Blog uangteman

Pinjaman Online Cepat dan Terpercaya

5 Tips Belanja Hemat ala Ibu Rumah Tangga Modern

5 Tips Belanja Hemat ala Ibu Rumah Tangga Modern

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidaklah mudah terutama dalam hal perencanaan keuangan. Ibu rumah tangga perlu memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk membuat kebutuhan sehari-hari tercukupi untuk jangka waktu 1 bulan, Lalu, apa saja tips hemat belanja untuk ibu rumah tangga modern? Berikut adalah tips hemat belanja khusus untuk ibu rumah tangga yang bisa dipraktekkan di rumah:

Sistem amplop harian atau amplop 31

Anda bisa mengalokasikan uang yang dipotong dari pendapatan suami dengan sistem amplop 31 atau sesuai jumlah hari bulan berjalan. Masukkan uang dalam jumlah yang berbeda-beda untuk keperluan belanja bulanan, membayar biaya sekolah anak, dana cadangan, maupun keperluan lain yang biasa dikeluarkan dalam sebulan. Jika Anda merasa kesulitan di awal, Anda bisa membuat perbandingan awal terlebih dahulu terhadap pengeluaran yang terjadi di bulan sebelumnya.

Baca juga:

Buat perbandingan harga saat belanja

Ketika Anda mendatangi pasar atau supermarket untuk belanja, jangan lupa lihat perbandingan harga untuk setiap produk yang dibeli. Untuk pola perbandingan, Anda bisa memperhatikan beberapa aspek, seperti:

  • Manfaat dari barang yang akan dibeli, baik manfaat jangka panjang maupun jangka pendek.
  • Kualitas rasa yang dihasilkan, terutama jika yang dibeli adalah bahan makanan mentah.
  • Merek produk yang dibeli, baik untuk produk dalam maupun luar negeri
  • Tingkat ketahanan atau masa kadaluarsa produk yang dibeli.

Buat catatan belanja

Tips hemat belanja yang berikutnya adalah membuat catatan belanja berkala yang perlu dipastikan jumlah barang, jenis, dan lokasi pembeliannya. Hal tersebut untuk mempermudah Anda dalam membuat anggaran belanja di bulan berikutnya. Sebagai contoh Anda biasa membeli beragam sayuran segar di pasar A, maka di bulan berikutnya Anda masih bisa belanja di pasar yang sama kecuali Anda menemukan pasar lain yang harga sayurannya lebih murah.

Belanja produk diskon

Ketika Anda ingin dana yang semula dialokasikan hanya untuk belanja bulanan bisa ditabung untuk kepentingan pengeluaran lain, cobalah berburu produk diskon di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal. Namun demikian, agar Anda tidak mudah tertipu promo diskon produk tertentu, ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan, seperti:

  • Harga asli dari produk yang didiskon dan perbandingannya dengan harga produk yang serupa di tempat lain.
  • Pentingnya produk diskon tersebut untuk Anda dan keluarga. Jika memang tidak penting, Anda bisa menangguhkan pembelian barang diskon untuk membeli produk yang lainnya.
  • Ada tidaknya kecacatan pada produk yang dijual, misalnya saja untuk produk baju, Anda perlu menilai ada tidaknya sobek atau noda pada pakaian.
  • Sistem diskon yang diterapkan untuk barang, misalnya diskon dengan sistem prosentase atau wajib membeli satu barang dengan barang kedua bermerek sama mendapat diskon 10-50%.
  • Ukuran, tipe, atau merek produk yang didiskon. Kalau tidak ada ukuran atau tipe yang cocok, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli produk meski sedang ada diskon.

Minimalisir pemakaian kartu kredit

Ketika Anda mendapat fasilitas kartu kredit, manfaatkan kartu kredit tersebut dengan sangat bijak dan akan lebih baik jika Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Saat belanja dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa memilih belanja produk yang bisa dicicil dengan bunga 0%. Jika tidak, Anda bisa belanja dengan standar harga yang tidak boleh melebihi 30% dana kartu kredit setiap bulannya. Selain tips diatas, Anda perlu menekankan pada diri sendiri untuk tidak terbawa nafsu saat belanja dan hanya berbelanja sesuai kebutuhan serta kemampuan.

Semoga tips hemat belanja diatas bemanfaat dan bisa Anda terapkan dalam perencanaan keuangan rumah tangga Anda.

Please follow and like us:
20

Berita Terkait