cashless society

Zaman sekarang, kemajuan teknologi sudah tidak dapat dibendung lagi. Manusia berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi kekinian yang bertujuan untuk memudahkan hidup. Salah satu contohnya adalah inovasi teknologi uang di Indonesia. Cashless Society, kalau kamu pernah dengar, kini banyak transaksi yang dilakukan tanpa menggunakan uang secara fisik. Memang, menggnakan electronic money yang tertanam di chip smartphone atau kartu memudahkan kita untuk bertransaksi. Tapi hal ini tentu saja memiliki kekurangan juga. Yuk, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

KELEBIHAN
Efisien

Dengan menggunakan uang elektronik, kamu tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana, lho! Artinya jika kamu akan melakukan transaksi dengan sejumlah uang yang cukup besar kamu tidak perlu repot membawanya kemana-mana. Apalagi kamu juga akan ketakutan bila membawa uang banyak di dalam bis kota atau taksi, bukan?

Aman

Kalau kamu salah satu orang yang menjalani rutinitas sehari-hari dengan menggunakan transportasi umum, maka uang elektronik bisa menjadi solusinya. Kamu tidak perlu membawa uang tunai setiap hari dengan jumlah yang besar. Cukup menggunakan uang elektronik, maka kamu akan aman dari incaran copet atau jambret.

Tap-in aja!

Seiring kemajuan zaman, kini membayar transportasi umum juga menggunakan uang elektronik. Hal ini memang sangat efisien dan memudahkan kita untuk tidak perlu mengantri panjang untuk membeli tiket transportasi umum. Cukup tap kartu yang terisi uang elektronik dan kamu sudah bisa naik transportasi umum dan melakukan segala aktifitas di ibu kota ini.

Banyak promo

Biasanya, kartu yang digunakan untuk uang elektronik bekerja sama dengan beberapa vendor seperti restauran, coffee shop, supermarket, dan masih banyak lagi. Kamu akan memperoleh beberapa keuntungan berupa promo dari instansi yang terkait, lho! Semakin banyak kamu menggunakan uang elektronik kamu, biasanya kamu juga mendapatkan promo secara gratis!

Mudah dilacak

Sebagai pengguna uang elektronik yang terhubung dengan data pribadimu, kamu bisa dengan mudah melacak jika terjadi kehilangan atau penyalahgunaan dana, lho! Hal ini sangat membantu karena jika kamu kehilangan uang elektronik berarti sama saja kamu kehilangan uang, bukan? Nah, kamu bisa melacaknya!

KEKURANGAN

Tergiur promo

Dengan begitu banyaknya vendor atau instansi yang bekerja sama dengan kartu atau chip yang mengeluarkan uang elektronik, tentunya semakin banyak pilihan produk yang bisa kamu beli dengan mudah. Dengan demikian kamu jadi kesulitan mengatur pengeluaranmu karena terkadang kamu tergiur dengan harga promo, bukan? Nah, disinilah saat dimana kamu harus bisa menahan nafsu belanja dan memanfaatkan uang elektronik dengan lebih bijak, ya!

Rentan diretas

Memiliki uang elektronik memang membantu memudahkan transaksi yang kita lakukan. Tapi tahukah kamu, kalau uang elektronik ini rentan untuk diretas atau dihack karena menggunakan sistem elektronik dan internet? Yup! Inilah salah satu kekurangannya. Jadi, baiknya kamu berhati-hati dalam menyimpan kartu atau device yang berisi chip uang elektronikmu, dan ganti passwordnya sebulan sekali supaya tidak jatuh ke tangan yang salah.

Impulsif

Tidak pegang uang tunai? Tetap bisa belanja beli ini-itu, kok! Tapi jangan salah, terkadang justru dengan menggunakan uang elektronik biasanya orang akan lebih impulsif dalam membeli sesuatu, bahkan membeli barang yang tidak dibutuhkan sekalipun. Jangan mentang-mentang kamu merasa tidak mengeluarkan uang tunai, lalu kamu menghamburkan isi saldo uang elektronikmu. Karena ini sama saja dengan menghabiskan uang tunaimu juga, bukan?

Terbatas

Walaupun mempermudah transaksi, tapi ternyata masih sedikit vendor atau outlet yang bekerja sama dengan bank penerbit uang elektronik. Kamu masih saja sulit menemukan outlet yang bisa dibayar dengan uang elektronik.

Well, masalah keamanan dan kemungkinan terjadinya kebocoran pada data pribadi individu memang bisa menyebar melalui jaringan komputer atau internet yang bisa berdampak negatif, baik secara ekonomi maupun non-ekonomi. Jadi, simpan dan gunakan uang elektronikmu dengan bijak, ya!