Jam Kerja di Kantor BPJS

Untuk mewujudkan komitmen global dan konstitusi, pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi kesehatan perorangan. Usaha kearah itu sesungguhnya telah dirintis pemerintah dengan menyelenggarakan beberapa bentuk jaminan sosial di bidang kesehatan diantaranya melalui PT. Akses (Persero) dan PT. Jamsostek (Persero) yang melayani diantara lain pegawai negri sipil, penerima pension, veteran, dan pegawai swasta. Untuk masyarakat miskin dan tidak mampu, pemerintah memberikan jaminan melalui skema jaminan kesehatan melalui skema Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Dan lembaga itu dinamakan BPJS, tetapi apa arti dari BPJS sendiri ? apa keuntungan nya ? bagaimana Jam Kerja di Kantor BPJS ?  bagaimana mendaftar sebagai anggota BPJS ? dalam artikel ini semua nya akan dijelaskan secara detail.

Keuntungan Menggunakan BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011. Lembaga ini bertanggung jawab terhadap Presiden.

  • Biaya atau iuran yang murah.

Hanya dengan premi perbulan untuk kelas 1 sebesar Rp. 59.000, kelas 2 sebesar Rp. 49.500, dan kelas 3 sebesar Rp. 25.000, seseorang sudah bisa mendapatkan layanan atau perlindungan kesehatan dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lainnya secara cuma.

  • Wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mengapa wajib ? hal ini dikarenakan Undang-undang dan peraturan pemerintah yang mengatur hal ini.

  • Tanpa Medical Check Up.

Tapi, apabila anda mendaftar pada asuransi kesehatan swasta maka anda dikenai  Medical Check Up  terlebih dahulu. Dan apabila anda terkena penyakit kritis dan sudah berumur di atas 40 tahun, maka premi anda akan menjadi sangat mahal.

  • Program BPJS ini di jamin seumur hidup.

Dalam hal ini hanya BPJS yang berani menanggung proteksi peserta seumur hidup. Biasa nya asuransi swasta biasanya hanya bisa melindungi peserta nya maksimal pada usia 100 tahun saja, itupun belum ada orang yang memberikan testimony atau kabar ada asuransi yang berani menanggung hingga umur 100 tahun.

Cara mendaftar sebagai anggota dari BPJS juga sangat mudah. Peserta hanya membawa Foto Copy KK, Foto Copy KTP/passport, Foto Copu buku tabungan dari salah satu keluarga yang ada di dalam KK, Pass Foto ukuran 3×4 semua anggota keluarga dan anda juga harus melewati prosedur untuk mendaftar sebagai anggota. Setelah berkas-berkas tersebut sudah lengkap, silahkan di bawa ke kantor pusat BPJS atau bisa di kantor-cabang terdekat.

Kantor pusat dari BPJS sendiri berada di Jakarta dan bisa memiliki kantor perwakilan di tingkat provinsi serta kantor cabang di tingkat kabupaten kota. Jam Kerja Kantor BPJS sendiri beroperasi pada hari senin s/d jumat dari pukul 08.00 s/d 17.00 dan untuk hari sabtu dan minggu kantor BPJS tidak buka, tidak ada aktifitas kegiatan pada hari libur. Sekarang anda sudah mengetahui semua hal tentang BPJS, mulai dari Jam Kerja Kantor BPJS, keuntungan dari BPJS, cara mendaftar sebagai anggota, keuntungan bila menjadi anggota dari BPJS dan sebagai nya. Jadi, ajak semua anggota keluarga untuk mendaftar sebagai anggota dari BPJS supaya keluarga anda terlindungi.

Optimize your Passion !