Perhatikan Ukuran Kadar Emas Sebelum Membeli Emas

Kini harga emas sedang dikabarkan mengalami penurunan beberapa persen. Tak elak jika kini banyak masyarakat sedang memburu logam mulia ini. Dapat diakui jika emas memang jenis logam mulia yang banyak diminati masyarakat. Selain sebagai perhiasan yang bisa dikenakan, emas juga bisa menjadi barang investasi yang mudah dan sederhana. Namun jika Anda akan membeli emas, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap ukuran kadar emas tersebut.

Di Indonesia sendiri, standar untuk kadar emas di toko emas sedikit berbeda dengan standar internasional. Untuk ukuran kadar emas 24 karat adalah 90% emas dan untuk kadar 23 karat adalah 70% serta untuk kadar 22 karat adalah 40% emas. Hal ini sangat berbeda dengan standar internasional yaitu dimana emas 24 karat adalah emas murni senilai 99,99% emas dan untuk 22 karat adalah 91,7% komposisi emas dan campuran bahan lainnya.

Sebelum membeli emas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. tujuan pembelian emas

tetapkan terlebih dulu tujuan untuk pembelian emas tersebut. Apabila Anda ingin melakukan investasi, ada baiknya memilih emas bentuk batangan atau koin dimana nilai intrinsiknya lebih besar. Sedangkan untuk jenis emas perhiasan namun juga diharapkan bisa menjadi tabungan, maka bisa memilih kadar emas yang tinggi sehingga nantinya nilai jual tetap tinggi dengan kemilau yang masih terjaga.

  1. Cek harga hari ini

Setiap hari, harga emas akan mengalami perubahan sehingga untuk mengetahui harga pasarannya, Anda perlu melakukan pengecekan di pasaran. Anda juga bisa membuka situs yang mengkhususkan diri pada informasi terkait harga emas yang sedang ada saat ini. Dengan mengecek harga, maka Anda bisa mengetahui harga yang sedang berlaku di pasaran sehingga bisa mempertimbangkan kembali.

  1. membeli emas

Sangat penting untuk mempertimbangkan tempat pembelian emas nantinya karena bisa sebagai tolak ukur kualitas emas yang Anda dapatkan. Pastikan membeli emas di toko emas yang telah memiliki reputasi yang baik dan jelas sehingga Anda bisa mendapatkan rasa aman selama pembelian karena minimalisir resiko penipuan. Perhatikan juga untuk harga jual kembali pada toko tersebut karena nantinya juga berpengaruh jika nantinya harga akan turun secara drastis.

  1. Cek kondisi fisiknya

Dalam pemilihan emas, diutamakan untuk segi tampilan yang tentunya harus baik tanpa noda pada bagian pori-pori. Beberapa toko mungkin akan memberi tahu jika hal tersebut sangat biasa, namun jika dilihat kembali, ini adalah tanda jika emas tersebut belum dicuci secara benar sehingga masih memiliki noda kimia di fisiknya. Jangan abaikan juga terkait goresan, cekungan hingga kecacatan lainnya yang mungkin ada, terutama jika Anda membeli emas perhiasan.

  1. Simpan emas dengan benar

Setelah melakukan pembelian, emas juga perlu disimpan dengan baik sehingga kualitas dan kebersihan emas bisa tetap terjaga. Jika emas yang dimiliki tergolong banyak, maka Anda bisa menyimpannya di bank, namun jika sedikit maka Anda bisa menyimpannya di tempat tertentu yang tersimpan dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menyimpan surat pembelian emas yang didapat dari pembelian emas tersebut. Di surat tersebut biasanya ada keterangan ukuran kadar emas, harga dan lain sebagainya. Surat emas ini bukan merupakan surat biasa karena jika surat ini hilang, nantinya harga emas bisa turun secara drastis ketika dijual kembali.

ukuran kadar emas di indonesia

 

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.