Beberapa hari lagi lebaran akan tiba. Orang-orang, termasuk anda pastinya mulai mempersiapkan untuk mudik ke kampung halaman, agar bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di hari yang fitri. Terasa kurang rasanya, jika pulang ke kampung halaman setahun sekali ketika lebaran tiba tidak dilakukan. Apalagi, jika anda bekerja atau berkuliah di kota lain yang tidak memungkinkan anda bertatap muka setiap hari dengan keluarga dan sanak saudara.

Untuk itu, mudik menjadi suatu kegiatan spesial yang hampir tidak mungkin dilewatkan. Bagi anda yang tahun ini mudik lewat jalur darat, tentunya kemacetan adalah hal lazim yang dialami. Mengatasi hal tersebut, teknologi yang memanfaatkan smartphone untuk memudahkan perjalanan anda pun telah banyak beredar di pasaran.

Ada baiknya anda mengunggah aplikasi mudik berikut ini, agar anda dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman, baik itu sendiri maupun bersama anggota keluarga.

TMC Polda Metro. Sumber: IDNTime.com

TMC Polda Metro. Sumber: IDNTime.com

TMC Polda Metro

Aplikasi yang secara resmi diluncurkan oleh Traffic Management Centre Polda Metro Jaya ini sangat memudahkan anda yang mudik lewat jalur darat. Hal ini dikarenakan, aplikasi mudik tersebut dapat memberikan informasi mengenai kondisi jalan secara real time ke dalam genggaman anda. Sehingga, anda dapat mengetahui jalur mana yang terkena imbas macet ataupun yang cocok untuk pilihan perjalanan anda.

Selain itu, aplikasi TMC Polda Metro juga memberikan informasi mengenai kondisi jalan lewat CCTV yang tersebar di berbagai titik, yang tentunya dapat menjadi panduan bagi anda yang ingin mudik lewat jalur darat. Tidak hanya sampai di situ, aplikasi berbasis smartphone ini juga menampilkan informasi dari akun Twiter milik TMC Polda Metro yang cukup update tiap harinya. Sehingga, anda dapat membandingkan informasi yang lebih relevan. Sungguh aplikasi yang sangat membantu sekali.

Jasa Marga Live. Sumber: IDNTimes.com

Jasa Marga Live. Sumber: IDNTimes.com

JasaMargaLive

Bagi anda yang mengendarai kendaraan beroda empat untuk mudik melewati jalur darat dan seringkali menggunakan jalan tol, aplikasi mudik berikut ini cukup membantu. Diluncurkan secara resmi oleh pengelola jalan tol yang tersebar di seluruh daerah, aplikasi ini memberikan informasi terkini mengenai kondisi jalan berbagai jalan tol secara real time.

Nantinya, informasi akan ditampilkan dalam bentuk tampilan video CCTV dan juga teks yang mudah untuk dipahami pengguna. Dengan begitu, anda akan dengan mudahnya mengetahui kondisi jalur tol mana yang macet dan mana yang masih aman untuk dilalui ketika mudik. Sehingga, anda bisa dengan mudah menentukan jalur alternatif sehingga lebih cepat sampai di tujuan.

Baca juga: Harga sembako naik menjelang lebaran!

Waze. Sumber: digitaltrends.com

Waze. Sumber: digitaltrends.com

Waze

Aplikasi mudik selanjutnya yang perlu anda miliki di dalam smartphone adalah Waze. Berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya yang memiliki sumber informasi dari perusahaan dan juga pihak kepolisian, Waze memberikan akses informasi mengenai kondisi jalan raya sesuai dengan update dari sesama pengguna. Bisa dibilang, ini adalah perpaduan ciamik antara social media sharing dan juga GPS. Sehingga, tidak hanya anda dapat memantau jalur yang akan dipilih untuk mudik, anda pun dapat turut serta memberikan informasi mengenai jalur yang anda lewati.

Selain memberikan informasi arus jalan raya yang macet dan tidak, Waze juga menyedikan informasi mengenai kecelakaan dan juga keberadaan razia di jalan raya. Anda pun dapat dapat bersiap sedia dengan berbagai kondisi. Informasi yang ditampilkan lewat waze berbentuk grafis peta digital, yang tentunya nyaman dan gampang sekali digunakan.

Lewat Mana. Sumber: id.techinasia.com

Lewat Mana. Sumber: id.techinasia.com

Lewat Mana

Kemacetan seringkali terjadi dan susah untuk diprediksi. Hal inilah yang membuat Lewat Mana akhirnya diciptakan. Dengan memanfaatkan akses ke kamera CCTV milik TMC Polda Metro Jaya, aplikasi ini memberikan informasi terkini mengenai kondisi jalan raya secara real time. Yang membuat aplikasi ini unik, karena di dalamnya juga ditampilkan kumpulan tweet sesama pengguna jalan. Sehingga, data yang diberikan dapat lebih akurat dengan banyaknya sumber.

Fitur unik lainnya yang membuat aplikasi ini cukup dibutuhkan, yaitu fitur mengenai informasi lokasi bengkel terdekat dari beberapa brand mobil yang tersebar di berbagai kota. Sehingga, ketika keadaan darurat yang tidak diinginkan terjadi, anda dapat menelpon bengkel  tersebut, agar kendaraan anda dapat segera diservis.

Selain beberapa aplikasi di atas, aplikasi mudik lainnya yang tak kalah pentingnya untuk anda miliki adalah GoogleMaps dan juga My Prayer, yang dibutuhkan untuk penunjuk arah atau GPS dan juga pengingat jadwal shalat dan arah kiblat. Dengan begitu, ibadah sambil mudik pun dapat berjalan beriringan. Semoga selamat sampai tujuan.