akan langsung memiliki beban pajak kendaraan tanpa terkecuali. Semakin baru motor tersebut maka nilai pajaknya semakin tinggi, begitu pula sebaliknya sehingga jika ingin pajak kendaraan rendah Anda bisa membeli kendaraan tua dan bekas. Sebelum membeli kendaraan perhatikan nilai pajaknya, supaya tidak kelimpungan mencari dana untuk melunasinya.

Tertib dalam membayar pajak, terutama pajak kendaraan akan membawa banyak dampak positif sehingga wajib cek pajak kendaraan secara rutin. Adapun manfaat tertib dibayarkan antara lain:

  1. Hati menjadi lebih tenang,

Pajak adalah sebuah kewajiban dan ketika sudah ditunaikan secara otomatis akan memberi rasa tenang. Anda yang menunggak pembayaran pajak ini dijamin tidak akan merasa tenang karena bisa jadi Anda merasa tidak aman. Padahal nilai pajaknya sendiri terbilang kecil sehingga tidak ada alasan menghindarinya dengan alasan tidak mampu dibayar.

  1. Kendaraan aman melenggang di jalan raya,

Kalau pajak kendaraan tidak dibayarkan tepat waktu maka dijamin resiko kena tilang akan sangat tinggi. Paling banter kendaraan ini hanya bisa dipakai melewati gang sempit sebagai jalan tikus menuju lokasi tujuan. Bermain petak umpet seperti ini tentu jauh dari kata nyaman, maka segera tunaikan kewajiban Anda satu ini. Supaya kendaraan pribadi yang dimiliki aman menyusuri semua jalan raya bahkan sampai keluar kota, aktifitas Anda pun tidak akan terganggu.

  1. Keuangan yang menjadi lebih sehat,

Pajak kendaraan sendiri terbagi dua, yakni pajak STNK yang dibebankan per tahun sekaligus pajak BPKB yang dibebankan per lima tahun sekali. Nilai pajak BPKB lebih mahal namun dengan jangka waktu lima tahun tentu bisa menabung dalam jumlah cukup. Ketika pajak kendaraan bisa dibayarkan tepat waktu maka menjadi tanda sektor keuangan Anda dalam kondisi sehat. Tidak akan kerepotan mencari sumber pinjaman tatkala tanggal pembayaran pajak sudah di depan mata.

  1. Membantu pemerintah mendapatkan pemasukan,

Pembayaran pajak dibebankan kepada semua pemilik kendaraan, semakin mewah kendaraan yang dimiliki semakin tinggi nilai pajaknya. Membayarnya secara tertib akan membantu menjaga pemasukan kas pemerintah. Proses pembangunan pun akan semakin lancar, toh dari uang yang Anda serahkan guna membayar pajak ini akan mendatangkan manfaat balik. Jalan lebih bagus, rata, dan tentunya meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Pastikan cek pajak kendaraan dengan benar supaya tidak terlambat dan anggaran yang disediakan pas.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.