Dampak Positif dan Negatif Hijab Fashion

Hadirnya hijab fashion adalah salah satu upaya untuk bisa menegakkan syariat islam. Hal ini karena seorang wanita diwajibkan untuk menutup auratnya agar tidak menjadi sebuah fitnah ataupun daya tarik yang memunculkan syetan yang membawa kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak orang masih beranggapan adanya dampak positif ataupun dampak negatif dari hijab fashion ini. Berikut beberapa informasi menarik untuk Anda terkait dampak serta solusi dari hijab fashion:

Dampak positif dari hijab fashion

Jika berbicara mengenai dampak positif, semua itu timbul berdasarkan dari apa yang telah diciptakan. Karena dasarnya adanya hijab fashion ini bertujuan untuk sebuah kebaikan, maka selalu banyak hal yang menjadi dampak positif bagi masyarakat khususnya wanita. Dampak positifnya adalah sebagai berikut:

  1. Wanita muslim akan bisa membawa harkat dan derajatnya di mata kalangan umum sebagai wanita yang perlu di hargai dan dihormati. Dengan adanya hijab fashion ini setidaknya banyak orang yang hendak berbuat jahat karena sebuah daya pikat pada akhirnya menjadi pudar.
  2. Wanita muslim akan bisa memperlihatkan sebuah karakter pengendalian diri yang baik dengan adanya rasa ke-Islaman yang tinggi. Anda akan bisa sekaligus berdakwah dengan perbuatan walaupun Anda tidak harus melakukan sebuah ceramah apapun. Hal ini karena dakwah yang disampaikan adalah melalui sebuah perbuatan.
  3. Wanita muslim akan semakin terlihat mana yang mampu membawa dirinya kepada sebuah kebenaran dan mana yang sedang berproses untuk diluar kebenaran yang sesuai dari ajaran Islam itu sendiri.
  4. Untuk pembuat fashionnya itu sendiri, para desainer akan mengambil manfaat dengan semakin meningkat daya pikirnya menjadi seorang desainer yang handal. Pada akhirnya produk-produknya bisa terus dinikmati oleh masyarakat umum khususnya wanita muslim.
  5. Sebuah dakwah yang tidak terlihat namun secara keseluruhan menggambarkan arti dari dakwah seorang muslim dari kalangan wanita. Dengan demikian keberkahan kepada para wanita dengan hijab fashion ini akan selalu terjaga sebagai manusia yang terhormat.

Dampak negatif dari hijab fashion

Selain dampak positif dari sebuah ide kreatif manusia untuk manfaat umat, maka selalu ada yang namanya dampak negatif yang bisa Anda rasakan. Beberapa klasifikasi dampak negatif ini bisa Anda lihat sebagai berikut:

  1. Wanita muslim ketika menggunakan hijab fashion akan memperlihatkan sebuah tatanan komunitas muslim yang luar biasa dan bisa berdakwah. Namun ketika wanita tersebut malah sengaja memperlihatkan keburukannya diluar karakter wanita muslim maka akan berakibat penilaian kepada pendidikan agama Islam yang dianggap tidak bisa mendidik muslimnya dengan taat.
  2. Desain yang semakin beraneka macam akan berpengaruh terhadap dampak yang sama layaknya seseorang yang tidak menggunakan hijab. Terkadang seorang laki-laki akan sangat bernafsu kepada seorang wanita yang menggunakan hijab fashion dikarenakan desain yang mencolok yang akhirnya membawa kepada sebuah permasalahan.
  3. Hijab fashion akan membawa kepada tatanan komunitas yang terpecah belah kembali dikarenakan munculnya aneka fashion yang baru. Dengan demikian, dampaknya akan bisa mempersatukan komunitas fashion itu sendiri ataukah malah menjadikan sebuah perpecahan baru antara sesama muslim.

Solusi untuk dampak negatif hijab fashion

Tentunya masih banyak lagi hal dampak negatif yang belum terlihat ataupun mucul ke permukaan. Oleh karena itu, perlu adanya berbagai macam solusi agar bisa mengantisipasinya. Berikut adalah solusi untuk dampak negatif hijab fashion:

  1. Perlu adanya sebuah penyuluhan kepada setiap umat muslim khususnya wanita muslim tentang pemahaman arti Islam itu sebenarnya terutama dalam hal fashion, sehingga akan memunculkan suatu pengertian dari setiap insan.
  2. Penyuluhan ini bukanlah dilakukan oleh satu komunitas saja, namun sudah saatnya dilakukan oleh berbagai pihak seperti ustad maupun ustadzah agar bisa memberikan wawasan yang lebih luas dengan adanya perkembangan fashion saat ini.
  3. Penyuluhan ataupun pemahaman akan bisa terjadi jika ustad ataupun ustadzah adalah seorang yang cerdas, bijaksana, memiliki pengetahuan Islam yang benar bukan sekedar karena ideologinya merasa paling benar. Ketika mereka bisa paham tentang manfaat hijab fashion ini maka secara garis besar pemberian pemahaman kepada semua umat akan tercapai.

Demikian gambaran tentang dampak positif dan negatif serta solusi atas hadirnya hijab fashion di tengah-tengah masyarakat terutama di kalangan wanita muslim.

Please follow and like us:
20