Intip-Yuk-Tips-Kembali-Bekerja-Pasca-Melahirkan

Kembali bekerja seusai cuti hamil dan melahirkan tentunya bisa mengakibatkan stress untuk sebagian perempuan. Tak hanya disebabkan adaptasi kembali dengan lingkungan kerja, melainkan juga bisa membuat para perempuan merasa ragu dengan perannya sebagai ibu sekaligus wanita karir. Dikala Anda tengah menikmati peran sebagai seorang ibu baru, namun kondisi memaksa Anda harus kembali bekerja di kantor, hal ini tentu merupakan keputusan yang sukar dilakukan. Perlu persiapan matang sampai akhirnya Anda bisa menerima keadaan Anda tersebut dan tidak lagi merasa bersalah sudah meninggalkan bayi di rumah saat Anda pergi ke kantor.

Tips Cerdas Kembali Bekerja Pasca Melahirkan Dengan Mudah

Ada beberapa tips cerdas kembali bekerja pasca melahirkan untuk membantu Anda agar mempersiapkan diri terlebih dulu sebelum bekerja kembali. Berikut beberapa diantaranya:

Mencari Dukungan dari Keluarga

Sebelum memulai bekerja kembali, Anda memerlukan banyak sekali dukungan dari keluarga maupun orang yang ada di sekitar, misalnya saja orangtua, suami, rekan kerja dan teman. Dukungan tersebut tentunya membuat Anda merasa kuat saat meninggalkan bayi. Dengan begitu Anda pun merasa tenang ketika harus kembali bekerja. Selain itu, pemahaman akan status baru dari keluarga dan orang sekitar dapat membantu Anda untuk dapat beradaptasi dengan keadaan Anda saat ini.

Pastikan Bayi Anda Dirawat Oleh Orang Yang Dipercaya

Tips cerdas kembali bekerja pasca melahirkan berikutnya adalah Anda harus memastikan jika bayi Anda di rumah dirawat orang yang dipercaya. Bila bayi dirawat pengasuh, alangkah baiknya Anda telah mengembangkan hubungan dengan baik bersama pengasuh bayi yang Anda pilih tersebut. Bicarakan dengan baik apa yang mesti dilakukan oleh pengasuh bayi Anda tersebut, tentang semua kebutuhan bayi Anda. Bila Anda sudah bekerja, sebaiknya luangkan waktu agar tetap berkomunikasi bersama orang-orang yang ada di rumah ketika Anda sedang di kantor untuk dapat menanyakan kondisi bayi Anda.

Baca juga: 5 Mitos Wanita dalam Sebuah Rumah Tangga

Persiapkan Kebutuhan Selama Anda Berpisah Dengan Bayi Anda

Meninggalkan si kecil saat usianya masih bayi, tentu memerlukan persiapan yang sangat banyak supaya semua keperluan bayi Anda pun bisa terpenuhi. Khususnya untuk Anda yang masih ingin tetap memberikan ASI meskipun sedang bekerja. Jangan sampai, saat Anda kembali bekerja di kantor justru Anda yang mengacaukan rencana pemberian ASI eksklusif pada si kecil. Selain itu, Anda bisa memerah ASI lalu menyimpannya di lemari es untuk persediaan selama Anda bekerja. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan botol atau kantong ASI dan alat pompanya sebelum bekerja kembali. Saat Anda telah bekerja, upayakan susui bayi terlebih dulu ketika Anda berada di rumah, meskipun dengan waktu yang singkat.

Mempersiapkan Diri Akan Rutinitas Baru

Sebelum mulai bekerja lagi, Anda sebaiknya sudah mengetahui berbagai hal yang seharusnya dilakukan. Berperan ganda sebagai seorang ibu sekaligus wanita karir tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Alangkah baiknya, Anda harus sudah mulai menyesuaikan rutinitas baru seminggu sebelum mulai bekerja, supaya Anda benar-benar siap untuk masuk kerja. Selain itu, bayi Anda pun sudah terbiasa dengan situasi dan keadaan baru ini.

Mempersiapkan Diri Bekerja Kembali di Kantor

Saat Anda mulai kembali bekerja, Anda mungkin akan menemukan berbagai kesulitan saat mengerjakan tugas. Di hari pertama bekerja, alangkah baiknya Anda menemui bos terlebih dulu lalu diskusikan pekerjaan apa yang mesti diselesaikan di kantor pasca Anda melakukan cuti melahirkan. Di samping itu, tak ada salahnya juga jika Anda turut meminta bantuan ke rekan kerja atau teman Anda.

Demikian beberapa tips cerdas kembali bekerja pasca melahirkan untuk membantu Anda menyesuaikan diri menjadi seorang ibu sekaligus wanita karir.

 

Please follow and like us:
20