Motif Ragam Hias

Sudah Tahu Ornamen? Ya, Ornamen atau yang biasa juga disebut Ragam Hias adalah bentuk karya seni rupa yang sudah ada dari dahulu kala. Tanah Air kita ini memiliki banyak kepulauan dan tentunya banyak ragam hias pula dari setiap pulaunya. Ragam hias di negeri kita ini juga memiliki pengaruh dari beberapa faktor seperti flora, fauna dan lingkungan alam. sebagai seorang individu pastinya memiliki keinginan untuk memperindah. Setiap Ragam Hias ataupun Motif Ragam Hias pasti memiliki arti bagi setiap pembuat dan pemakaianya. Ragam Hias juga motifnya ada 5 yaitu Flora, Fauna, Geometris, Poligonal dan Figuratif.

Flora

Ragam Hias ini menggunakan bentuk Flora sebagai objeknya. Pembuatan ragam hias ini juga dilakukan dengan macam macam cara salah satunya juga tentu natural. Selain itu, ragam hias flora ini cukup populer di indonesia dan merupakan salah satu ragam hias yang bisa anda temukan di seluruh indonesia. Motif ini juga biasanya dijumpai pada barang seni seperti tenunan, ukiran, bordir dan tentunya batik. Biasanya menggunakan bentuk seperti daun, akar, bunga, biji, tunas, ranting, buah atau pohonnya.

Fauna

Ragam Hias Fauna merupakan suatu ragam yang memilih objek seekor Fauna (hewan) sebagai ragam hiasnya. Pembuatan fauna dalam ornamen ini juga merupakan stilasi tidak seperti binatang yang natural tapi tetap hasilnya dapat dikenali bentuk dan jenisnya. Visualisasinya juga dikombinasikan dengan motif lain agar tidak sepenuh bentuknya Fauna (hewan). Biasanya juga jenis dari Faunanya Singa, Ular, Gajah dan Burung.

Ragam hias ini sudah mengalami perubahan tapi tetap tidak meninggalkan bentuk awalnya. Ragam hias ini biasanya digabungkan dengan motif flora. Nah, motif ragam ini biasanya dapat dilihat pada karya batik, sulaman, tenunan, anyaman ataupun ukiran dengan ini juga bisa memperkenalkan fauna fauna yang ada di indonesia timur seperti burung cendrawasih dari papua, gajah dari lampung dan komodo dari Nusa Tenggara Timur.

Geometris

Motif Ragam ini merupakan motif yang dikembangkan dari suatu bentuk geometris lalu di sesuaikan dengan keinginan dan imajinasi pembuatnya. Ragam ini merupakan ragam yang paling awal. Motif geometris ini awal mulanya berkembang dari teknik pembentukan garis, titik atau bidang dari yang sederhana sampai dengan pola yang rumit. Motif ini juga tersebar di seluruh wilayah indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua dan Sulawesi. Motif ini juga memanfaatkan unsur seperti lingkaran, segitiga, segiempat, garis lurus, garis lengkung dan sejenisnya. Ragam ini juga dibuat dengan menggunakan berbagai macam teknik seperti digambar, dipahat dan dicetak.

Poligonal

Motif ragam hias polygonal ini adalah sebuah bentuk yang tersusun seperti sebuah pola hias dan juga terbentuk dari susunan garis lurus yang saling terhubung lalu menyatu dalam bentuknya. Bentuk ini juga memiliki batas yang berwujud Triangle (segi tiga), Tetragon (segi empat), Hexagon (segi enam), Pentagon (segi lima). Ragam hias poligonal merupakan sebuah susunan yang berupa pola hias, menggunakan motif hias dalam bentuk dasar susunan garis lurus yang saling terhubung antara satu sama lain sehingga terjalin rangkaian yang menyatu serta mempunyai sudut dalam bentuk datar.Polygonal didasari dari sifat yang ditentukan oleh batas garis luarnya atau biasa disebut convex. Nah, fungsi ragam ini biasanya dibuat untuk suatu petunjuk bagi para arkeolog.

Figuratif

Ragam hias figuratif adalah suatu ragam yang objeknya menggunakan manusia dalam gambarnya untuk mendapatkan bentuk. Objek manusia disini juga memiliki beberapa unsur baik secara terpisah. Contoh dari ragam ini seperti Topeng yang secara utuh memiliki bentuk dalam pewayangannya. Biasanya ragam hias figuratif ini terdapat di bahan tekstil ataupun pada bahan kayu prosesnya pun dilakukan dengan cara di gambar.

Nah, banyak kan motif ragam hias dari negeri kita ini? Setiap daerah di indonesia tentunya memiliki keunikan dan khasnya loh. Tentunya kita sebagai anak bangsa harus mengetahui banyaknya ragam hias nusantara ya.

"everything will get easier when you make an effort"