7 Persiapan Menyambut Idul Fitri 2016

Meski puasa Ramadan masih tiga miggu lagi, persiapan menyambut Idul Fitri 2016 sudah terasa di beberapa sudut. Pusat perbelanjaan hingga supermarket menyediakan paket khusus dan potongan harga edisi Lebaran. Ibu-ibu juga tak kalah heboh membeli kebutuhan seperti kue-kue kering dan baju baru untuk hari kemenangan tersebut. Mereka yang ingin menghabiskan Idul Fitri di kampung halaman pun rela antre untuk membeli tiket atau booking jauh-jauh hari sebelum kehabisan tempat.

Selain hal-hal di atas, apa lagi yang perlu kita persiapkan untuk menyambut Idul Fitri?

  1. Mempersiapkan Diri untuk Menyambut Idul Fitri

Saking sibuknya membuat daftar kebutuhan, kadang kita lupa untuk mempersiapkan diri sebelum Idul Fitri tiba. Dalam hal ini adalah kesiapan kita dari segi spiritual atau batin, bukan fisik seperti penampilan dan lain sebagainya. Kita bisa melakukan sebuah evaluasi tentang kegiatan atau hal-hal yang terjadi di bulan Ramadan. Tahapan persiapan ini dapat dilakukan sekitar tujuh atau sepuluh hari sebelum Idul Fitri sambil mengoptimalkan sisa bulan puasa yang tidak lama lagi akan berakhir.

  1. Membersihkan dan Menata Ulang Perabotan di Rumah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rumah kita pasti akan kedatangan banyak tamu pada Idul Fitri 2016. Sudah jadi kebiasaan juga bagi masyarakat di Indonesia atau belahan dunia lain untuk membersihkan rumah agar terlihat baru dan rapi. Selain itu, tata ulang juga perabotan yang ada di dalam rumah agar terkesan lebih luas. Sebab, di hari pertama Idul Fitri, kita pasti akan kedatangan teman atau kerabat dari berbagai kota dan biasanya mereka akan tinggal cukup lama untuk bersilaturahmi.

  1. Membeli Kebutuhan dan Melakukan Perawatan Tubuh

Tidak ada yang salah dengan membeli baju baru atau kebutuhan lainnya, selama tidak berlebihan. Agar pengeluaran tetap terjaga, buat daftar prioritas terlebih dahulu sehingga apa yang kita beli bisa dipakai dalam jangka panjang. Jangan cepat tergoda pula dengan diskon besar-besaran kalau sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkannya. Selain itu, perawatan tubuh juga perlu diperhatikan untuk mengimbangi batin yang sama-sama dibersihkan selama bulan Ramadan.

  1. Menyediakan Makanan dan Minuman untuk Lebaran

Ketupat, lontong, sambal goreng kentang, dan opor ayam adalah sebagian makanan yang akan hadir di Idul Fitri 2016. Makanan atau minuman apapun yang ingin dihidangkan nanti, kita harus persiapkan bahan-bahannya beberapa hari sebelum Lebaran. Selain itu, pastikan kita tahu jumlah perkiraan tamu yang akan berkunjung ke rumah. Jangan sampai makanan dan minuman yang kita sediakan kurang dan membuat kita tidak bisa menjamu tamu dengan baik.

Baca juga 6 Tips Mudik Bareng Dengan Mobil Pribadi

  1. Memberikan THR untuk Kerabat yang Masih Anak-anak

Memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) adalah tradisi yang sudah melekat dengan Idul Fitri. Biasanya mereka yang sudah memiliki penghasilan yang memberikan sejumlah uang untuk anak-anak. Jika kita sudah bekerja dan punya penghasilan lebih, tak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian untuk THR. Siapkan uang kecil beberapa hari sebelum Idul Fitri agar mempermudah kita dalam memberikan THR. Anggap tradisi ini sebagai bentuk syukur kita terhadap Allah Swt., karena kita masih diberi rezeki cukup.

  1. Merangkai Parcel Lebaran untuk Teman dan Keluarga

Idul Fitri 2016 juga tak akan lengkap tanpa parcel. Parcel merupakan bingkisan yang bisa diisi makanan, pakaian, dan produk-produk lainnya. Meski dipakai juga untuk acara lain, parcel sangat identik dengan Lebaran dan membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya bisnis. Daripada memesan, kita juga sebenarnya bisa merangkai parcel sendiri untuk teman dan keluarga. Selain menghemat biaya, kita pun dapat berkreasi sekreatif mungkin agar parcel terlihat menarik.

  1. Berbagi Rezeki untuk Orang-orang yang Kurang Mampu

Kebahagiaan baru terasa kalau kita membaginya dengan orang lain. Maka manfatkan hari suci seperti Idul Fitri untuk berbagi suka cita kita dengan orang-orang yang kurang mampu. Selain dengan melakukan zakat fitrah, kita juga bisa bersedekah. Maksimalkan kegiatan penuh amal ini selagi kita masih ada di bulan Ramadan. Sedangkan untuk zakat fitrah, waktu terbaik untuk mengeluarkannya adalah satu hari sebelumIdul Fitri 2016.

Demikian uraian singkat seputar persiapan dalam menyambut Idul Fitri 2016. Sudahkah Anda siap menyambut Idul Fitri tahun ini?