Mudik merupakan rutinitas tahunan yang menjadi agenda rutin bagi orang yang berada di perantauan untuk sejenak kembali ke kampung halaman, dalam rangka menyambung kembali tali silaturahmi yang terputus akibat hampir setahun bekerja di kota lain. Kegiatan ini menjadi semacam agenda wajib yang keberadaannya hampir tidak bisa tergantikan.

Namun, bagaimana jika ternyata anda tidak dapat mudik di tahun ini diakibatkan berbagai alasan, seperti pekerjaan yang menumpuk, jalanan yang terlampau macet, atau harga tiket transportasi yang terlampau mahal? Tentunya hal tidak terduga seperti ini tidak seharusnya menjadikan silaturahmi tanpa mudik menjadi terhambat bukan? Untuk itu, Uangteman hadirkan beberapa cara agar silaturahmi anda bersama keluarga dan orang yang terkasih di kota asal tetap terjaga, walaupun anda tidak dapat mudik tahun ini.

Manfaatkan teknologi video call terkini

Perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, menjadikan batasan antar daerah hampir sirna. Semakin cepatnya akses internet dengan pembangunan fasilitas 4G, hingga program internet masuk desa, menjadikan komunikasi tidak lagi menjadi penghambat bagi anda yang ingin silaturahmi tanpa mudik. Oleh karena itu, jangan hanya diam saja melihat perkembangan teknologi yang semakin maju ini. Manfaatkan sebagai sarana bertatap muka dengan keluarga yang berada di kota tujuan, agar anda tetap dapat saling bermaaf-maafan di hari yang fitri ini.

Perhatikan juga untuk memperbarui aplikasi di smartphone milik anda dan juga keluarga yang berada jauh di sana, sehingga anda bersama mereka tetap dapat melakukan video call menggunakanan akses internet dengan aman dan nyaman. Beberapa aplikasi seperti Line dan Skype telah lama menyediakan fasilitas ini, agar anda dan keluarga dapat saling terhubung, dimanapun mereka berada.

Kartu ucapan. Sumber: bangladeshresults.wordpress.com

Berkirim kartu ucapan elektronik

Cara lain untuk silaturahmi tanpa mudik berikutnya adalah dengan saling berkirim kartu ucapan elektronik atau lazim dikenal dengan sebutan e-card. Teknologi ini sudah lama ada, tetapi jarang sekali digunakan. Padahal, lewat teknologi ini, anda dapat mengirimkan kartu ucapan berbasis e-mail dengan pesan suara dan gambar yang tentunya menambah kesan hangat dan dekat dengan keluarga yang berada jauh di sana.

Penggunaannya pun cukup mudah. Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi berbasi smartphone yang dapat anda gunakan untuk merangkai kartu ucapan dengan pesan suara atau video di dalamnya. Hanya dengan sedikit kreativitas, kartu ucapan elektronik versi anda pun sudah dapat diciptakan. Pastikan agar koneksi internet yang memadai telah tersambung di perangkat milik anda dan juga keluarga yang berada di kampung halaman.

Baca juga: Meraih untung di bisnis parcel lebaran

Social media sangat mungkin mendekatkan

Banyak orang yang beranggapan jika social media seringkali malah membuat orang yang dekat terlihat semakin menjauh. Padahal, jejaring sosial pada dasarnya diciptakan untuk saling mendekatkan anda dengan orang yang tidak mungkin bisa bertatap muka setiap hari. Manfaatkan teknologi berbasis smartphone ini, agar anda dengan keluarga di kampung halaman dapat silaturahmi tanpa mudik.

Saat ini, hampir semua jenis jejaring sosial menyediakan akses perekaman video sehingga anda dengan keluarga di kampung halaman dapat saling bertukar kabar dan bermaaf-maafan menggunakan aplikasi tersebut. Sebut saja Instagram, Twitter, dan juga Path. Masing-masing aplikasi ini sudah menyediakan akses gambar gerak tersebut.

Bahkan, baru-baru ini Facebook meluncurkan teknologi gambar 360 derajat, yang memungkinkan keluarga anda mengirim foto 3 dimensi. Dengan begini, anda bersama keluarga tetap bisa saling terhubung, bahkan terasa lebih dekat dari biasanya. Selain itu, anda juga bisa saling menggunakan aplikai Snapchat, agar anda bersama keluarga dapat saling berkirim video real time selama 5 detik untuk mengetahui kabar masing-masing.

Parsel. Sumber: giftssa.com

Berkirim parsel lebaran

Meskipun cara ini sudah lumayan lama dilakukan, mengirim parsel bisa setidaknya menggantikan anda yang tidak dapat berada di kampung halaman ketika lebaran tiba. Sedikit buah mata dengan surat yang anda tulis dengan tangan dapat menambah kesan dekat dengan keluarga. Sehingga, anda dapat mencurahkan semua perasan anda di dalamnya.

Selain itu, anda pun bisa menyelipkan foto elektronik dan video di dalamnya. Saat ini sudah banyak tersedia bingkai foto yang dapat ditancapkan dengan memory card untuk menampilkan foto dan video. Manfaatkan teknologi tersebut untuk mendekatkan anda dengan keluarga di hari yang fitri ini.

Walaupun silaturahmi tanpa mudik tidak bisa menggantikan kehadiran anda seutuhnya, setidaknya beberapa cara di atas dapat mengobati rasa rindu keluarga yang berada di kampung halaman. Sehingga, anda bersama mereka tetap dapat merasakan hari lebaran dengan lebih bermakna.