5 Tips Sehat Ketika Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Sebuah momen ketika Allah banyak menjanjikan banyak pahala serta keberkahannya untuk umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa yang terutama adalah belajar untuk mengendalikan hawa nafsu. Namun, untuk bisa mengendalikan hawa nafsu perlu adanya kesadaran yang tinggi dari hasil pemikiran mendalam dari arti puasa. Berikut beberapa tips sehat yang bisa Anda coba untuk ibadah Ramadhan:

Sholat khusyuk

Mengapa tips ini yang dipaparkan terlebih dahulu? Mungkin aneh, namun bagi yang sudah merasakannya tips pertama ini adalah pilihan tepat. Kesehatan utama adalah bersumber dari pikiran yang sehat. Pikiran sehat bisa terjadi dikarenakan adanya sebuah pemahaman. Pemahaman itu sendiri bisa terjadi jika kita terus mendalami dan menyelam di dalam ketuhanan. Setiap Muslim yang ingin sehat dari mulai pikiran, jasad, dan ruh maka lakukanlah sholat khusyuk. Karena Allah telah memerintahkan diri kita agar bisa “menegakkan” sholat sehingga kapan saja dan dimana saja sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk ingat kepada Allah. Salah satu media agar kita bisa belajar dekat kepada Allah dengan sholat khusyuk.

Ketika sahur dan berbuka selalu persiapkan kurma

Tips kedua adalah selalu mempersiapkan kurma untuk menjaga stamina ketika puasa Ramadhan. Di Indonesia, kurma sudah mulai tersebar bahkan di supermarket pun Anda bisa membelinya. Tapi jika kita bandingkan dengan kurma yang asli dan langsung dari pohonnya, dari hasil penelitian para ahli ternyata kandungannya berkali lipat luar biasa untuk meningkatkan stamina tubuh manusia. Yang sekarang saat ini Anda konsumsi itu sebenarnya masuk ke dalam kategori manisan kurma. Oleh karena itu, jika kita tidak bisa sempat mendapatkan langsung buah kurma, tips berikutnya adalah mengkonsumsi pisang emas. Karena nutrisi dari pisang emas tidak kalah dengan nutrisi dari kurma, hal ini berdasarkan berbagai macam penelitian oleh para ahli di Eropa.

Baca juga Tips dan Manfaat Ucapan Selamat Idul Fitri

Ketika shaur selalu banyak minum air putih

Untuk sahur biasakanlah untuk sering konsumsi air putih guna menghindari dehidrasi. Hal ini dibenarkan oleh banyak para ahli dan para ustadz. Selain untuk menghindari dehidrasi manfaat lainnya adalah membantu membersihkan fungsi organ tubuh Anda secara alami yang telah dipergunakan setiap hari untuk makan dan minum dari berbagai macam jenis makanan. Selain itu juga, membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh akan mengalami daya tahan terhadap penyakit lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Jika di dalam ilmu kedokteran itu bahwa minum minimal 8 gelas setiap hari di luar bulan puasa, bagaimanakah jika diterapkan dalam keadaan puasa Ramadhan? Maka hasilnya akan lebih luar biasa dari apa yang Anda bayangkan.

Ketika berbuka awali dengan air minum hangat

Berbuka puasa sebaiknya di awali dengan air hangat agar bisa menetralkan hawa panas yang ada pada tubuh dikarenakan reaksi perut yang kosong karena berpuasa. Untuk konsumsi minuman dingin, jika tubuh tidak kuat maka akan bereaksi berbahaya pada gangguan fungsi organ seperti liver, lambung, dan usus 12 jari. Oleh karena itu, sebaiknya untuk tetap sehat saat bulan puasa Ramadhan maka alangkah lebih baiknya untuk mengawali berbuka puasa dengan minum air  hangat.

Tidak berlebihan dalam makan

Berlebihan dalam makan adalah salah satu perbuatan yang tidak disukai oleh Rasulullah SAW. Perlu Anda ingat, bahwa puasa merupakan kegiatan untuk bisa memfasilitas Anda belajar mengendalikan hawa nafsu. Oleh karena itu, pengendalian utama adalah mengendalikan pola makan agar menjadi lebih sehat dan teratur. Tidak boleh berlebihan, terburu-buru, bahkan menjadi sebuah kebiasaan buruk ketika berbuka puasa Ramadhan segala macam yang dipersiapkan habis dalam sekejap. Hal ini akan merusak sistem metabolisme tubuh Anda, kinerja fungsi organ tubuh akan terganggu, dan beberapa permasalahan utama jika nafsu tidak bisa dikendalikan.

Itulah tips sehat yang bisa Anda dapatkan dari  uraian di atas dan semoga dapat bermanfaat untuk Anda selama berpuasa. Jika kita bisa mengendalikan hawa nafsu  maka hal tersebut akan menjadi salah satu upaya untuk bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, momen  puasa Ramadhan jangan sampai Anda sia-siakan untuk kebaikan dunia dan akhirat.