long-distance

Buat kamu yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR, pasti pernah berpikir bahwa kamu bisa lebih hemat. Alasannya, kalian tidak akan sering bertemu dan keluar bareng. Tidak ada yang namanya kencan nonton ke bioskop, makan di restoran hits, dan agenda jalan-jalan berdua.

Padahal, justru pasangan LDR seringkali butuh lebih banyak modal dibanding para pasangan yang berada di satu kota. Pulsa untuk telepon, paket data buat komunikasi rutin, dana tambahan demi mengirim kejutan, modal tiket perjalanan untuk ketemuan beberapa bulan sekali, dan hal-hal lain yang memang cuma kamu pejuang LDR yang paham.

Sesungguhnya modal pejuang LDR itu bisa sangat besar jika tidak dicermati. Bisa membobol tabunganmu jika kamu tak hati-hati. Karena itu, kamu harus simak beberapa tips yang semoga saja bisa membantu kamu, pasangan LDR, untuk menghemat pengeluaran. Semoga membantu, ya!

Anggaran pulsa

Komunikasi via telepon? Drama LDR terjadi, dan galau menyerang. Tapi, sebenarnya ini bisa dicegah andai kamu dan si dia punya jadwal kapan harus berkabar. Siapkan anggaran pulsa tidak lebih dari 100 Ribu per bulan. Dan atur jadwal komunikasi kalian. Misalnya, dalam seminggu itu kamu hanya akan telepon tidak lebih dari 2 kali. Dalam 2 kesempatan itu, masing-masing dari kalian harus berkomitmen untuk mengosongkan jadwal demi “phone date”. Di luar sesi phone date ini, kalian harus bisa merasa cukup dan puas berbincang melalui sms atau chat service, ya!

Anggaran untuk saling berkunjung

Terkadang kamu berkhayal andaikan pintu kemana saja milik Doraemon itu benar-benar ada. Pasti kamu tidak akan berjuang dengan susah payah untuk menahan rindu. Namun sayang, kenyataan harga tiket perjalanan untuk bertemu dia yang justru nyata ada di hadapanmu. Supaya tabungan kalian tidak bobol, cobalah untuk lagi-lagi menjadwalkan kapan harus bertemu. Kamu harus pintar-pintar mencari tiket murah yang sesuai kantong. Kamu ataupun dia harus rajin mencari tiket promo kereta juga pesawat. Pilih yang benar-benar efisien secara waktu dan materi, ya!

Anggaran kejutan

Siapa, sih, yang tidak ingin dapat kejutan dari pasangannya? Setelah seharian beraktivitas, tiba-tiba di kamar sudah duduk manis sebuah kartu pos, atau sebungkus kado yang dikirim dari tempat nan jauh di sana. Bukan hanya kamu yang merasa gembira menerimanya, dia di sana pun merasakan kegembiraan yang sama. Kamu dan pasangan bisa saja saling bertikar kirim hadiah, hanya ingat, jangan membeli hadiah terlalu mahal ya! Budget untuk hadiah ini hendaknya ditetapkan agar pengeluaranmu tidak membengkak.

Anggaran keluarga

Well, kalau kamu menjalin hubungan dengan si dia cukup serius dan sudah berlangsung lama, tentunya kamu juga menjalin hubungan dengan keluarganya, bukan? Walaupun tidak wajib dan sering, hendaknya kamu siapkan anggaran untuk membelikan sesuatu bagi keluarganya. Seperti misalnya, ketika ibu sang pacar sedang berulang tahun, jangan lupa untuk mengirimkan sesuatu atau kado khusus bagi sang calon mertua, ya! Anggaplah keluarganya keluargamu juga, dengan demikian hubungan kalian menjadi semakin erat dan semoga hingga ke pelaminan, ya!

Jadi, tak hanya perasaan yang dijaga ketika menjalani hubungan jarak jauh, tetapi anggaran juga, ya!