biaya kuliah universitas pelita harapan

Cara mendaftar beasiswa kuliah saat ini telah berbeda dari yang sebelumnya. Sebelumnya, cara pendaftaran beasiswa kuliah masih dilakukan secara manual, namun kini semua dilakukan secara online. Mungkin saja cara ini dinilai lebih cepat, praktis, dan efisien bila dibandingkan dengan cara manual. Bahkan, sponsor-sponsor beasiswa pun ikut berperan besar dalam menyeleksi peraih beasiswa kuliah online, baik untuk kampus-kampus di dalam negeri maupun luar negeri. Namun yang menjadi persoalan baru dari diberlakukanya pendaftaran beasiswa kuliah secara online yaitu para pendaftar dituntut untuk teliti khususnya ketika mulai mengajukan pendaftaran. Berikut cara mendaftar beasiswa kuliah online secara umum:

Mengecek Situs Sponsor                                                  

Setelah mendapatkan informasi seputar beasiswa yang cocok dengan kriteria kita, biasanya kita akan langsung mengecek website resmi dari penyelenggara beasiswa. Kemudian, kita akan mencari tahu bagaimana cara mendaftarnya plus apa saja persyaratannya. Nah, pastikan website yang kita akses adalah website resmi, bukan scam atau sejenisnya yang identik dengan unsur penipuan. Bagaimana cara mengeceknya? Lihat domain website-nya. Kemudian, periksa juga web ekstensinya,; apakah org, com, co.id, atau ac.id.

Membuat Akun

Membuat akun adalah langkah pertama ketika akan mendaftar beasiswa secara online. Ketika membuka website resmi sponsor, biasanya telah tersedia sebuah link khusus untuk keperluan pendaftaran. Biasanya link khusus ini dilengkapi dengan keterangan ‘register’, ‘apply’, atau ‘apply now’. Nah, link tersebut bisa langsung kita isi dengan cara membuat akun terlebih dahulu. Pastikan semua data yang diperlukan diisi secara lengkap dan benar.  Namun ada beberapa universitas, khususnya universsitas di luar negeri, yang hanya menyediakan akun tunggal saja. Akun tunggal ini nantinya digunakan juga untuk sekaligus mendaftar di universitas yang bersangkutan.

Mengkonfirmasi Email

Pelamar beasiswa juga wajib melakukan konfirmasi email pasca membuat akun dan mendaftar beasiswa secara online. Sponsor penyedia beasiswa biasanya akan meminta konfirmasi hanya untuk mengecek apakah alamat email yang kita sertakan benar-benar milik kita. Bahkan ada juga beberapa sponsor yang langsung melakukan pengiriman username dan password sebagai akses untuk log in. Jika kita tak kunjung memberikan konfirmasi, sudah pasti kita akan terkendala saat melakukan pengajuan pendaftaran beasiswa.

Baca juga: 8 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Menyiapkan Dokumen

Tahapan ini menjadi salah satu tahapan yang sangat penting. Pelampiran dokumen biasanya dilakukan dua kali, yaitu pelampiran dokumen secara fisik dan pelampiran dokumen dalam bentuk software dengan format Word, Jpeng, JPG, atau PDF. Jika perlu, lakukan scanning terhadap semua dokumen penting yang Anda butuhkan untuk mendaftar beasiswa secara online.

Mengunggah Dokumen

Tahap ini memerlukan kecermatan dan ketelitian. Setelah Anda melakukan log in dan Anda siap melampirkan semua dokumen yang dibutuhkan, unggah dokumen-dokumen dengan ukuran data yang sesuai dengan persyaratan. Pastikan Anda sudah mengunggah semua dokumen yang disyaratkan.

Melakukan Cek Ulang

Nah, tahap yang satu ini tergolong ringan karena Anda hanya perlu memeriksa ulang apakah dokumen dan persyaratan-persyaratan lainnya telah lengkap. Jika semua persyaratan telah lengkap, aplikasi siap dikirimkan.

Mengirim Aplikasi

Mengirim aplikasi adalah tahap terakhir dari pendaftaran beasiswa kuliah online. Anda hanya perlu mengklik keterangan ‘kirim’, ‘send’, atau sejeninya. Jika memang tidak ada kendala, Anda akan mendapat notifikasi bahwa aplikasi Anda telah sukses terkirim. Jika sudah melalui tahap ini, Anda hanya perlu menunggu jawaban saja.

Demikianlah tahapan atau prosedur yang harus dilalui jika Anda ingin mendaftar beasiswa kuliah online. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang hendak melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi.