4-Konsekuensi-Finansial-Ini-Harus-Kamu-Hadapi-Ketika-Memiliki-Tato

Meski sebagian masyarakat di Indonesia masih menganggap tattoo sebagai hal yang tabu, namun industri seni merajah badan ini juga memiliki perkembangan yang sangat pesat seiring dengan semakin banyaknya orang yang mulai menjajal menjadi seniman tattoo. Bukan hanya di Indonesia, dilansir dari laman usnews.com di Amerika Serikat industri tattoo pada tahun 2016 saja sudah dinobatkan sebagai salah satu industri yang bernilai milyaran dolar.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, industri penghapus tattoo juga tak kalah berkembangnya. Menurut marketresearchfuture.com, industri penghapus tattoo di seluruh dunia pada tahun 2022 mendatang paling tidak bisa mencapai 3,5 Milyar dolar US. Meski demikian, menghapuskan tattoo yang sudah menempel di kulitmu mungkin hanya salah satu dari sekian banyak konsekuensi finansial yang harus kamu hadapi ketika memiliki tattoo. Sebab hampir dalam setiap keputusan untuk membeli atau menggunakan produk tertentu pasti memiliki konsekuensi. Oleh karena itu, kamu harus selalu berhati-hati dalam mengambil segala keputusan finansial.

Menyesal dan Berniat Menghapus Tattoo di Kemudian Hari

Biaya yang kamu keluarkan untuk membuat tattoo tak seberapa besar jika dibandingkan dengan biaya untuk menghapusnya. Idealnya, biaya penghapusan tattoo ini akan memakan biaya hampir 4 – 5 kali lipat dari saat pertama kamu membuatnya. Hal ini pun juga tergantung akan ukuran, tingkat kesulitan dan lokasi tattoo tersebut di tubuhmu.

Beberapa orang yang berniat menghapus tattoo-nya beralasan kalau mereka ingin memulai karir yang lebih baik, sementara yang lainnya ingin menghapusnya sebelum anak-anaknya beranjak dewasa dan menjadikan gaya hidup bertato menjadi contoh yang kurang baik bagi anak-anaknya di masa remaja. Pasalnya banyak dari mereka yang membuatnya di usia yang sangat muda sehingga ketika beranjak dewasa gaya hidup bertato sudah tak lagi sesuai dengan gaya hidupnya yang sekarang.

Merasa Tak Puas dan Ingin Melakukan Cover Up Tattoo

Jika sebagian orang bisa menyesal memiliki tato, sebagian lagi akan merasa tak pernah puas. Mereka adalah orang dengan pikiran yang lebih terbuka, yang menganggap tato bukanlah penghambat karir jika memang mereka betul-betul memiliki prestasi yang bisa dibanggakan. Bayangkan saja, siapa yang bisa menyangka Ibu Susi Pudjiastuti bisa menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan padahal ia memiliki tato? Hal ini berarti ia dianggap mampu dan berprestasi sehingga dipercaya menjadi seorang menteri.

Beranjak dari persoalan Ibu Susi, banyak orang yang merasa kurang puas dari hasil yang diberikan oleh seniman tatonya di kemudian hari sehingga mereka ingin melakukan cover-up yang lagi-lagi memakan biaya lebih besar dari yang sebelumnya. Apakah kamu sudah siap dengan konsekuensi ini?

Harus Mengeluarkan Bujet Ekstra untuk Lotion & Sunscreen

Ketika kamu baru membuat tato, tattoo shop manapun akan merekomendasikanmu untuk menggunakan berbagai lotion untuk melindungi tatomu agar ia bisa cepat kering dan sembuh secara layak. Namun tak berhenti di sana, setelah benar-benar sembuh dari luka pembuatan tato, kamupun diharuskan untuk menggunakan lotion dan sunscreen yang memiliki SPF 70+ lebih banyak dari kondisi kulit normal tak bertato.

Jadi , siapa sangka kamu akan menghabiskan begitu banyak uang untuk perawatan kulit ketika pertama kali membuatnya?

Belum Tentu Lingkungan Kerjamu Mendukung

Satu hal yang pasti karena di Indonesia tak semua orang setuju dengan seni tato, maka sebelum memutuskan untuk membuatnya, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan kerjamu mendukung dan tak memiliki kebijakan terkait seni merajah tubuh tersebut. Sebab ketika kamu tetap membuatnya dalam lingkungan yang kurang mendukung, maka kamu sudah membunuh masa depanmu sendiri dengan mematikan karirmu.

Nah, sebelum memikirkan untuk mengukir tubuhmu dengan seni tato, apakah kamu sudah memikirkan keempat konsekuensi finansial di atas? Tapi tenang saja, apapun keputusanmu untuk tubuhmu kelak, dirajah tinta atau tidak, UangTeman tetap akan menjadi teman yang bisa diandalkan kapanpun kamu butuhkan. Jika butuh dana talangan sebelum gajian, pinjam ke UangTeman pasti #UrusanBeres!