Setelah sebulan penuh menjalankan puasa, momen hari raya Idul Fitri atau lazim dikenal dengan sebutan lebaran, kerap menjadi sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu. Hari besar umat Islam tersebut menjadi penanda hari kemenangan dan kembalinya manusia menjadi suci, karena selama bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia membakar habis dosanya selama setahun lewat ibadah puasa, shalat wajib 5 waktu, dan juga ibadah pendukung lain yang tak kalah penting seperti shalat tarawih dan juga tadarus.

Tentunya, di hari kemenangan ini, berbagai budaya khas lebaran pun bermunculan. Tak ayal, tradisi tahunan menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu untuk dilakukan ketika tanggal 1 syawal tiba. Salah satunya adalah ucapan lebaran. Tradisi yang satu ini nampaknya hanya terdapat di Indonesia, dengan meriahnya takbir yang berkumandang saat malam sebelum Idul Fitri tiba, biasanya orang-orang akan mengirimkan pesan singkat berupa permintaan maaf disertai dengan bermacam-macam bentuknya khas, yang biasanya berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Kegiatan ini biasanya berlangsung hingga keesokan harinya, saat Idul Fitri tiba.

Maaf-maafan sangat dianjurkan saat lebaran. Sumber: pro.pengusahamuslim.com

Berikut uangteman hadirkan 3 jenis ucapan unik yang ditemui saat lebaran, yang bisa menjadi referensi anda menyambung tali silaturahmi dengan teman maupun sanak saudara yang tidak bisa bertemu secara langsung dan saling bermaaf-maafan.

Diawali dengan pantun

Bentuk ucapan lebaran yang satu ini adalah yang paling lazim anda temui ketika lebaran tiba. Biasanya, isi pesan diawali dengan pantun yang diakhir dengan ucapan permintaan maaf di akhir pesannya. Cara ini cukup ampuh dan sepertinya tersebar di hampir seluruh Indonesia, mengingat pantun merupakan jenis sastra lama yang diajarkan di semua sekolah dasar di seluruh dunia. Bisa dikatakan, jenis pesan ini bersifat universal alias dapat dipahami oleh semua orang. Berikut adalah beberapa contoh pantun ucapan maaf yang dapat anda gunakan saat ketika hari kemenangan tiba.

Buah semangka buah kenari

Dimakan bersama oh daun mint

Pesan ini menjadi oh pengganti diri

‘Tuk ucapkan mohon maaf lahir dan bathin

Atau bisa juga

Daun kelapa dilipat-lipat

Diisi beras oleh yang punya

Lebaran bukan soal ketupat

Jiwa yang fitri itu yang utama

Selain beberapa contoh pantun berikut, anda pun dapat membuat sendiri ucapan khas dengan pantun milik sendiri. Cara yang paling mudah adalah menempatkan kata “mohon maaf lahir dan bathin” di akhir baris pantun, dengan pemanis seperti di atas.

Analogi humoris dengan sentuhan artis

Selain pantun, ucapan lebaran yang cukup awam digunakan oleh masyarakat Indonesia berisikan analogi yang humoris, dengan menggunakan nama artis hingga brand tertentu sebagai pemanis. Cara yang satu ini cukup efektif, mengingat maksud anda untuk meminta maaf tidak hanya tersampaikan, tetapi anda juga berhasil membuat si pembaca tersenyum tipis. Membuat orang tersenyum juga termasuk ibadah, lho! Berikut adalah salah satu contohnya.

Rio Febrian said “Ooh… Maaf, maafkan diriku”

Rubben Studdard said “This is my sorry for 2015”

Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku”

Elton John said “Sorry seems to be the hardest word”

But, I cordially would like to say “Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin”

Penggunaan nama artis terkenal seperti di atas, dirasa dapat membangkitkan kenangan dengan lagu-lagu yang populer. Dengan begini, anda dapat membuat si pembaca berdendang kecil sekaligus tersenyum karena kemiripannya dengan lagu yang ia kenal.

Sumber: ramdhan-ms.blogspot.com

Menggugah rasa lewat puisi pendek atau haiku

Jenis ucapan yang satu ini lebih puitis dibandingkan dengan dua jenis ucapan lebaran yang sebelumnya. Penggunaannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menciptakan diksi sederhana yang menggambarkan perasaan anda dan berusaha meminta maaf seikhlasnya. Dengan begitu, si pembaca akan membalasnya dengan perasaan ikhlas juga. Jika anda tidak tahu ingin memulainya dari mana, ini adalah beberapa contohnya.

Bila ada langkah membekas luka

Ada kata merangkai dusta

Ada tingkah menorah luka

Mohon maaf lahir bathin

Selamat hari raya Idul Fitri 1437 hijriah

Atau juga

Andai jemari tak sempat berjabat

Jika raga tak bisa bersua

Bila ada kata membekas luka

Semoga pintu maaf masih terbuka

Selamat Idul Fitri 1437 H

Cukup mudah bukan? Dengan begini, anda sudah siap mengirimkan sendiri ucapan lebaran khas anda sendiri. Anda hanya perlu mencari referensi lebih banyak lagi, dan anda pun akan lihai sebelum Idul Fitri tiba. Selamat mencoba.