Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan suatu layanan bagi para masyarakat indonesia khususnya yang berprofesi sebagai pekerja ataupun karyawan BPJS Ketenagakerjaan ini berfungsi untuk melindungi para karyawan dari beberapa risiko seperti jaminan hari tua (JHT) ataupun sejenisnya. Sebagai karyawan atau pekerja pasti tentunya menerima upah dan pihak perusahaan lah yang akan membayar upah tersebut namun kedua pihak harus memahami segala hak dan kewajiban didalam BPJS tersebut. Manfaat dari memiliki atau menggunakan BPJS tersebut sangat banyak seperti contoh jaminan hari tua yang sudah disebutkan diatas. Namun, ada beberapa masalah untuk masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan ini dan ini merupakan salah satu kendala karena beberapa orang hanya mengetahui pendapatan setiap bulanannya terpotong untuk BPJS saja tapi tidak mengetahui sudah berapa total saldo dari BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Lalu, bagaimana sih sistem dari BPJS Ketenagakerjaan ini? Untuk pembayarannya premi yang sudah dibayarkan setiap bulannya nanti akan dikelola ataupun disimpan oleh BPJS untuk suatu investasi nah, nantinya total semua yang diinvestasikan itu dapat diambil oleh peserta yang mengikuti BPJS. Penjelasannya seperti ini dalam jaminan hari tua tersebut yang dibayarkan langsung perusahaan dengan memotong penghasilan bulanan pekerja dengan perhitungan 3,7% yang dibayarkan perusahaan sementara 2% ditanggung pekerja. Selain, jaminan hari tua ada program lainnya seperti Jaminan Kecelakaan Kerja, jaminan pensiun dan jaminan kematian. Biasanya memang selama satu tahun sekali kamu akan mendapatkan print out yang dikirim oleh pihak BPJS. Selain itu, ada beberapa cara untuk mengecek saldo BPJS seperti menggunakan mobile ataupun desktop melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Informasi yang ada dalam aplikasi ataupun website langsung dari BPJS ini cukup banyak dan informatif. Jadi gimana sih 5 langkah cepat untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Cara Manual

Kenapa cara manual? Karena salah satu cara termudah dan sering dipilih banyak masyarakat. Caranya adalah mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan lalu bertemu langsung dengan petugas untuk meminta print slip saldo BPJS. namun, cara ini sudah mulai ditinggalkan karena beberapa cara lainnya juga ada menawarkan lebih kemudahan dan praktis.

Lewat ATM BNI

Ini lebih khusus karena ini hanya bisa dilakukan bagi nasabah bank BNI. caranya dengan mendatangi langsung ATM BNI terdekat. Karena, Bank Negara Indonesia ini sudah bekerjasama dengan BPJS untuk pembayarannya dengan itu Bank Negara Indonesia ini memiliki pelayanan khusus juga bagi pengguna BPJS. secara langsung kamu juga dapat melihat saldo yang sudah terkumpul kapanpun kamu ingin tahu. Tetapi kamu hanya bisa sekedar mengecek saldo saja tidak bisa melakukan pencairan atau pengambilang langsung di ATM BNI.

Cara Online

Cara terbaru dan cara yang lumayan praktis. Cara ini bisa dilakukan apabila peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki jaringan internet ataupun gadget. Dengan memilih pengecekan secara online ini juga kamu memerlukan beberapa tahapan diantaranya.

  • Sebelumnya kamu harus menyiapkan kartu BPJS yang kamu miliki atau nomor KPJ kamu lalu mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Input user ID dan password untuk login apabila sudah pernah register di website BPJS. tetapi apabila belum register maka harus terlebih dahulu melakukan registrasi pada menu tenaga kerja.
  • Disaat tahapan register pilih keanggotaan sebagai tenaga kerja lalu isi form yang sudah tersedia dengan lengkap.
  • Pilih Setuju pada kolom layanan pengguna
  • Bila data selesai diisi dan sudah lengkap pilih Submit Data. setelah selesai register maka kamu tinggal tunggu konfirmasi melalui email yang sudah kamu input ataupun SMS ke nomor yang sudah kamu daftarkan untuk selanjutnya masuk ke proses aktivasi akun. Lalu apabila sudah menerima email dan SMS konfirmasi masukkan kode yang telah dikirim tersebut ke kota dialog yang tersedia lalu submit.
  • Selanjutnya user id dan password yang kamu buat sudah bisa digunakan lalu cek inbox mail kamu disitu dengan memilih menu Lihat Saldo JHT, lalu pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan kamu, Submit dan nanti akan tertera saldo kamu dilayar tersebut.
  • Selain cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di menu Home terdapat simulasi saldo JHT, Informasi Profil ataupun form pengajuan klaim.

Melalui BPJSTK Mobile

Bagi para pengguna smartphone Android ataupun iOS bisa mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile masing menggunakan playstore atau app store di masing-masing smartphone kamu setelah itu untuk masuk ke tahap cek saldo caranya login dengan email yang telah didaftarkan sebelum dan juga tentunya PIN akun dari BPJS Kamu. sebagai catatan bagi kamu yang sebelumnya memiliki akun jamsostek yang lama bisa digunakan dengan meningput user id dan password jamsostek lama kamu. Tetapi apabila kamu user baru disarankan untuk register melalui aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Melalui SMS

Ada juga cek saldo melalui pengiriman SMS dan ini mungkin yang paling sering dan banyak dilakukan beberapa pekerja karena kemudahannya. Dengan bermodal smartphone pribadi pekerja tidak susah susah mengantre atau datang sepagi mungkin ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Lalu gimana sih cara mudahnya? Sebelum mengirim SMS ke BPJS Ketenagakerjaan pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah registrasi untuk melakukan proses cek saldo atau ingin tahu informasi lainnya dari BPJS.

Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS kemudian Anda akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Berikut ini format SMSnya:

Ketik: DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, selanjutnya kirim SMS  ke 2757  Contoh: DAFTAR SALDO#3171026548013003#Hafidz Kasyiah#02-06-1973#123321456 kirimkan ke 2757.

Maka biasanya kamu akan mendapatkan balasan sms yang berisi “TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123321456654. Jika sudah terdaftar maka kamu bisa langsung mengecek saldo JHT kamu dengan membalas sms tersebut dengan format.

Ketik SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, lalu kirim ke 2757. Contoh: SALDO 678876 kirim ke 2757 setelah itu Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT Anda. Perlu diingat untuk Layanan 2757 ini hanya dapat digunakan untuk peserta dengan nomor operator XL, Indosat dan Telkomsel.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak BPJS melalui berbagai macam cara untuk Cek saldo BPJS ketenagakerjaan ini membuat kamu memiliki rencana lebih untuk dana yang telah kamu investasikan itu. Ingat! Selalu monitor saldo kamu ya supaya lebih terencana untuk kedepannya.

"everything will get easier when you make an effort"