Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas dan Logam Mulia

Investasi merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Hal ini lantaran mengandalkan tabungan di masa seperti sekarang ini sudah teramat sulit mengingat tingkat inflasi yang kerap terjadi sehingga membuat nilai uang menjadi semakin sedikit. Investasi emas merupakan cara yang kerap dipilih oleh masyarakat lantaran investasi ini sangat mudah dan sederhana. Meski begitu, harga emas dan logam mulia hari ini, kemarin dan besok bisa sangat fluktuatif sehingga kerap menyulitkan pelaku investasi. Harga emas dan logam mulia hari ini memang kerap mengalami perubahan dengan waktu yang begitu singkat.

Hal inilah yang kerap menjadikan Anda harus selalu mengantisipasi perubahan harga yang ada sehingga investasi tidak akan merugi. Apabila Anda tidak jeli dalam melihat situasi, maka Anda bisa merugi nantinya. Oleh karena itu, pahami beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas berikut ini:

  • Nilai tukar US Dollar

Faktor yang pertama adalah dari adanya perubahan nilai tukar terhadap US Dollar. Perlu diketahui jika nilai US Dollar hari ini sedang melemah, maka harga emas dan logam mulia hari ini justru akan naik. Namun sebaliknya apabila nilai US Dollar sedang menguat, maka harga emas justru bisa turun. Untuk mengantisipasinya, maka ada baiknya jika Anda melihat berita tentang ekonomi dan bisnis dunia sehingga bisa selalu memperbaharui informasi.

  • Jumlah produksi emas dunia

Semakin sulit emas di tambang, maka nantinya harga emas di pasaran pun akan naik seiring dengan kelangkaan stok emas yang ada, apalagi jika permintaan terhadap emas kian meningkat.

  • Kenaikan permintaan dari industri perhiasan

Permintaan untuk cadangan emas dari industri perhiasan terutama dari daerah India, Amerika dan juga Tiongkok terus meningkat. Hal ini akan menjadikan harga emas pun semakin naik. Untuk bisa mengantisipasi hal ini, ada baiknya jika Anda berinvestasi dalam bentuk emas batangan dan bukan emas perhiasan karena emas perhiasan akan turun harga seiring dengan desain dari perhiasan itu sendiri yang nantinya akan di lebur untuk menjadi perhiasan yang baru lagi.

  • Bank sentral yang memonopoli pembelian emas

Sudah bukan rahasia lagi jika bank sentral kerapkali andil dalam hal perubahan harga emas. Sebut saja beberapa bank dunia seperti The Federal Reserve System (di Amerika Serikat), European Central Bank (ECB) hingga Bundesbank (di Jerman) yang sudah melakukannya. Tidak hanya uang kertas yang dimonopoli, melainkan juga emas. Hal ini pun menyebabkan kelangkaan di pasaran sehingga harga emas pun mau tidak mau menjadi naik.

  • Inflasi yang melebihi perkiraan

Setiap negara akan memiliki ketentuan sendiri dalam kebijakan ekonominya sesuai dengan tingkat inflasi yang terjadi. Prediksi inflasi inilah yang nantinya akan bisa menjadi acuan yang dijadikan penetapan tingkat suku bunga dan perekonomian lainnya. apabila prediksi tingkat inflasi tersebut melebihi perkiraan, maka harga emas bisa jadi melonjak sangat tinggi.

Selain beberapa faktor tersebut, ada juga kepanikan finansial yang kerap menjadi alasan harga emas dan logam mulia hari ini menjadi berubah. Selain itu harga minyak dunia yang naik pun bisa menjadi alasan mengapa harga emas di pasaran naik. Belum lagi kondisi politik di dunia yang juga tidak stabil sehingga mempengaruhi harga emas. Meski memang investasi emas cukup mudah, namun membaca kondisi juga perlu kemampuan sehingga investasi pun menguntungkan.

 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas dan Logam Mulia disini

 

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.