5-resolusi-keuangan-2017-yang-wajib-kamu-catat

Tak terasa kini kita sudah berada di awal tahun baru 2017. Adakah resolusimu di tahun sebelumnya yang belum tercapai? Nah, inilah saat yang tepat untuk merumuskan resolusi 2017 untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Salah satu resolusi utama yang harus kamu prioritaskan untuk memulai tahun yang baru ini adalah resolusi keuangan 2017. Sebab resolusi keuanganmu adalah salah satu kunci untuk mengubah aspek kehidupan yang lainnya pula. So, berikut resolusi 2017 yang perlu kamu catat!

Memiliki Penghasilan Ekstra

Penghasilan tambahan merupakan penghasilan ekstra yang bisa kamu dapatkan di samping penghasilan dari pekerjaan utamamu. Penghasilan ekstra ini bisa kamu dapatkan dari hobi dan passion yang kamu miliki. Menulis, menggambar, menyanyi, bermain musik, menari, mengajar, dan banyak lagi hal lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan ektra. Kelak penghasilan ekstra ini dapat memenuhi kebutuhan hidupmu di kemudian hari.

Miliki Perencaan Keuangan Bulanan yang Strategis

Penghasilan ekstra saja tak cukup untuk memulai resolusi keuanganmu di tahun 2017 ini tanpa rencana keuangan bulanan yang strategis. Bayangkan kamu bisa menjadi sangat boros dengan memiliki penghasilan ekstra karena berpikir akan selalu ada tambahan dari gaji bulananmu. Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa membuat perencanaan keuangan bulanan agar keuanganmu lebih terkontrol dengan baik. Buatlah pos-pos pengeluaran yang rutin kamu keluarkan setiap bulannya. Misalnya seperti, uang transportasi ke kantor, uang makan untuk sebulan penuh, belanja bulanan, cicilan kendaraan, tabungan, dan masih banyak lagi. Buat juga batas atau anggaran bulanan untuk setiap pos-pos pengeluaran tersebut agar kamu memiliki acuan setiap hendak melakukan pengeluaran. Jangan sampai uang yang kamu keluarkan melebihi anggaran yang telah kamu buat.

Mulai Berinvestasi

Jika sebelumnya kamu belum paham dan belum tahu cara berinvestasi, maka tahun 2017 ini adalah saat yang tepat untukmu memulai semuanya. Tabungan saja belum cukup untuk menjamin masa depanmu. Banyak sekali produk investasi yang perlu kamu coba, mulai dari reksa dana, saham, emas mulia, properti dan masih banyak lagi. Investasi adalah langkah awalmu untuk mencapai masa kejayaan keuangan di tahun 2017 ini. Ayo mulai dari sekarang!

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Cara Mengatur Keuangan yang Wajib Kamu Baca!

Siapkan Biaya Pernikahan

Meskipun kamu masih jomblo, bukan berarti kamu tidak mempersiapkan dana pernikahan loh. Siapa tahu di tahun yang baru ini, kamu akan ketemu dengan jodoh impianmu. Nah, jika sudah saatnya nanti kamu gak akan lagi kelabakan untuk mempersiapkan dana pernikahan karena kamu sudah memilikinya dari jauh-jauh hari.

Jika kamu sudah menikah namun belum memiliki rumah sendiri, tahun ini adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan dana untuk membeli rumah impianmu. Bayangkan, berapa lama lagi kamu harus membuang-buang uangmu untuk menyewa rumah tinggal? Bukankah lebih baik jika uangnya digunakan untuk cicilan KPR demi keluarga tercinta agar mereka memiliki tempat berteduh yang layak?

Tabungan Hari Tua

Selain keempat poin di atas, tabungan hari tua juga merupakan salah satu resolusi 2017 yang harus kamu prioritaskan. Sebab siapa sih yang ingin masa tuanya kesulitan? Nah, untuk itu, tahun 2017 inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari dini. Sehingga kamu bisa menikmati hari tuamu dengan kondisi finansial yang aman. Jangan sampai di hari tua nanti, kamu malah merepotkan anak-anakmu karena tak memiliki persiapan yang matang.

Kelima poin di atas, merupakan resolusi keuangan tahun 2017 yang akan mengubah kehidupan finansialmu. Pastikan kamu melakukan yang terbaik untuk masa depan yang lebih baik ya. Selamat mencoba!