Harga Sembako yang Naik Menjelang Lebaran

Seperti yang kita ketahui tahu bahwa sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan nama sembako adalah bahan-bahan kebutuhan baik itu makanan atau minuman yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari. Jika sembako tidak ada, terganggu distribusinya atau bahkan stok yang menipis tentu akan berakibat pada kacaunya kebutuhan pangan penduduk indonesia. Sembako bisa didapatkan dengan mudah karena penyebarannya sangat beragam mulai dari warung kelontong, pasar tradisional sampai dengan swalayan dengan konsep modern.  Di momen Ramadhan seperti ini sudah jadi rahasia umum kalau semua harga akan melambung tinggi, terlebih lagi harga sembakoMengapa harga sembako menjelang lebaran selalu naik? Hal ini bisa jadi disebabkan karena tidak seimbangnya antara stok sembako dengan kebutuhan masyarakat, sehingga berimbas pada kenaikan harga sembako.

Jadi sebetulnya apa saja sembako yang sekiranya perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar kita tetap bisa memehuhi kebutuhan menjelang lebaran? Sesuai dengan keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan no. 115/mpp/kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998, berikut adalah sembilan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat:

  1. Beras dan Sagu

Beras dan sagu adalah salah satu sembako menjelang lebaran yang wajib kita beli. Keduanya adalah salah satu sumber karbohidrat yang nantinya akan menjadi energi bagi kita dalam melaksanakan aktivitas di hari raya Idul Fitri.  Untuk olahan beras biasa dibuat lontong ataupun di masak dalam bentuk ketupat.

  1. Jagung

Jagung adalah bahan makanan pokok yang tak kalah penting. Hal ini mengingat banyak sekali masyarakat Indonesia khususnya di wilayah timur yang mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok sehari-hari tak terkecuali saat hari raya Idul Fitri.

  1. Sayur Mayur dan Buah-Buahan

Sayur mayur dan buah-buahan juga tak kalah penting. Sembako menjelang lebaran yang satu ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Selain itu, sayur dan buah juga kaya akan serat yang membuat pencernaan kita semakin sehat.

  1. Daging (Sapi dan Ayam)

Olahan daging terutama daging sapi dan ayam memang dirasa menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari tradisi lebaran di Indonesia. Oleh karena itu, sembako juga mencakup daging yang biasanya dimasak menjadi berbagai makanan lezat seperti rendang, opor, kari dan lain sebagainya.

  1. Susu

Sembako yang satu ini biasanya tidak hanya diminum tetapi juga dicampurkan pada makanan seperti kue kering, kue basah dan minuman. Tak heran jika menjelang lebaran harga susu mengalami kenaikan mulai dari susu bubuk, susu cair sampai dengan susu kental manis.

  1. Gula Pasir

Gula adalah salah satu jenis sembako yang sangat dibutuhkan menjelang lebaran. Sama seperti susu, gula biasanya juga dicampurkan pada olahan makanan seperti kue atau minuman.

  1. Garam Beryodium 

Sebagai bumbu dapur yang wajib ada, kehadiran garam sebagai salah satu sembako menjelang lebaran juga patut dipersiapkan. Meskipun demikian, garam masih dihargai wajar di Indonesia, dan biasanya tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

  1. Minyak Goreng dan Margarin

Minyak goreng dan margarin adalah salah satu dari beberapa sembako menjelang lebaran yang harganya naik sejak bulan Ramadhan. Terlebih menjelang lebaran, kebutuhan akan minyak goreng dan margarin meningkat karena sangat dibutuhkan untuk memasak dan membuat makanan.

  1. Minyak Tanah atau Gas Elpiji

Mengapa minyak tanah atau gas elpiji jadi salah satu sembako yang sangat dibutuhkan menjelang lebaran? Hal ini karena sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih menggunakannya sebagai bahan bakar saat memasak, meskipun ada juga yang masih menggunakan tungku kayu bakar yang lebih tradisional.

Demikianlah uraian seputar kenaikan harga sembako yang sangat dibutuhkan menjelang lebaran. Sudahkah Anda mempersiapkan kebutuhan sembako menjelang lebaran?