6-investasi-unik-yang-bisa-dilakukan-sejak-usia-muda

Siapa bilang investasi cuma buat orang dewasa dan yang umurnya udah tua? Remaja bahkan kids jaman now juga udah bisa diajak mulai berinvestasi lho, tentu aja dengan cara yang asyik dan unik khas dunia anak dan remaja.

Banyak dari kita yang berpikir kalo investasi tuh merupakan kata-kata yang serius, “berat” dan ribet, sehingga sewaktu ada yang bilang kalau ada cara buat berinvestasi sejak muda, pada nggak percaya. Tahu nggak sih, sebenernya beberapa hobi koleksi kita malah bisa jadi sumber investasi kalau dilakukan dengan cukup serius dan sabar. Jangan lupa,  sering bergaul bareng temen-temen dari komunitas koleksi juga bakal menambah ilmu dan wawasan tentang koleksi ini.

Mau tau nggak apa aja koleksi yang merupakan hobi sekaligus bisa jadi investasi?

  • Action figure

Figurine yang sering menjadi pajangan ini ternyata banyak menjadi koleksi. Gimana nggak, hampir semua tokoh film, musik dan animasi yang legendaris biasanya dibikin figurine-nya. Tentu saja yang langka bakal jadi buruan para fans dan kolektor. Mulai dari harga jutaan sampai milyaran rupiah dan hanya bisa diperoleh dengan cara lelang, ternyata jenis koleksi ini gak bisa kita anggap remeh untuk investasi.

  • Lego

Mainan sejuta umat ini ternyata bukan hanya dikoleksi oleh anak-anak, melainkan orang dewasa pun banyak yang memiliki koleksi lego. Jangan salah, gak jarang juga penggemar lego yang berusia dewasa ini menjadi kolektor serius, terutama untuk item langka. Set langka lego ternyata ada yang harganya sampai puluhan juta, bahkan mini figurine-nya yang limited edition dan diburu kolektor bisa berharga hampir 20 juta rupiah satu buahnya!

  • Replika kendaraan / Diecast

Koleksi replika kendaraan atau bahasa sehari-harinya mobil-mobilan juga ternyata bukan hanya hobi yang digeluti anak-anak. Banyak pria dewasa yang juga menyukai hobi ini. Untuk kolektor super serius dan punya kocek berlebih, ada koleksi super eksklusif dari miniatur mobil terkenal yang dibuat persis aslinya tapi berbahan logam dan batu mulia, hingga harganya mencapai lebih dari 40 milyar rupiah! Padahal harga mobil mewah aslinya, Lamborghini, “cuma” sekitar 3,3 milyar. Diecast ini dibuat dari serat karbon dan serat emas, beberapa bagian berlapis platinum dan menggunakan berlian untuk lampunya.

  • Kartu Basket / Baseball

Di Indonesia, jenis koleksi ini memang nggak terlalu ramai terdengar setelah era 90an saat kartu NBA menjadi trend, tapi sampai sekarang masih ada komunitas dan penggemar setianya. Harga kartu olahraga yang langka pun bisa diadu dengan koleksi lainnya. Kartu baseball termahal buatan tahun 1909 tercatat terakhir bernilai hampir 25 milyar rupiah! Sedangkan kartu basket ada yang mencapai 3 milyar di balai lelang.

  • Uang lama

Uang kertas edaran lama yang sudah nggak berlaku ternyata nilainya malah semakin menanjak, lho. Beberapa uang kertas rupiah cetakan tahun 1980-1990an saja ada yang sudah menyentuh harga jutaan rupiah per lembarnya. Jadi kalau nanti berganti desainnya, simpan baik2 uang desain yang lama ya!

  • Perangko

Meskipun hobi ini semakin jarang peminatnya, mengingat perangko udah cukup jarang dipakai secara luas, tapi koleksinya justru harganya makin mahal karena kelangkaannya. Harga terakhir sebuah perangko yang dilelang mencapai lebih dari 1 juta dolar atau lebih dari 13 milyar rupiah!

Nah, gimana? Ternyata koleksi yang sering dianggap iseng-iseng juga sumber investasi kan? Kalau mau serius tenyata bisa juga lho mendapat tambahan uang dari sumber ini, asal jangan sampai tertipu dengan barang tiruan ya!