5-Tips Persiapan-Menyambut-Bulan-Ramadhan

Persiapan menyambut bulan Ramadhan sangatlah penting sebab berpuasa bukanlah ibadah yang mudah. Akan banyak godaan yang membuat orang enggan berpuasa atau tetap berpuasa namun masih berbuat maksiat. Nah, mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum datangnya bulan puasa, menjadi wajib Anda lakukan untuk seluruh keluarga termasuk anak-anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan keluarga Anda dalam menyambut bulan suci Ramadhan:

Persiapan Diri

Persiapan diri ini meliputi persiapan fisik dan mental. Agar Anda tidak kaget dengan ritme kegiatan selama bulan puasa yang pastinya berubah dari biasanya, sebelum bulan puasa persiapkan dengan sebaik-baiknya. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam persiapan ini antara lain:

  1. Biasakan untuk tidur tidak larut dan bangun maksimal satu jam sebelum Subuh sehingga saat puasa tiba, Anda sudah terbiasa bangun untuk makan sahur.
  2. Biasakan untuk shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat Subuh. Dengan begitu, selama Ramadhan, kebiasaan shalat berjamaah sudah terbentuk.
  3. Biasakan untuk puasa Senin Kamis. Dengan membiasakan diri berpuasa Senin Kamis, perut Anda tidak akan kaget saat harus berpuasa selama satu bulan penuh.
  4. Biasakan untuk membaca al-Qur’an di beberapa waktu senggang, terutama setelah shalat Subuh dan Maghrib. Kebiasaan seperti ini akan terbawa hingga bulan Ramadhan nanti.
  5. Biasakan untuk mendengarkan tilawah atau musik-musik rohani.
  6. Biasakan untuk selalu bershalawat dan beristighfar.

Persiapan Harta

Kebutuhan selama bulan Puasa pasti akan meningkat. Oleh karena itu, persiapkan harta Anda sedini mungkin. Beberapa kebutuhan yang biasanya akan Anda keluarkan antara lain, menu sahur maupun buka, pengeluaran zakat, acara-acara buka bersama, mengirim bingkisan lebaran, membeli baju lebaran, dan mudik. Mempersiapkan harta sedini mungkin akan meringankan beban Anda saat tiba waktunya dikeluarkan. Dalam hal ini, menabung adalah salah satu solusinya.

Persiapan Rumah

Selain fisik dan harta, rumah dan segala perlengkapannya juga perlu Anda persiapkan. Agar ibadah Anda semakin khusyuk serta lingkungan rumah menjadi segar dan sehat, bersihkan seluruh rumah. Ajaklah semua anggota keluarga untuk membersihkan rumah, mulai dari dapur, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan hingga halaman rumah. Jika memang diperlukan dan mempunyai cukup anggaran, cat ulang rumah untuk memberikan kesan segar dan baru.

Baca juga: 9 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Ketika Puasa

Persiapan Menu Makanan

Menu makanan memang menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dihilangkan, termasuk saat puasa. Justru pada bulan puasa, kebutuhan makanan yang sehat sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh. Oleh karena itu, memasak sendiri menu makan sahur dan buka sangat disarankan. Persiapkan semua bahan-bahan untuk menu tersebut dan masukkan dalam lemari es sehingga bisa digunakan dalam waktu lama. Dengan cara ini, selain Anda bisa memilih makanan yang menyehatkan untuk keluarga dan Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk makanan.

Persiapan untuk Anak

Hal yang paling tidak boleh Anda tinggalkan adalah menyiapkan anak-anak untuk bisa berlatih puasa. Ini memang merupakan tugas paling berat bagi orang tua. Namun, tugas tersebut harus dilakukan untuk mempersiapkan masa depan mereka. Sebagai permulaan, beri pengertian tentang pentingnya berpuasa. Kemudian, biasakan mereka dengan beberapa aktivitas selama berpuasa seperti pada poin pertama. Dorong mereka untuk menjalankan puasa dengan menyenangkan. Sebagai langkah awal, puasa setengah hari masih diperbolehkan. Selanjutnya, beri semangat untuk berpuasa penuh. Jika perlu, pemberian hadiah bisa dijadikan alternatif untuk memompa semangat mereka berpuasa.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Persiapkan sebaik mungkin keluarga untuk menyambut bulan Ramadhan. Jadikan bulan tersebut menjadi ladang pahala bagi Anda sekeluarga dengan segala persiapan menyambut bulan Ramadhan.