Cara untuk Tahu Emas Murni 24 Karat Asli Atau Palsu!

Emas merupakan salah satu bentuk perhiasan yang banyak dipakai oleh para wanita. Barang berharga ini juga aset yang bisa digunakan untuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Namun dalam urusan investasi, masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengerti benar apakah emas tersebut merupakan emas murni 24 karat asli atau hanya palsu. Tentunya hal ini menimbulkan keraguan dan kecurigaan sehingga tidak mantap ketika berinvestasi.

Dapat diakui jika memang sedikit susah untuk dapat membedakan antara emas murni 24 karat asli atau palsu, terlebih lagi jika belum ahli dan bahkan belum pernah membeli emas sebelumnya. Bisa jadi semua yang berwarna mengkilap kuning dianggap emas. Untuk itu, dalam hal berinvestasi, maka ada baiknya untuk membeli emas di gerai emas resmi sehingga dijamin keasliannya yang biasa dibuktikan dengan adanya sertifikat keaslian sehingga lebih aman ketika dijual kembali nantinya.

 

Namun jika Anda penasaran terkait cara membedakan emas yang asli dan palsu, maka berikut ini beberapa caranya:

  1. Fisik harus diperhatikan

Perbedaan emas asli dan palsu bisa terlihat dari ciri fisiknya. Anda bisa melihat tanda khusus di emas murni, misalnya terdapat cap yang menandakan adanya kadar emas. Biasanya untuk di Indonesia sendiri satuan kadar emas yang dipakai adalah karat misalnya 10K, 18K dan 24K.

  1. gosok dan tidak berubah warna

Cobalah untuk memegang emas yang akan Anda beli tersebut lalu gosok permukaannya dengan telunjuk atau telapak tangan. Jika menggosok pada permukaan pinggiran atau di tepiannya, maka Anda bisa terlihat keasliannya karena setelah di gosok warna bisa menjadi pudar sehingga tidak seragam yang mengindikasikan jika emas tersebut palsu.

  1. Digigit

Jika Anda kerap melihat para atlet yang memenangkan medali emas menggigit medalinya, itu sebetulnya bukan untuk pose foto saja, namun juga untuk mengetahui keaslian emasnya. Secara umum, emas adalah logam yang lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar emasnya, maka akan semakin lunak pula emasnya. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengeceknya dengan cara digigit dan apabila terdapat bekas gigitan maka bisa jadi emas tersebut asli.

  1. Dekatkan dengan magnet

Selanjutnya ada juga cara dengan mendekatkan logam emas ke magnet. Emas ini merupakan logam yang tidak magnetic sehingga ketika di dekatkan ke magnet emasnya tidak akan menempel dan tertarik. Namun ada juga logam jenis lain yang juga bersifat tidak magnetic sehingga pengujian juga perlu lebih teliti dan semakin mendalam.

  1. Goreskan ke keramik

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kertas atau keramik demi mengecek keaslian emasnya. Jika emas yang di gores tersebut tidak meninggalkan bekas, maka bisa jadi emas tersebut asli. Tidak adanya goresan yang ada bisa jadi bukti jika emas tersebut asli, namun cara ini membahayakan logam emas karena emasnya bisa sedikit cacat dan rusak bentuknya.

 

Selain menggunakan cara tersebut untuk bisa menentukan keaslian dari emas murni 24 karat tersebut, Anda juga bisa mencoba dengan meneteskan cairan asam nitrat ke logam emas tersebut. Apabila reaksinya berubah warna menjadi hijau, maka logam tersebut merupakan besi yang berlapis emas. Sedangkan jika berubah kuning, maka logam tersebut adalah kuningan yang berlapis emas. Untuk bukti emas asli, maka asam nitrat tidak berubah warna sehingga bisa dipastikan asli.

 

membedakan emas murni 24 karat yang asli dan palsu

 

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.