pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah
pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah

Sumber : images.google.com

Pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah adalah kondisi di mana setiap negara di dunia memberlakukan wajib pajak bagi masyarakatnya, termasuk di Indonesia. Wajib pajak merupakan hal yang tidak bisa dihindari, meski bersifat memaksa namun manfaatnya bersifat masif karena ditujukan untuk kesejahteraan bersama seperti pembangunan dan peningkatan kemakmuran rakyat. Kesadaran masyarakat akan wajib pajak perlu ditimbulkan melalui ajakan-ajakan persuasif oleh pemerintah baik melalui media massa atau pun elektronik. Selain itu, sosialisasi mengenai jenis-jenis pajak juga penting dilakukan guna meluruskan persepsi masyarakat mengenai pajak.

Pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat di Indonesia menganut sistem self assessment, yang artinya direktorat jenderal pajak memiliki kewajiban untuk melakukan penyuluhan dan pengawasan secara sistemik kepada masyarakat. Dalam rangka merealisasikan tugas tersebut, direktorat pajak dituntut untuk memberikan pelayanan seoptimal mungkin. Hal tersebut seirama dengan visi dan misi direktorat jenderal pajak di tanah air. Berdasarkan situs pajak.go.id, pajak berdasarkan lembaga pemungutannya terbagi menjadi dua, yakni pajak pemerintah pusat dan pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah. Sementara menurut sifatnya, ada dua macam jenis pajak, yakni pajak subyektif dan obyektif.

Pajak pemerintah pusat adalah pajak  bumi dan bangunan yang mekanismenya dikelola oleh pemerintah pusat. Direktorat jenderal pajak dan kementerian keuangan memiliki porsi paling besar dalam mengatur pajak jenis ini. Sementara pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah adalah pajak yang pengelolaanya diurus oleh pemerintah daerah, mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Segala hal yang berkaitan dengan urusan administratif pajak daerah maka pengurusannya akan berlangsung di kantor dinas pendapatan daerah atau pun kantor sejenisnya yang berada di bawah naungan pemerintah daerah setempat.

Jenis-jenis pajak pertambahan nilai yang dikelola oleh direktorat jenderal pajak yaitu :

  • Pajak Penghasilan (PPh)
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  • Bea Meterai
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Sementara pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah adalah sebagai berikut :

  • Pajak kendaraan bermotor
  • bea balik nama kendaraan bermotor
  • pajak bahan bakar kendaraan bermotor
  • pajak air permukaan
  • pajak rokok

Pajak bumi dan bangunan memiliki manfaat yang signifikan untuk menggenjot perekonomian suatu negara. Salah satu sumber penerimaan negara terbesar yakni berasal dari penerimaan pajak. Uang yang diterima negara dari pajak akan digunakan untuk pelbagai hal, seperti membayar upah pegawai negeri hingga hal-hal yang berbau dengan peningkatan pembangunan. Bahkan, kantor polisi dan TNI pun dibangun dengan uang pajak.

Tidak hanya itu, uang pajak STNK online yang diterima pemerintah juga akan disalurkan untuk Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM), biasanya bantuan yang diberikan pemerintah berupa suntikan dana yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha. Dana pajak juga akan didistribusikan untuk mensubsidi berbagai kebutuhan masyarakat seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan hal-hal lain yang sifatnya untuk mewadahi kepentingan bersama.

Melalui penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa begitu besarnya manfaat pajak kendaraan bermotor yang dapat dirasakan oleh masyarakat, ketaatan masyarakat pada wajib pajak merupakan syarat utama terciptanya sebuah kesejahteraan sosial. Kesadaran wajib pajak juga akan menggenjot kesenjangan ekonomi yang selama ini masih sering kita rasakan. Tak heran jika pelbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam wajib pajak seperti membebaskan biaya fiskal luar negeri bagi pemilik kartu Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah dan pusat bertujuan untuk memajukan sejumlah pembangunan yang masih tertinggal di daerah dan menyempurnakan pembangunan gedung-gedung pemerintah di wilayah pusat.

 Baca juga Kenapa Jumlah Utang Indonesia Terus Bertambah

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.