9 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Ketika Puasa

9 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Ketika Puasa

Bulan Puasa tinggal beberapa hari lagi,tapi persiapan untuk puasa sudah harus dilakukan mulai dari sekarang agar puasa dan aktivitas kita lancar dan kesehatan kita tidak terganggu dalam menjalani puasa sehari hari.

Meskipun kita berpuasa kegiatan sehari hari harus jalan terus, sehingga kita perlu asupan  nutrisi yang cukup, ke banyakan masyarakat kita kadang sangat berlebihan dalam menyikapi waktu berbuka puasa atau sahur, apalagi biasa nya dalam bulan Ramadhan menu buka puasa atau pun sahur di buat lengkap .

Meskipun sahur dilakukan ketika kita lagi enak tidur, bukan berarti menu makanan sahur bisa seada nya , menu sahur sangat lah penting karena akan sangat menetukan energi yang akan kita dapatkan dalam menjalani kegiatan seharian.

Saat sahur sebaik nya kita melakukan beberapa tips yang di bawah ini

1.Sahur bisa di mulai dengan segelas air putih hangat, esok nya tubuh kita memerlukan banyak asupan cairan.Karena hal yang tersulit di tahan ketika kita berpuasa adalah rasa haus di banding dengan rasa lapar, karena seharian tubuh kita akan banyak kehilangan cairan.Sangat di anjurkan untuk minum air sebanyak 2 liter sehari pada waktu sahur dan buka puasa.

air-putih

2.Perbanyak makan sayur dan buah buahan yang bermanfaat untuk menghindari konstipasi  atau sembelit ,selain itu juga dapat banyak memberi kesegaran pada tubuh karena buah buahan dan sayuran itu banyak mengandung elektrolit

sayur

3,Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi pada waktu sahur akan bermanfaat untuk menghindari tubuh lemas dan mengantuk, karena zat besi membantu pasokan kadar hemoglobin dalam tubuh.

 

zat besi

 

4.Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti nasi putih atau roti gandum, karena akan membuat gula darah cenderung stabil.Makanan yang banyak mengandung zat gula akan membuat tubuh menjadi cepat lapar.

 

karbohidrat

5.Sebaik nya tidak menggunakan menu gorengan sebagai menu sahur, karena makanan yang di goreng cenderung untuk menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari, karena makanan yang di goreng akan menimbulkan kehilangan banyak oksigen pada makanan.

 

gorengan

6.Hindari memakan makan yang pedas atau berlemak , karena kan menimbulkan gangguan pada pencernaan.

 

cabecabean

7.Sangat dianjurkan untuk menghindari tidur setelah sahur, karena energi yang di hasilkan setelah makan hanya di pakai untuk tidur tidak di gunakan untuk beraktivitas.

tidur setelah sahur

8.Pakai lah porsi makan biasa jangan berlebihan dalam sahur, karena perut yang kekenyangan akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman

perut kenyang

9.Nikmati makanan, jangan terburu buru mengunyah, karena tubuh akan di paksa untuk memproses makan yang di kunyah secara terburu buru.Sehingga tubuh akan menjadi lemas karena tubuh tidak cepat menyerap nutrisi makanan.

 

baby_eat_melon1

.

 

 

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.