Ini-Dia-Untung-Rugi-Ketika-Kamu-Belanja-Diskonan!

Siapa sih yang nggak bakal tertarik belanja kalo ada kata diskon, apalagi 50% ke atas? Tapi jangan keburu kalap, kita harus lihat dan cermati dulu beberapa hal, supaya malah nggak jadi rugi. Lho, beli barang diskon bisa rugi juga? Bisa banget, berbelanja diskon itu bisa mendatangkan keuntungan tapi bisa juga merugikan.

KEUNTUNGAN BERBURU DISKON

Dapat barang dengan harga lebih murah

Pernah gak naksir banget tas atau sepatu yang pas lihat label harganya bawaannya pengen nangis bombay? Nah, sambil nabung-nabung buat membeli barang inceran, jangan lupa untuk cek kapan toko tersebut memberikan diskon. Kalau beruntung, bisa saja suatu saat barang itu termasuk salah satu item diskon.

Lebih hemat untuk belanja bahan pokok bulanan

Kita bisa mempergunakan momen diskon, apalagi sejenis “buy 1 get 1 free”untuk menyetok kebutuhan bulanan rumah tangga seperti minyak goreng, perlengkapan mandi, snack dan makanan lainnya, atau perlengkapan bayi seperti susu formula dan popok. Penghematan yang bisa kita lakukan bakal lumayan signifikan, karena produk-produk ini secara rutin dipakai. Namun jangan lupa untuk selalu melihat tanggal kedaluwarsa dan masa pakai produk ya, agar tetap aman.

Cari tiket pesawat dan hotel untuk liburan

Selain membeli barang, momen diskon juga bisa kita manfaatkan untuk merencanakan liburan. Pesan tiket pesawat jauh sebelum tanggal keberangkatan biasanya harganya lebih rendah daripada 2-3 minggu sebelum apalagi beberapa hari menjelang keberangkatan. Begitu pula dengan hotel, banyak yang menawarkan voucher diskon menginap dan aneka paket akomodasi lainnya dengan berbagai kelebihan serta keuntungan.

Nah, selain keuntungan, kita harus berhati-hati agar jangan merugi gara-gara tergiur diskon.

KERUGIAN BERBURU DISKON

Tertarik beli clearance sale yang ternyata ex-display

Clearance sale biasanya memang dilakukan sebuah toko untuk menghabiskan stok barang, jadi diskonnya sangat menggiurkan. Tapi hati2 terutama untuk barang seperti sepatu dan baju, terkadang ada cacat atau pernah menjadi pajangan dan dicoba calon pembeli sehingga kondisinya seperti sudah terpakai. Apalagi untuk produk sepatu yang biasanya di-display hanya sebelah. Bisa-bisa ukuran kiri dan kanannya berbeda karena separuhnya sering dicoba pengunjung.

Membeli barang yang tidak dibutuhkan

Karena tidak membuat daftar belanjaan, niat semula hanya beli satu barang tapi karena mumpung diskon, jadi belanja beberapa barang padahal tidak dibutuhkan. Lebih menyebalkan lagi kalau barang awal yang dicari tidak dapat, tapi uang malah habis karena membeli beberapa barang lainnya yang kurang dibutuhkan saat ini.

Beli barang diskon yang harganya dinaikkan

Beberapa toko kadang melakukan trik yang menyebalkan dalam memberikan diskon untuk konsumennya. Harga normal barang dinaikkan, baru didiskon. Terkadang malah harga diskonnya lebih mahal dari harga normal. Nah, oleh karena itu, mengetahui harga pasaran barang, atau minimal harga normal benda yang akan dibeli, akan sangat berguna supaya tidak “tertipu” diskon.

Beli barang diskon yang sudah mau kadaluwarsa

Saat kita membeli berbagai produk terutama makanan dan produk perawatan tubuh, memastikan tanggal kedaluwarsa atau expired date masih cukup jauh sangatlah penting, kecuali kita memastikan bahwa akan menggunakan produk itu secepatnya. Jika dirasa tak sanggup menghabiskan produk sampai saat kedaluwarsanya sebaiknya tak usah membeli barang tersebut karena hanya akan menjadi pemborosan.

Beberapa hal di atas semoga membuat kita lebih berhati-hati dan tidak kalap ketika menghadapi diskon ya. Ingat, teliti sebelum membeli!